papa peri dan peri-peri kecil ^^

Iklan

[Koas Anak] the last day on Perinatology…….

hari ini adalah hari terakhir stase di subdivisi peri. sebenarnya masih ada besok. tapi saya sengaja mengatur jadwal jaga cor-coran didepan jadi pendukung setia PSM (baca: pagi-siang-malam jaganya) agar bisa free sabtu dan minggu. dah mau masuk minggu 9. MINGGU RENJATAN! minggu 10 dah ujian dan melepas stase ANAK ini. rasanya memang campur aduk. ada rasa kegembiraan, akhirnya bisa lepas juga dari stase paling tak manusiawi ini. mungkin rasanya seperti lepas dari penjara selama bertahun-tahun. ada rasa gelisah, karena sebentar lagi lepas tapi yang ditahu masih kulit-kulitnya saja. masih sebatas defenisi, gejala klinik,diagnosa dan penanganan. ditanya kenapa bisa terjadi penyakit ini-itu, ya… begitulah. tapi, ada juga rasa tak rela. entah kenapa, sepertinya stase ini yang membuatku menjadi maya yang kuat. apalagi disubdivisi peri. hidup benar2 complicated disini.
Perinatologi, salah satu stase yang independen dari bagian-bagian lagi. satu2nya stase yang tak mengenal jaga bareng. ya..yang jaga hanya anak2 peri saja. walaupun terkadang manggil peri pembantu sih..hehehe. dulu, waktu belum masuk subdivisi ini, sempat 2 kali merasakan jadi peri pembantu. sudah merasakan atmosfer di peri. keGGan yang terjadi di peri.
di peri, nanti akan mengenal yang namanya bunda Jannah. dia itu adalah bidan senior di peri bawah,suaranya besar sekali. sering marah2in koas kalo makan diruang peri atau menyalakan AC diruangan itu. dan marah sekali kalau sepatu berserakan didepan dan meja standby BERANTAKAN! hehehe….. tapi pada dasarnya bunda jannah sangat baik. banyak mengajar kami dalam merawat bayi. lumayanlah buat bekal jadi ibu nanti. Amin. (*dengar kata2 ibu dada ini jadi berdebar.. pengen banget jadi ibu ^^, beneran deh, masuk di peri naluri keibuan pasti keluar..hehehe) diajar gendong bayi yang bener, mandiin bayi. pokoknya seru sekali deh di peri bawah. serasa jadi ibu beneran. di peri bawah kan tempatnya bayi2 yang baru lahir. ibunya masih ngak sadar atau lagi dirawat diruang lain. jadilah kami2 koas ini yang ngurusin semua2nya. kasi pake popok. bersihin kalo lagi EE, gendong kalo lagi nangis. benar2 seru ^^
kalau di peri atas, ruang dengan bayi2 patologis. ada bayi hischprung, ikterus neonatorum. BBLR+ asfiksia neonatorum. sepsis. ya… follow per jam deh intinya. apagi bayi yng RDN.. di pelototin terus.. jangan sampai apneu. tapi disinilah serunya.. keGGan sering terjadi. apalagi kalau pagi.. huhuhu. baiklah, kueritakan kondisi diruang ini. mumpung saya lagi jaga malam diperi atas ketika menulis blog ini.ruangan ini sangat panas.. benar2 tak tertahankan panasnya. no AC. ada 3 bayi yang di fototerapi menambah kepenatan diruang ini. dokter sering GG. koas ikut2an GG..hehehehe..kalo jaga malam diruang ini, dijamin ngak bakalan bisa tidur. kedapatan tidur……langsung TUMING! baca; turun minggu, tambah 1 minggu lagi……. nah disinilah sensasinya. blum lagi acara respon2nya dokter. blum lagi tiap bayi harus ditimbang BAB dan BAKnya trus berat sebelum dan setelah menyusui.. benar2 melalahkan lah pokoknya. kalo tak melelahkan bukan koas anak namanya..hehehe…

oia, sudah dulu yah curhat dodolnya. dah harus followup lagi.

the last deh, ciri koas peri itu:
1. mata cekung dan redup karena kurang tidur
2. bau keringat banget. atau lebih tepatnya bau fototerapi..hehehe.. di peri, yang namanya mandi keringat dah biasa. apalagi diperi jaganya nyambung2 kayak kereta api, jadi mana sempat mandi..hehehehe ^^
3.bau pantat bayi baca: bau minyak telon.
4. sering dehidrasi. KU lemah, mata cekung, bibir kering, turgor jelek(hehehe.. lebay ^^), takikardi, takipneu *kalo yg ini bukan karena dehidrasinya tapi kyknya karena respon2 aneh bin ajaibnya dari supervisor deh..hehehe ^^
 kalo melihat orang dengan ciri2 ini, langsung di ambu saja.. hohohoho..

5/03/2010
disela2 jaga peri atas.
onlen untuk menghilangkan rasa ngantuk ngak ada salahnya kan ^^
the last maya, 7 jam lagi…nikmatilah!

[Koas Anak] Mundur!

15 jam setelah ditumbalkan jadi chief…


setelah lama ngak ngatur2, ngak ngurus urusan orang lain, perintah sana-sini, akhirnya ditumbalkan juga jadi chief aka kapten minggu Perinatologi. dan tugas yang paling berat adalah mengatur jadwal jaga. benar2 sulit. sebenarnya sejak 2 hari yang lalu saya buat jadwal jaga secara kasar. tapi karena hilang entah kemana jadinya saya lembur juga tadi malam membuat ulangnya. mengatur jadwal jaga dan dinas benar-benar sedikit rumit. minggu 10 jaga 6, minggu 9 jaga 7, minggu 8 jaga 8, minggu 7 jaga 10, minggu 6 jaga 12. dan yang paling berat adalah berusaha seadil-adil mungkin. tak boleh pilih kasih. sayangnya kita hidup di Indonesia, KKN sudah jadi hal yang biasa. huff.. memang berat, kalo teman dekat dah kasih sinyal terang-terangan “may, saya ngecor didepan yah. saya jaga minggu, senin, selasa saja. soalnya rabu-sabtu depan mau saya pakai buat belajar. kalo sudah berhadapan dengan itu, ya… dilematis memang!
ok. inti permasalahan dari blog ini adalah hari ini saya merasa menjadi seorang chief itu benar-benar melelahkan..
dan baru beberapa menit sebelum memposting tulisan ini, saya menobatkan diri untuk mundur jadi chief, banyak alasan. saya capek ditekan kiri kanan, atas bawah.
“may, saya nda mau jaga sama XXX”,
“may, kenapa begini jadwal jagaku, saya tidak mau jaga minggu malam, apa maksudmu kasih saya minggu malam?”
“may, saya tidak mau jaga di peri atas, saya minggu 10, saya mau belajar. peri atas sibuk. banyak pasien2 gawat, kapan saya belajar kalo begini?”

so far, masih bisa terkendali.. sampai akhirnya (10 menit yg lalu) ada senior dari FK tetangga yang protes besar2an dengan jadwal jaganya. nelpon baik2 sambil marah2…kemudian perang SMS, dan bagiku sms yang paling membuatku langsung memutuskan untuk mundur itu adalah”
“POKOKNYA SY TDK MW! KALO KW TDK MW UBH ATW PRINT LIAT SJA NANTI SAPA YG DPAT MASLH!
YG JELAS SDH KU UBH! KALO KW TDK MW PRINT,NANTI SY YG PRINT ULANG!
YG JELAS JAGA KU SY GANTI SESUAI YG KU BLG!
KW IT ENAK SJA ATURKAN JAGAKU!

Seumur hidupku, baru ada yg sms saya begitu tidak beretikanya. hmm.. “DPAT MASLH”, sepertinya saya lagi berhadapan dengan orang yg punya kuasa.baiklah!
dan atas dasar itu, saya MUNDUR! saya tau ini memang salah. ini memang bukan maya banget. pengecut malah. tapi saya benar-benar tidak terima ditekan seenaknya seperti itu.
subdivisi Peri memang melelahkan.. dan semua orang ingin cari enaknya…….
makanya dinamakan PERI BAHAGIA, karena selalu saja ada yang bahagia diatas penderitaan orang lain.. selalu saja ada yang ditumbalkan kalo ada masalah di peri

begitulah hidup!

pesan moral cuman 1. siapkan mental dan batin sebelum masuk koas di Anak. itu saja.



my sweety pinky room
23.45, sesaat sebelum terlelap untuk menghadapi hari yang lebih.besok!