[Koas Interna] Jadi Chief Co-Ass? not bad lah ^^

akhirnya nulis juga! padahal mau disimpan sendiri..hehe..tidak. maunya dipost setelah masa jabatan jadi chief berakhir.ya sudahlah. lagian sudah lama ngak nulis di blog MP.^^
hmm…sepertinya akan tertebak isi dari blog ini. semuanya akan berisi unek2 sang chief coas interna LB periode minggu ini.hehehe….. harus mulai dari mana yah? oia, chief itu orang tertinggi di strata per_koas_an (harus hati2 nulisnya katanya ^^).dia akan seperti connetor.penghubung koas dan residen plus supervisor.membawahi semua koas2 dari minggu paling senior (minggu 11-red) sampe yang masih anak bawang (minggu 1-red-) di bawah chief ada kapten jaga, kapolda dan prajurit. chief ini biasanya minggu 8. kapten jaga adalah minggu2 tertinggi yang lagi jaga. biasanya minggu 11, 10, 9, 8. tergantung hari jaganya. prajurit adalah mereka2 yang masih bayi. minggu 1 dan 2. masih butuh bimbingan dan kasih sayang..hahaha.. tapi kalau jaga tidak tanggung2…perawat ketuk pintu..dok Pasbar!… dengan serentak pasti akan terdengar MINGGGGGGGUUUUUUUUU SATTTTTTTTTUUUUUUUU.. 5 menit kemudian, dok ada pasbar lagi.. MINGGGGGGGGU SAAATTTTUUU TERIMA!.. 10 menit kemudian, dok ada keluhan.. MINGGGGGGUUUU SATTTTUUUUUUU…MAJUUUUUU. 15 menit kemudian..,dok ada pasbar.. MINGGGGGUUUUUU SATTTTTTUUUUUUUUUUUUUU!!!!!!!!!// yah, begitulah seterusnya sampai minguu 1 mau muntah2 terima pasbar..hahaha.. dan kapolda adalah minggu3, 4. manusia2 ini harus membimbing minggu 1 dengan baik dan penuh kasih sayang. minggu senior 7-11 kalo soal jaga dah gak terima pasbar dan keluhan lagi.. yah, seperti itulah senioritas di rumah sakit ini.
Oia, kenapa saya mau jadi Chief? hmm.. sebenarnya bukan mau sih tapi lagi beruntung.. diundi dan….AGAIN!!!! saya menang lotre…hehe..
ya…. diterima dengan segala keikhlasan saja. maklum, mingguku tak ada cowoknya.. kalau ada cowoknya pasti cowok itu sdah kami tumbalkan jadi chief.. lain kali tidak mau masuk stase kalo tidak ada cowoknya ah….. tidak mauuu jadi chief lagi.. pokoknya ini yang terakhir deh 😀

sebenarnya jadi chief di interna tidak terlalu berat. tidak seperti di anak yang menderita lahir dan batin. malah chief di interna sangat dimintai. mau tau kenapa?
1. Chief Interna di bebaskan dari yang namanya JAGA!!!!!!!! huahhhhhh… menyenangkan sekali. jaganya di kamar tidur sendiri saja.hhaha.. normalnya kan minggu 8 jaga 3. hmm.. lumayan lah ^^
2. Chief interna mendapat uang 1,5 juta dan dipergunakan selama 1 minggu. ga boleh pake uang sendiri selama itu untuk kesejahteraan koas. sms teman2, ada uang pulsanya. mau fotokopi ini itu ada juga. dan yang pasti, acara makan2 hari sabtu chief yang tentukan semuanya..hehehe
3. Peluang mendapat penguji malaikat sangat terbuka lebar. yah, jadi chief interna pasti akan mendapat penguji Prof.Agus dan dr. makbul yang terkenal sangat baik sekali. malah kita akan diajar pas ujian.hahaha. sapa yang ngak mau coba… walaupun ada peluang untuk dapat penguji kiler juga terbuka lebar jika selama jadi chief membuat masalah fatal..hehehe
4. punya wewenang menembak anggota.hmm.. kalo ini ngak mungkin maya pakailah. maya kan baikkkk ^^ semua hal kan masih bisa dimaafkan. dan semua orang berhak dengan yang namanya kesempatan kedua..hehehe..

ya.. itu beberapa fasilitas yang bisa didapatkan jika menjadi chief di interna. tapi perjalanan selama seminggu tak bisa dibilang mudah juga. jadi ingat waktu hari pertama terpilih.. requestan ini itu datang bertubi2….
may, sama mau jaga sama XXX yah.. jangan pisahkan kami..
*heh?
adek manis, jangan kasih jaga saya hari sabtu dan minggu yah? nanti saya traktir apa aja deh?
*gubrak!
may, saya jaga depan yah.. awas kalo tidak!
*hooo.. berat!
may, LN ku nanti di RS Stella yah.. saya dah request. pokoknya harus!
*huff.. sabar
may, minggu depan saya poli di RS akademis yah. saya dah di request sama Prof. John.
*oh,masa sih?
may, ruangan followupku, saya ngak mau sama dr.YYYYY.ok?
*huff.. baiklah
dan puluhan telpon dan Miscal yang meminta ini itu…..

yah.. itu baru hari pertama. hari2 selanjutnya dengan tugas yang lebih berat, mengkoordinir para prajurit2 dan kapolda2 manisku untuk bisa duduk manis menunggu absen pulang..kalo dah lewat jam 2… harus sabar menerima teriakan..
Chief, dokternya mana? kapan mau absen. sudah lapar ini.
Eh, chief saya pergi makan dulu yah, kalo dokter cari kau bilang lagi diskusi sama dokter aja….. belum lagi tiap pagi harus membangunkan mereka.. memastikan untuk absen pagi. iya… CHIEF MEMANG HARUS JADI YANG PERTAMA DATANG DAN TERAKHIR PULANG… ^^
tapi yang paling parah kayaknya kemarin deh ketika diriku disidang didepan para petuah2 residen.. yang tak mengetahui kabar teman mingguku yang hilang jam 12 malam..iya, tadi malam, dokter jaganya lagi kepengen ngabsen yang jaga.. dan mendapatkan 3 orang coas yang menghilang tanpa kabar.. jadilah diriku harus bertanggung jawab dengan itu semua. dan tadi sudah dijatuhkan talak. mereka bertiga dinyatakan TUMING!!!!! alias turun minggu. padahal mereka bertiga itu adalah teman mingguku. minggu 8. itu artinya minggu depan akan tetap menjadi minggu 8. walaupun saya tau itu salahnya.. ya, tapi sebagai chief yang baik, mau tak mau berusaha melobi gubernur coas agar lebih meringankan hukumannya. sebenarnya dah diperingan sih, karena awalnya dikasih hukuman ngulang 1 siklus. ngulang 8 minggu. wow, gila banget kan.. huff.. untungnya kami bisa melobi2 supaya hukuman itu bisa diringankan sedikit. hufff.. tapi talak sudah keluar. teman2 sabar saja yah. minggu 8 yang lain (termasuk diriku) semangat! sisa kita berlima.semoga tak ada lagi yang ditumingkan dan menumingkan diri..

memang berat jadi chief apalagi merangkap jadi koas Konsul dan Koas KJS (kerjasama).. untungnya Konsul minggu ini sedikit dan pasien KJS ku dah pulang semua.
mengatur orang memang sulit. apalagi dengan diriku yang bergenre perempuan dan masih sangat junior di dunia Koas ini. ngatur kakak2 senior itu susah sekali. bikin pusing saja. apalagi kalo disuruh bohong demi menyelamatkan mereka..dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi..^^

1 hari lagi.. semoga tak ada masalah lagi.. 😀

terima kasih untuk 1 minggu penuh warna ini.. setidaknya bisa belajar sabar dan ikhlas kan. bisa belajar jadi orang adil dan jujur juga. dan belajar jadi pemimpin yang baik. Amin^^

                                                                                          

RSLB
15 mei-22 mei 2010

soundtrack Coas Interna,
by K Eping.  FK UNHAS 1999
Laporan Jaga Malam

HuAaaaaaaaah…Alhamdulillah…

Pagi-pagi kita sudah harus buka mata, pergi mandi, sikat gigi, mana mamo masih ngantuk

Tapi yang namanya koas mana pernah bisa tidur puas

Tanpa sarapan pagi, tetap ku  langkahkan kaki menuju Rumah Sakit tempatku berbakti

Tempat kerja mana mamo tidak pernahka digaji

Okodong..

Padahal eyke sarjana kedokteran Tapi dihargai cuman dengan nasi rantangan

Eyke bertugas dalam bangsal berbau tengik

Dimana pasien yang masuk akut malah jadi kronik

Kumulai follow up hitung nadi dan napas, spekul-spekul pake steto

Selanjutnya nulis resep lanjut terapi

Sambil nunggu visite dokter dikamarku ini

Tiba-tiba ….

perawat mengetuk pintu, itu tandanya ada pasien baru

Ibu apa keluhan ta ??? Batuk…

Batuk sudah berapa lama ??? 3 bulan…

Apa batuknya campur darah ??? Iye…

Suka keringat kalo malam ??? Ih na tau nah deh…

Nafsu makan bagaimana ??? Turun…

Berat badan turun brapa ??? 20 kilo…

Apakah pernah minum obat ??? Iya tapi…

Lalu kenapa berhenti minum obat ??? ….

Jam 2 siang sudah waktu pulang, tapi eyk harus tetap disini karna eyk jaga siang malam

HP ku berbunyi, sms dari Spiji, dia ajak ka pigi jalan2 dimari

tapi sory-sory baby nda bisaka pergi

Bukannya gak mau tapi etakut ditembak lagi

Spiji pulang, maro-moro ditelpon

Jaga ato lari…

Jaga ato lari…

Malas jaga tapi lari eyk gak brani

Lari ato lari…

Lari ato lari…

Dan pemenangnya adalah lari… Oke deh…

Eyk ambil kunci motor, helm, jaket semua lengkap siap untuk take off

Tinggal tunggu waktu yang tepat

Tapi tiba2 terdengar suara (tok…tok…tok…)

Pasien baru!

Kakek apa keluhannya ??? Berak2…

Berak-berak sudah brapa lama ??? 1 bulan ini…

Sehari brapa kali berak ??? 5 kali berak…

Ta’inya encer ato ampas ??? Encer gitu loh…

Apa kakek ada demam ??? Demam iya…demam

Demam sudah brapa lama ??? Demam sudah 2 bulan…demam

Apa kakek pake narkoba ??? Yoi choy…

Kek kenapa pakai narkoba ??? Gaul toh..

Lemah lunglai eyk masih dipaksa, biji mata sudah pegal

Eyk masuk kamar koas, bobo memeluk bantal, kupeluk erat-erat sambil menghayal nakal

Tetapi (tok…tok..tok…) ketukan itu lagi…

Odododo…

Pasien baru lagi…

Eyk gak kuat lagi… eyke gak tahan lagi…

Teman jaga ku tidur kayak koas mati

Teman betapa tega dirimu meniggalkan diriku digilir pasien baru

Bukankah aku dan kamu rekan sejawat

Slalu baku bantu dalam kondisi gawat

Ya sudahlah teman nikmati saja tidurmu

Pasien baru tidak bisa lama menunggu

Kuambil tas alatku, ku pakai baju koasku

Demi bangsa dan negaraku, aku maju

Ibu apa keluhan ta ??? batuk…

Batuk sudah brapa lama ??? dari kemaren…

Apa batuknya sambil mencret ??? Maksudnya…

Atau mencret sambil batuk ??? ih sembarang nah…

Ibu apa pernah pake narkoba ??? sopan yak!

Uaaahhh… uahhhh ???? Apa dok…

Uaahh… uahhh… uahhh ???

Zzzzzzzzzzzzzz ??? Dok….dok….loh dok….dok… kok tidur dok…dok..dok

Laporan jaga malam….

Pasien tidak tidur…. koas tidurrrrrrr….


———–
*akhirnya lagu ini bisa dimengerti juga..hehehe.
interna memang tidak ada duanya dah!

Iklan

16 thoughts on “[Koas Interna] Jadi Chief Co-Ass? not bad lah ^^

  1. iya. jadi ingat waktu jadi kapten peri di anak… pake uang sendiri semuamuanya.. hahaha. dah kita yang capek. fotokopian ini itu dsb2nya ditanggung kapten..hehe

  2. Kenapa cantik beginimi kamar koas interna di lb?waktu saya dulu asli berantakan! kalau saatnya tidur…tirai ditutup!!! bisa dibayangkan bgm rantasanya kamar koas. btw,siapami itu dgn senang hati mau ujian dgn prof.adam?

  3. hahaha.. sudah saya bersihkan kak tadi. saya sapu. baru saya foto. rantasa' memang. tas bertebaran dimana2. belum lagi botol2 aqua dan bungkus indomie.hehehe ^^

    prof adam? nda menguji mi kayaknya.. sekarang yg ditakutkan itu prof harsinen..hehehe.

  4. kenapa harus marah sih ketika ada orang yang sedang memanfaatkan kita. memanfaatkan kebaikan kita, tidak bisa menolak atau sejenisnya lah. harusnya kan malah bersyukur, artinya kita masih bermanfaat buat orang lain. tidak mengerti 😦 berpikir positif maya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s