Rasanya jadi (calon) dokter Puskesmas ^^

Hari pertama di Puskesmas

minggu 3-4 IKM stase Puskesmas, kami yang ber8 orang dibagi 2 kelompok untuk stase Puskesmas. Saya, Ngurah, Kamal, dan K anita mendapat stase di salah satu Puskesmas di daerah Antang. H-1, ngurah sudah menghubungi kalau besok dan lusanya tidak bisa hadir karena neneknya meninggal di Bali dan harus mengikuti acara Ngaben disana.
Pagi-pagi, saya berencana datang seawal mungkin, lebih pagi lebih baik. setidaknya bisa beradaptasi dulu. karena kudengar dari teman2 yang pernah di puskesmas ini, begitu datang langsung disuruh periksa pasien termasuk terapinya. Yang benar aja, kita mana tau kondisi disana, penyakit apa yang banyak, termasuk obat-obat apa yang ada disana.

Jam 7.00 *sudah sangat pagi menurutku kalau di IKM..hehehe saya sudah berada di pertigaan ke antang. sedikit ragu untuk melanjutkan perjalanan karena sungguh saya tidak pernah kesana dan tidak tahu banyak dengan daerah sana. akhirnya saya hubungi Kak anita, ngajak pergi bareng. setidaknya ada yang nemani lah kalau kesasar.hehehe.. jam 08.00 k anita baru tiba. mantaappp.. ternyata saya menunggu selama 1 jam. hehehe.. sedikit nyasar sih karena ternyata ada 2 puskesmas di daerah tersebut. blum lagi jalanannya T____T

Tiba disana saya lalu menghubungi kamal, ternyata dia berhalangan hadir juga kerena sakit. Ok2. tidak masalah.. berdua rasanya lebih baik.hehehe.. tiba disana, kami sempat menanggalkan jas koas putih.. sedikit jadi pusat perhatian yang ternyata puskesmas sudah ramaiiiii gillaaa!!! begitu datang, kami langsung menemui kepala puskesmas. dr.Nunu yang sungguuuhh, sangat keibuan sekali. walaupun kulihat agak sedikit kecewa karena kami telat datang. Kami pun minta maaf sebesar2nya karena beberapa kali kesasar. hehehe.. untungnya di maklumi, hari pertama soalnya.. kami mendapat banyak pengarahan, termasuk masalah “Kedisiplinan”. setelah itu, kami langsung di bukakan meja.. dan PERIKSAAA PASIENNNN!!! huft… pasien disana banyakkkk sekali..lebih 50 kayaknya. 3 meja langsung di buka sekaligus. oia, selain kepala puskesmas yang keibuan ada juga dokter puskesmas yang CANTTTTIIIIKKK sekali ternyata anak Unhas angkatan 2001. beneran deh, jangan diragukan lagi kecantikannya. namanya dr.Lisma. Oia, dokter puskesmas disini tidak memakai jas dokter, tapi pakai pakaian dinas yang warna hijau. sedikit “kikuk” juga karena memakai jas putih disana..hehehe.. ngak berhenti ditanya ini itu sama pasien ^^, padahal masih banyak yang tak kuketahui… T____T

Awal-awal periksa pasien yah.. masih sedikit kebingungan sih. untungnya waktu pre klinik sering ikut baksos dan sering ngikut di Pemeriksaan Kesehatan..hehehe.. Yang paling membingungkan mau kasih obat apa.. obat-obat disana sangat terbatas. semua teori-teori di Koas dulu kayak tak berguna deh.. obat-obat yang ada Kloramfenikol, ampicilin, cefadroxyl, Kotrimoksasol, Paracetamol, DMP, Ambroksol, Kodein, Ibuprofen, CTM, catopril, Dexametason, Antasida, Vit B1,B6, B com, Vit.C.. dan obat-obat standar/generik lainnya.hehehe. untungnya dr. Lisma yang baik hati, tidak segan-segan membimbing kami. dan paling sering bilang, “dek…obat itu ngak ada disini..” hahaha… Maaf dok ^^, maklumlah. hmm..jadi berfikir, puskesmas yang masih tergolong puskesmas daerah Makassar saja, obat-obatnya cukup standar, bagaimana kalau didaerah yang super terpencil yah????

Pasien yang banyak sih rata-rata memang dengan keluhan batuk dan flu, gatal-gatal. Ada juga kadang2 pasien2 Trauma dan Emergency kayak jatuh dan kena paku. Mengenai tindakan, kami belum dikasih, padahal sudah lewat bedah.. dokter lisma yang langsung nangani. kalau cuman kena paku, sering sekali melakukan cross insisi, atau pasien vulnus laceratum yang perlu dijahit. hehehe.. semoga besok2 dikasih. tapi… mm..entahlah, tak bisa rasanya meninggalkan meja periksa, karena selesai satu ada lagi satuuu dan begitulah seterusnya..hehehe Oia, dipuskesmas, kami harus pintar-pintar juga ngerujuk pasien. menyarankan beberapa rumah sakit yang nerima pasien jamkesmas maupun jamkesda. ngak asal rujuklah..hehehe.

jam 12.00.. setelah mengamati dan mengamati, ternyata dipuskesmas ini kebanyakan Petugas kesehatannya adalah perempuan. mantappp deh, tiap hari kayak arisan saja..hahaha. tadi sempat ada acara makan2 bareng disana. kepala puskesmasnya buatkan bubur menado yang kalau kecium dari jauh aja sudah sangat menggoda. hahaha. tidak mencicipi karena hari ini saya lagi puasa. semoga besok-besok masak begini lagi..hehehe..salah satu makanan favorit saya soalnya 😛

2 minggu disini, sepertinya memang sangat lama, tapi semoga waktu tak terasa..hehehe.. oia, disini kami layaknya dokter umum, dituntut untuk bikin beberapa program kerja dalam meningkatan mutu kesehatan seperti penyuluhan, kunjungan ke beberapa posyandu, dll. yah…mirip2 program kerja waktu KKN kemarin lah.. bedanya mungkin di masalah waktu. 2 minggu, semoga cukup untuk kami memberikan sesuatu yang berarti ^^, meninggalkan yang manis-manis saja.

Iklan

12 thoughts on “Rasanya jadi (calon) dokter Puskesmas ^^

  1. iya di puskesmas tu semua serba terbatas.. tapi jangan salh, dngn semua keterbatasan itu, kita jadi dituntut untuk kreatif abisss..dengan hanya mengandalkan anamnesis, pemfis dan lab dasar macem DL UL Widal, kita harus pandai untuk mendiagnosis dan menterapi..
    sebenarnya untuk melatih ketajaman insting, jadi dokter puskesmas adalah pilihan terbaik..
    maya bakal tau sesak nafas karena asma, dekom cordis, kidney failure atau karena psikosomatis hanya dari cara dia bernafas ya cuman di puskesmas hehe..
    bahkan aku pernah berani ngelakuin pungsi pleura percobaan hanya dari dasar pemeriksaan fisik perkusi dada aja..
    insting kita bener2 diasah di puskesmas..
    animal insting haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s