Kepaniteraan Klinik Baru: Stase Orthopedi dan Traumatologi

Pagi ini kuawali hari dengan membuka situs resmi Fakultas Kedokteran Unhas. http://www.med.unhas.ac.id Yup. apa lagi kalau bukan ingin membuka stase Kulit Kelamin. Sepertinya sudah menjadi rutinitas tiap pagi dan malam semenjak selesai ujian Interna membuka page tersebut. Rasanya libur 2 minggu itu sangat berlebihan. Awalnya saya sengaja memberi jeda 2 minggu antar interna dan kulit mengingat di interna sangat banyak BOM MASSAL dan TEMBAKAN kanan kiri yang bisa membuat seseorang TUMING (turun minggu) atau bahkan TAMING (tambah minggu) di interna. belum lagi ujiannya yg selalu di tunda dan tappering2. hehe. Tapi kehidupanku di intena baik-baik saja. tak pernah menadapatkan BOM ataupun TEMBAKAN 1x pun.  kalau nyaris di tembak sering sih..hehe. dan ujian 3 hari selesai pengundian. Ujian di minggu 11. Yah. rasanya ingin sekali bisa masuk koas tanggal 21 Juni ini. Walaupun Koas terlihat sangat melelahkan bagi orang yang tak pernah merasakan, tapi bagi kami koas adalah sesuatu yang menyenangkan. Setidaknya tak menjadi manusia autis lah. Dan kalau mereka berpikir “Libur” adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan. bagi kami sebenarnya sangat menakutkan. Libur antar stase terkadang membuat kami begitu berat melangkahkan kaki untuk melanjutkan stase selanjutnya. Yang akhirnya mengendorkan kepingan semangat yang selalu kami jaga. ^^

Saya mulai menghitung-hitung jumlah koas kulit di tanggal 21 ini. Huff.. masih sama kayak kemarin. terpaksa harus kecewa karena kuota 10 orang tak kunjung berkurang. *Ikhlas ^^ Padahal dari hari senin saya sudah mengSMS teman-teman di tanggal 21 yang berniat pindah ke tanggal 28. cuman 1 orang yg merespon dan kepastiannya hari kamis. tapi tak ada kepastian di hingga hari itu. dan kuartikan kalau orang tersebut tak berniat untuk menukarkannya.hehehe.. ya sudahlah. tgl 28 Juni juga tak teralu masalah. Oia, senin kemarin saya juga sempat menghadap ke bu Arni. Staf Akademik yang mengatur siklus kami. meminta agar saya bisa di selip masuk ke tgl 21. sayangnya, ibunya kurang mood dan lagi banyak kerjaan mengurusi teman2 yg mau wisuda bulan 6 ini.. hehehe..yah.. tidak apapalah. setidaknya sudah berusaha. semoga bisa jadi pembelajaran saja.. hihi..

Sebelum me-Log Out Akun saya, iseng-iseng buka info terbaru di Web FK Unhas ini. dan Wow.. gosip akan terbukanya stase Ortopedi terealisasi juga. hahaha. selamat untuk angkatan 2006 ke bawah. kita akan menjalani 1 stase baru lagi Ortopedi (4 minggu). Ortopedi sebenarnya masuk bagian stase Bedah (11 minggu). yang membuat saya agak kecewa (mungkin bukan saya saja) karena waktu Koas di bedah tak dikurangi sama sekali. tetap 11 minggu.. itu artinya total Waktu koas selama 2 tahun tak mungkin terjadi. dan wisuda dokter pertama angkatan 2006 kemungkinan besar bulan 12 tahun 2011. hehehe…. baiklah.. kita koas bukan mengejar ingin cepat jadi dokternya kan. yang kita butuhkan sebuah proses. Mari menjalani pembelajaran ini dengan hati yg ikhlas.. ^^

ini kutipan pemberitaan yg saya ambil dari med-unhas ac.id
Kepaniteraan Klinik Bagian Orthopedi dan Traumatologi

Makassar, 13 Juni 2010 Orchid,Clarion Hotel diselenggarakan workshop kepaniteraan klinik orthopedic dan traumalogi Fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin( dr. Ruksal Saleh,Sp.OT , dr. Henri Yurianto,Sp.OT, dr. Idar Mappangara,Sp.JP dan dr. Muh. Andry Usman,Sp.OT )  yang dikoordinasi  oleh Medical Unit  Education (dr. Sri Asriyani,Sp.Rad  dan dr.Irwin Aras,S.Ked) dan diketahui Pembantu Dekan I Bidang Akademik (dr.Budu,Ph.D,Sp.M-KVR)
Berlatar belakang  selama ini mahasiswa tidak memiliki siklus khusus untuk stase pada bagian orthopedic dan traumatologi sedangkan  pada saat bertugas sebagai dokter di perifer  kasus traumalogi sangat banyak ditemukan , sehingga pembukaan kepaniteraan klinik pada bagian orthopedic dianggap penting untuk diadakan.
Dalam workshop ini dibahas tentang batasan  ukuran   tentang kompetensi dokter orthopedic  dan traumalogi dengan dokter bedah umum,tes  untuk mengetahui standar co-asst untuk masuk kebagian, dan rencana –rencana bagian orthopedic menyelenggarakan  kepaniteraan klinik  selama empat minggu  dengan dua (2) SKS yaitu :
–    Minggu I   : Di bangsal (jaga bangsal)
–    Minggu II  : Poliklinik  + Jaga UGD (malam) +baca kasus
–    Minggu III : UGD
–    Minggu IV : Operasi + persiapan ujian+baca jurnal
–    Ujian
Selamat   atas dibukanya kepaniteraan klinik bagian orthopedic dan traumatologi semoga sukses menghasilkan dokter yang berbasis kompetensi di Rumah Sakit, Puskesmas dan Instansi terkait lainnya.(10-RI,Juni 10)


Iklan

8 thoughts on “Kepaniteraan Klinik Baru: Stase Orthopedi dan Traumatologi

  1. hahaha… iya kak. tidak masalah kok ^^

    Oia, selamat yah kak.. dah jadi dokter.. hehehe.. kapan syukurannya? ^^
    Kalo dah lewat doain maya aja biar bisa menyusul taun depan..hehe..

  2. hahaha.. Amin2. semoga terlewati dengan baik ^^

    semangat kak. semoga jadi dokter yg kakak harapkan. dan mimpi2nya bisa terwujud. Amin.

    *jadi panggil “dok” mi ini? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s