[Kutipan] Kak, saya bingung mau kemana?

Oleh : dr. Joko Hendarto
Dikutip dari : http://sisilainkedokteranunhas.blogspot.com

Apa yang membuat sebagian orang merasa cemas. Membuat mereka dihantui kekhawatiran. Mungkin sebuah jawab akan muncul. Ketidakpastian. Semua bisa merasakannya. Utamanya jika yang dianggap tidak pasti itu adalah masa depan. Meskipun telah ada bekal seperti gelar akademik misalnya ditangan. Maret, Juni, September dan Desember adalah bulan-bulan kebahagiaan namun juga kecemasan. Bahagia karena pada bulan-bulan itu waktu bagi mereka yang menuntut ilmu di universitas ini akan mengalami klimaks. Mereka akan diberi gelar sarjana. Menjadi tokoh utama dalam sebuah momen yang disebut “wisuda”. Bahagia karena hari itu, hari-hari melelahkan telah berakhir. Dan yang nampak adalah wajah-wajah bahagia dengan senyum yang selalu berpendar.


Sayangnya seperti lazimnya saat bahagia, maka ia pun tidaklah berlangsung abadi. Setelah acara syukuran selesai, was-was pun datang menyergap, mereka bingung mau kemana. Para dokter pun ternyata juga mengalaminya. Ini tergambar dari pertanyaan yang kadang-kadang mereka ajukan, “ kak, ada informasi tidak tentang tempat yang membutuhkan dokter?”, atau “ apa kira-kira yang bisa saya lakukan sekarang sambil menunggu PTT?”. Dan banyak lagi pertanyaan lainnya.

Lalu saya ingat pesan do’I (dokter Irawan), bapak dekan kita sekarang, saat saya jadi mahasiswa. Saat itu beliau belum jadi dekan. Masih bolak-balik UNHAS-Eijkman. Masih sering nongkrong dikoridor bersama mahasiswa hingga menjelang petang. Dia bilang begini pada suatu sore “ kalian semua seharusnya sudah tahu akan berakhir dimana nantinya ketika kalian jadi dokter, jadi untuk itu harus bersiap mulai sekarang. Jangan sampai kalian sampai pada masa depan yang sama sekali tidak kalian inginkan”. Sampai di masa depan yang tidak diinginkan. Saya tidak ingin mengatakan hal itu teramat menggugah, namun yang jelas sangat mempengaruhi pikiran saya.

Hingga saat kemudian ketika banyak adik-adik yang berkata, “ saya sudah dokter kak sekarang, namun saya bingung mau kemana?”. Pesan itu pun kembali terngiang. Jangan-jangan ini dulu yang dimaksud. Agar tidak tersesat. Bahwa masa depan adalah sesuatu yang misterius dan penuh kejutan, itu tidak salah. Tapi yang namanya punya bayangan, lalu mempersiapkan diri untuk sampai disana mungkin adalah sebuah keniscayaan.

Bagi yang beruntung orang tuanya kaya dan punya uang berlebih, maka ini mungkin lebih mudah, karena pilihan sekolah lagi bisa jadi alternatif. Habis wisuda langsung mendaftar PPDS. Namun bagi yang tidak, maka hari-hari selanjutnya adalah hari-hari penantian panjang menunggu saat PTT buka. Karena sekolah bagi mereka adalah sesuatu yang jauh mengingat SPP untuk sekolah spesialis di UNHAS sangat tidak terjangkau, hampir tujuh kali lebih mahal dibandingkan dengan UNAIR misalnya. Itu kata salah seorang senior yang kebetulan bersekolah disana.

Jakarta lalu menjadi satu pelarian sementara bagi lulusan kita. Mengisi klinik-klinik 24 jam yang tersebar di daerah jabodetabek. Ada yang mengatakan itu untuk sementara, namun banyak juga yang dengan setia bertahun-tahun bertahan disana. Alhamdulillah, saya pun pernah merasakan atmosfer Jakarta selama 9 bulan. Walaupun hijrah saya ke Jakarta saat itu lebih banyak terkait dengan jabatan saya sebagai pengurus bakornas LKMI. Dan harus diakui jika Jakarta memang mendatangkan daya tarik luar biasa. Bisa memperoleh uang dengan instan. Paling sedikit seratus ribu, sehari semalam. Kalau beruntung dapat klinik yang subur maka dalam 24 jam bisa dapat 300 hingga 500 ribu. Bagi dokter baru, itu adalah jumlah yang sangat besar, dan kontan saja banyak yang kecanduan dan enggan meninggalkan Jakarta.

Jakarta dan PTT adalah dua alternatif utama bagi lulusan kita untuk mengadu nasib sebelum punya pilihan definitif. Ada juga yang kemudian merantau ke Aceh, Kalimantan, Maluku hingga Papua. Namun hanya sedikit. Saya tidak tahu apakah nyali juga berperan disini. Jika iya, maka mungkin saya adalah orang bernyali kecil karena hanya merantau ke Jakarta.

Kembali ke soal kebingungan alumni-alumni kita yang baru selesai. Saya kadang-kadang iri dengan kawan-kawan dari KAGAMA-nya UGM. Mereka sangat solid membangun jaringan, hingga alumni mereka dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan dimana pun mereka berada. Bukan cuma kedokteran, namun juga pada bidang keahlian yang lain. Juga teman-teman alumni dari UNS Solo saat saya di Jakarta. Mereka sukses membangun jaringan klinik yang besar. Sebulan bisa sampai ribuan pasien. Tentu saja “salary” yang mereka dapatkan jauh lebih besar dibandingkan klinik-klinik dokter kita. Dan tidak harus 24 jam. Teman-teman Kagama atau kawan-kawan dari solo pun tetap rajin menyambangi bekas almamaternya, berbagi informasi dan trend lapangan kerja diluar sana kepada adek-adeknya.

Saya tidak tahu jawaban dari kebingungan adik-adik diatas. Bahkan saya membayangkan bahwa tak lama lagi Jakarta akan cenderung menjadi alternatif yang sulit. Diberlakukannya undang-undang praktik kedokteran akan membuat semakin tidak mudah bagi para dokter baru dengan leluasa “jaga” di klinik-klinik disana. Tidak hanya kita namun semua lulusan dokter yang baru dari setiap universitas. Alternatif yang tersisa adalah PTT. Yang kadang-kadang adalah pilihan yang diambil karena kita tak lagi punya pilihan yang lain.

Benarkah tidak lagi ada pilihan yang lain? Saya kira tidak, karena buktinya, banyak senior-senior kita yang kini jadi dokter ditempat yang berbeda. Coba saja jalan-jalan ke Kalimantan Timur atau Maluku Utara. Dokter-dokter di perusahaan, mulai dari perusahaan kayu lapis, batubara hingga eksplorasi minyak. Juga lembaga-lembaga internasional seperti WHO, Unicef, UNHCR, AMDA dan lainnya. Penyedia layanan kesehatan internasional seperti SOS. Di rumah sakit-rumah sakit swasta juga. Bagi yang masih ingin terlibat dalam proyek-proyek idealis maka wilayah timur Indonesia sesungguhnya masih kekurangan dokter. Papua, Maluku-Maluku utara, Nusatenggara, Kalimantan minus Kaltim adalah wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan sentuhan tenaga dokter. Tinggal butuh keberanian daripada bingung.

Apa yang dibutuhkan oleh adik-adik kita sekarang? Saya kira yang terpenting adalah informasi. Ya, informasi tentang seperti apa sih dunia nyata di luar sana. Terutama dari kanda-kanda kita yang telah berhasil, agar mereka masih punya warisan yang berguna, minimal bagi almamaternya tercinta. Dan informasi itu tidak hanya akan berguna bagi para dokter, namun juga bagi mahasiswa yang masih aktif berkuliah. Setidaknya mulai sekarang mereka bisa menyiapkan dirinya untuk setiap mimpi yang ingin mereka raih. Sekolah tanpa bisa bekerja dengan layak nampaknya adalah sebuah kesia-sian yang sangat besar.

*kukutipkan tulisan ini untuk kakak2ku yang sebentar lagi akan mendapat gelar “dr”.
semoga bermanfaat..

25 Januari 2010
2:26 AM
bangsal atas anak RSWS
ditengah usaha menahan kantuk yang tak tertahankan..
bersyukurlah kawan, kalian yang saat ini masih bisa terlelap ^^


KOAS ANAK-DAY SLEEPER


pasti lagi mengninabobokan ade’ kecil..hahaha

inilah kami. apa adanya.

-koas anak-

Upload dari album fotonya fahmi..dengan judul “KOAS GILA”. hehehehe…

bukan saya yang foto kok.. suer.. kerjaannya fahmi nih.. beneran deh..hehehe ^^. saya hanya memforwardnya..hihihi..peace.

*niatnya mau hunting smile di koas anak.. tapi kok.. yg gini2an banyak dianak yah..hahahahhaha…………

capeeeeeeeeeknya sudah tak tertahankan kasian…^^

————-
DSC_0007edupl

-Anak Ceria-

[Curhat] status: FAILED!

Cuman bisa ngepost kutipan saja. dah ngantuk (lagi)..
tapi bukan Copas yang biasa kok. setidaknya mewakili perasaanku hari ini, 17 Januari 2010. hari yang biasa saja ^^

Vaskuler yang sedang terluka
Kau bilang, aku adalah arcus aorta

Cintaku bercabang tiga dan kau tertipu
Kapan aku selingkuh??

Kau bilang, aku adalah vena porta
Tempat bermuara para vena
Arghh…aku tak pernah membiarkan orang lain
memasuki hatiku

Aku tak pernah membentuk anastomosis, percayalah…

Dan kau…
Kau adalah emboli yang memasuki pembuluh darah ku
Perlahan-lahan membentuk trombus dan membuat jaringan ku iskemik
Terus-menerus membuat ku terluka dengan ego mu

Ketidakpercayaan mu menggantung setinggi vertex
Dan itu membuat ku lelah

Tahukah kau??
Kita hanya tidak saling percaya
Dan sama-sama terluka….

15 Januari 2008-17 Januari 2010
Status: FAILED!

*untukmu yang tlah mengacaukan perasaanku hari ini ( biasa saja kok).. terima kasih^^

m.A.y.A

[Curhat] Maya mau hilang lagi. maaf ^^

lagi-lagi minta maaf. iya, kali ini memang harus minta maaf. benar-benar ingin hengkang lagi dari dunia MP. 3 hari terakhir ini, maya berusaha untuk tetap online. tetap menulis postingan walaupun hanya note-note tidak penting,membalas comment2 di humku, *walau tak semua. dan sekali2 buka postingan teman yg lain, dan beberapa yg kuberi comment. semua itu kulakukan utk mjaga silaturahmi dengan para MPers.
dan saat ini, maya benar-benar ingin hilang sejenak dari dunia MP. kehidupan dianak, memang agak sedikit melelahkan. kalo ada jeda sedikit, bawaannya pasti ingin buka MP. wlaupun utk ol di bangsal anak sgt-sgt susah. huff.. sinyal Im3 di bangsal sgt2 buruk T_T. harus keluar didepan bgsal dulu..huhuhu..
maya benar2 harus fokus sama dunia yang sudah maya ikhlaskan ini..maafkan maya.
maya tak inginkan juga, MP hanya akan menjadi tempat “mengeluh”ku. sedikit2, ngeluh di MP via note lagi.. dan memang, 3 hari terakhir ini kan postingannya keluhan semua..hehehehe..
dineuro dan jiwa kemaren juga begitu.. kebanyakan keluhan2 dan rasa lelah yg tak tertahankan yang tersalurkan di note-note MP. seperti Spam saja. dikit2 ngeluh. hehehe, walau itu semua sangat berarti bagiku.waktu kubuka2 lagi, langsung tertawa.hehehe. ternyata maya masih sgt payah ^^

hmm..maya tak bisa janji kapan bisa online lagi. maaf yah, buat yg commentnya tak maya balas. benar2 maaf. maaf, kalo beberapa janji yg sempat terucap di MP ini blum sempat maya tepati. benar2 minta maaf.

oh iya, maya sempat janji dgn satu orang di contact MP yg menanyakan arti “connection heart” itu. takutnya ngak bisa online lagi.. dan pertanyaan ini, akan menguap bgtu saja.. jadi, baiklah.. kujawab seadanya saja.. ^^

bagiku, Mp itu sebuah dunia yang menurutku sangat amazing. sebuah dunia yang mengubungkan jutaan hati di dunia. itulah sebabnya site ini kuberi nama “CONNECTION HEART”. I make a connection in your heart”.
banyak kisah yang tlah kutorehkan di dunia ini. jutaan kata tlah kutulis. ratusan gambar kehidupan tlah kuperlihatkan. dan puluhan hati tlah kuikat..
maya membuat akun ini. membuat dunia ini hanya ingin menyimpan kenangan dalam hidupku. maya tahu, memori otak maya sangat terbatas. tapi jutaan kejadian indah trus melalui hidup maya. maya hanya tak ingin melewatkannya begitu saja. maya ingin, ketika maya tlah dewasa…..maya masih mengingat masa-masa ketika maya beranjak dewasa. sebuah kisah yang membuat maya tertawa. mungkin menangis… ya. itulah tujuan awal seorang maya membuat “a connection” di dunia ini. sebagai tempat penyimpan kenangan. sangat sederhana bukan? 
*maaf kalo blum bisa berbagi kebaikan ditempat ini.. ^^
maya masih sangat egois..hehehe 😀

itu saja.

doakan maya tak menyerah dibagian “anak” ini yah!
doakan maya tak menyerah menjalani kehidupan sebagai Coas hingga dapat bertitel dokter kelak.. Amin..

teman2 yg lain jg semangat yaah… 🙂
maaf kalo masih jadi maya yang payah… hehehe ^^


13 januari 2010
ditengah rasa kantuk jaga bangsal atas..

[Koas Anak] PEDIATRI.. sayang anak.sayang anak.^^

………..
Little child
You must show the way
To a better day
For all the young
’cause you were born
For the world to see
That we all can live
In light and peace
………..

koas ANAK

Welcome to Koas Anak!!!!!!
11/01/2010-20/03/2010

bentar lagi masuk bagian ini. hmm.. rasanya kok seperti mau koas pertama saja. degdegannya itu loh.. ^^
kuharap ini bukan blog pertama dan terakhir saya dibagian pediatri. hufff.. harus kuakui juga, ternyata bagian ini amat sangat menyibukkan sekali. tadi sudah adaptasi. melihat apa-apa saja yang koas-koas atas lakukan.. sebenarnya adaptasi cuman liat-liat saja. blum bisa disuruh-suruh. tapi melihat beberapa teman-teman minggu atas kami yang, fuih… kewalahannya minta ampun.. naluri untuk membantu pun pasti datang tanpa dipaksa. saya benar-benar ngak tega liat, sahabat saya, minggu 2 yang menjadi PJ lab. bawa urin, feces, darah rutin, dll ke UGD. ada puluhan botol loh. danhampir belasan kali bolak-balik ke UGD.. belum lagi bolak balik bangsal atas- bangsal bawah-bangsal atas-bangsal bawah dengan menggunakan tangga.. huff..
oia, tadi saya bantu-bantu PJ lab antar urin dan feces ke UGD… trus bantu dokter bersihkan tabung kaca di ruang laboratorium. yah.. adaptasi yang menyenangkan sekaligus melelahkan..hehehehe.. *setidaknya dah bisa merasakan apa yang akan saya rasakan selama 3 minggu dibangsal ini..hoho.
tadi juga bantu teman coas nyuntik adik kecil. cuman memfikasi saja kok.. huff.. anak kecil kenapa takut suntik sih?? ^^ hampir 2 jam membujuknya supaya mau disuntik. trus bantu coas atas nyiapin susu buat anak2 dibangsal.. menyenangkan sekali melihat adik kecil tak rewel..hehehehew.

nah, selama adaptasi tadi, ada beberapa ‘penemuan’ yang saya dapatkan dari teman2 dianak. beberapa hasil cerita-cerita yang keluar dengan spontanitas saja kok..hehehehew..tapi boleh juga..^^
1. di anak punya buku suci “BUKU DOSA KOAS”. buku ini berisi kumpulan dosa2 para koas yang ditulis oleh residen. entah itu dosa kecil ataupun fatal. ya.. dosa2 kayak terlambat dinas. wajib selese follow up jam 7 pagi. tapi malah datang jam 9. hehehe. dosa banget tuh. ngak ikut visite. lari dari jaga..  dan dosa2 lainnya… benar2 aneh. tapi buku ini yg akan menjadi panduan para residen untuk memilihkan kami penguji.. yah.. lagi2 dapat bagian yg pengujinya direquestkan berdasarkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.. sebenarnya nga suka. ngak fair banget sih.. lebih baik di undi lebih adil kyknya ^^
2. koas anak DILARANG sakit. sakit 3 hari, ganti 1 minggu. sakit 5 hari ganti 2 minggu. sakit 1 minggu ganti 1 bulan. sakit lebih 1 minggu ganti setengah siklus. sakit satu bulan.. hehehew……… mendaftar lagi deh di bagian anak sebagai koas baru..hoho.. *peraturan yang aneh.. jadi teman2 koas anak jangan ada yang sakit yah! ^^
3.nak2 koas anak rata2 akan diet TKTP.  tena kalori tinggi pasuruan. yg artinya.. tidak ada asupan kalori tapi perintah dari..ehm..ehmm..banyak banget..hohoho…..
4. punya definisi koas tersendiri. KOOOAAAAAAAS = kumpulan orang serba salah. dikit2 salah. dikit2 salah.. pokoknya harus salah deh..^^
5. minggu 1 dan 2 adalah fase kritis. kalo bisa melewati 2 minggu pertama, pasti enggan untuk lari..hehehew.. minggu 1 dan 2 itu terkenal sebagai minggu lari. banyak yang tak tahan dan akhirnya memutuskan meninggalkan bagian anak dan ambil bagian lain. kalo dah siap mental baru masuk lagi. banyak kakak2 UMI dimingguku rata2 sudah ambil anak 1, 2 minggu. tapi lari dan akhirnya ambil lagi..hehehe^^
6. bagian ini adalah bagian yang paling menyiksa batin dan fisik. menguras ribuan air mata dan keringat…… huooooh.. ngeliat koas2 anak tadi benar-benar membuatku..huff.. begitulah ^^. rasanya mau bikin filmnya “COAS NGESOT” saja.. hehehehw. kan kalo film SUSTER2 sudah banyak. suster ngesot, dendam suster ngesot, pembalasan suster ngesot.. dan yang paling terbaru, SUSTER KERAMAS..:D kalo dokter ngesot ada ngak yah?? atau residen ngesot juga seru.. ^^
beberapa baru itu faktanya…. masi mau mencari lagi….. kalo dipikir koas anak harusnya menyenangkan.. secara pasiennya pasti anak2. beberapa dari mereka pasti lucu2 dan imut2. bisa menghibur tapi yah.. begitulah..kebanyakan pasiennya di followup per 15 menit dan 30 menit.. haizz.. *tak terbayangkan. belum lagi rewelnya minta ampun. pantas koas anak jarang yang bobo..hahahaha.. ributnya minta ampun. kalo ada 1 anak nangis.. yang lainnya ikut2an nangis.. huhuhu.. koaspun ikut nangis juga^^

yah.. inilah bagian yang paling melelahkan. tapi semoga menyenangkan ^^
semangat teman2 seperjuanganku. kita akan bersama selama 10 minggu..
lely, farhan, adit, mimi, tiwi, wini, winda, dan aku.. ^^ walaupun di minggu 5,6 akan dipencar sih..hehehehew. tapi kita akan berjuang bersama 10 minggu lagi.. semangat!

 photo by : K upik “roentgen_photography”

HARI UNTUK AMANDA. Saat Harus Memilih Untuk Sekali Seumur Hidup

Rating: ★★★★
Category: Movies
Genre: Drama

bermula dari ajakan leli dan cica yang memaksa diriku untuk nonton film “Hari untuk Amanda” ini sehabis MPMB. sebenarnya saya agak sedikit malas sih. ^Pertama karena ini film indonesia. Sebenarnya saya sedikit bermasalah dengan film-film indonesia. Entah kenapa, so far, selama hidup di Indonesia, hanya film ‘Mengejar Matahari’ dan ‘Fiksi’ saja yang benar-benar membuatku berdecak kagum. Walaupun sebenarnya film-film yang diangkat dari buku-buku terkenal seperti karya andrea hirata dan kang abik harus diakui juga. Tapi menurutku kesuksesan film-film itu boleh dibilang karena kesuksesan bukunya kan. hehehe. *maaf kalo pendapatku tidak sesuai ^^.
^Kedua, judulnya sudah tidak menantang banget. malah mirip judul-judul sinetron. kayak luna cinta bayu. melati untuk marvel.. *sudah benarkah? pasti sinetron banget. hehehe,…
^Ketiga, hari ini sabtu. Sabtu artinya tiket dibioskop bisa 2x lipat dari harga biasanya. hohoho.. *makanya saya paling malas nonton hari sabtu. sudah ramai, mahal lagi ^^
tapi karena hari ini adalah hari terakhir kebebasan sebelum masuk bagian anak,karena besok, minggu sudah mulai adapatasi. ya, akhirnya kuiyakan juga.. ^^

“Hari untuk Amanda”.. sebenarnya film ini cukup menguncang perasaan juga. terutama untuk kaum hawa.
buat yang lagi bimbang pada pilihan.
buat yang sudah ada rencana mau nikah.
buat yang bentar lagi nikah.
buat yang pengen tau gimana sibuknya mengurus pernikahan.
dan buat yang mau memutuskan hubungan..
kurekomendasikan menonton film ini dulu deh..hehehe..

saya tak akan menceritakan isi filmnya. “I’m not a good teller”. kalau mau tau search aja di google.. banyak kok. tapi buat yang sudah nonton ‘Cintapocino,sebenarnya ceritanya tidak jauh-jauh beda. tentang seorang perempuan yang ingin nikah dan sedang mempersiapkannya. tapi tiba-tiba sang masa lalu datang dan mulai membimbangkan sang perempuan itu. *sesuatu yang sering terjadi kan?

Baiklah, kuceritakan saja maksud film ini. hmm..film ini mengajarkan bahwa hidup adalah sebuah pilihan. tapi bukan pilihan yang biasa. ini masalah kepastian. hidup juga harus dibuat jelas. bukan hidup yang dibuat seperti air yang mengalir yang entah kemana akan bermuara. Ada suatu saat dimana seseorang itu akan berhenti. berpikir. dan merenung sejenak. apakah pilihannya sudah tepat. apakah yang ia yakini selama ini memang seperti itu adanya. dan mengenai masa lalu. masa lalu adalah masa lalu. hanya sesuatu yang bisa dikenang saja. tak bisa diulang. Mungkin masa lalu itu lebih indah dari sekarang. Tapi hidup harus dijalani, hari ini, esok dan seterusnya….. bukan kemarin!

mengutip dari resensi yang saya baca mengenai film ini. Tentang sang masa lalu itu…
“Masa lalu. Ia hanya sebuah fragmen waktu yang cukup untuk dikenang seberapa pun manisnya. Tak perlu terlalu melankolis untuk merasa bahwa ada sesuatu, ada orang, ada kenangan yang lebih indah daripada apa yang kita nikmati sekarang. Setiap orang memang punya masa lalu, namun seperti pesan film ini, agar bisa melanjutkan hidup maka perdamaian dengan masa lalu itu mutlak. Berdamai dengan menganggapnya sebuah artefak yang cukup jadi hiasan yang manis, sekali-sekali diingat agar kita bisa tertawa”.
ya.. itulah hidup.harus dijalani dengan segala kesyukuran atas apa yang kita peroleh di dalamnya.

menurutku film ini sangat lumayan. sesuatu hal yang biasa terjadi. masalah kebimbangan. masalah perasaan.. yah.. masalah hati 😀
benar-benar tak menyesal menonton film ini dan film ini benar-benar sukses membuatku bimbang lagi… hehehehehe.. it’s ok. ^^
selamat menonton!


Produser : Dedy Abdurachman
Produksi : Mnc Pictures
Pemain : Reza Rahadian
Fanny Fabriana
Oka Antara
Kinaryosih
Aida Nurmala
Indra Herlambang
Sutradara : Angga Dwimas Sasongko
Penulis : Ginatri S Noer
Sumber : http://21cineplex.com/, http://www.kapanlagi.com/a/hari-untuk-amanda

[Vacation] Bali.. can’t stop falling in love..

seharian ini, usai ujian radiologi..hanya mengedit dan mengupload foto. blum jadi semua. masi ada ratusan foto di kameraku yg blum sempat dipindahkan. ada 3 giga totalnya.
maaf, deskripsinya masi sangat minim..hehehew. hari ini cukup foto2 ini saja dulu yg terekam.. *mengupload puluhan foto ternyata sangat melelahkan.hehehehe..

it’s My vacation.. with my family. my mom, my sister…^^

4 januari 2010
my ticket^^

hujan. penerbangan dipending 1 jam. hoho.. ^^

makassar.. dadah.. i will miss u so much ^^ aku hanya pergi tuk sementara… PASTO mode On ^^

nuntun bule nuntun.. hoho


baca majalah2 dipesawat.. bali i’m coming ^^

waktunya makan sore 😀

waktunya mendarat.. ^^


sudah tiba di bandara ngurah rai


ini neno.. nama lengkapnya rezky mutiarani. adek sepupuku yang akan jadi model fotoku..hoho. mukanya kayak orang bali ^^ banyak yg mengira orang bali. hehehe. masi smp. cita-citanya mau jadi dokter juga. hohoho.. salah satu sepupu yang paling dekat denganku.. hmm.. lumayan pemalu juga.. dan tak mau difoto..hahaha..

hari pertama nginap di salah satu hotel di kuta. suasana malam dikuta. rame ^^


it’s time to shopping.hehehe. hanya membeli perlengkapan untuk hidup dibali saja. bukan oleh2 kok… saya mencari carger sony T_T

lapar. waktunya makan malam. part 1 *terpaksa makan fastfood. lapaaaaar.banget..^^


makan malam part 2


makan malam part 2. seafood only ^^

5 januari 2010

putu2 at hotel tempat nginap hari pertama ^^

waktunya sarapan 😀


mau maen ke waterboom.. haiz.. waterboomnya masi tutup.hoho..

ya sudahlah ke pantai kuta saja.. jalan2..hehew..

hmm… lumayan2. ku beri nilai 6 untuk pantai ini. sebenarnya 4 taun yg lalu dah pernah kesini..hehehe.. makanya ngak terlalu takjub lagi ^^

tanah lot. hehehew. sebenarnya dah pernah kesini.. tapi neno blum pernah. terpaksa kesini lagi. lumayan2. kuberi nilai 7 untuk pantai ini.hoho.. *datangnya siang hari. panaaas..^^

masi di tanah lot..

masi di tanah lot hehehew. ^^

minum kelapa.. hoho.. *masi di tanah lot..

waktunya makan siang.. nasi goreng seafood.. *masi ditanah lot..

at universitas udayana. ini rusunawanya.. cuman lewat duank.heehe…

at GWK. garuda wisnu kencana *sudah benarkah? ^^

kenapa tangannya tidak ada? kena bom bali kah?? *nga ngerti..hehehw
at taman GWK

at pecatu ^^

at dreamland. thanks buat k nensa.. yg dah merekomendasikan tempat ini.. ^^
bukan merekomendasikan sih.. hanya menginfokan kalo tempat ini ada..hehehew.. kuberi nilai 8,5 untuk pantai ini.. kereeeeeeeen banget 😀

masi di dreamland.. benar2 seperti mimpi.. ^^

masi didreamland.. it’s me.. m.a.y.a

kehilangan model.. hehehe.. tak ada model, monyetpun jadi.. ^^
at pura ulu watu. melihat keindahan sunset.. i like it..

masi di ulu watu.. *anglenya keren.. benar2 suka. diedit dikit lagi.. kayaknya bisa jadi putu yg keren deh..hehehew…

di jimbaran beach.. so sweet ^^

romantic dinner at jimbaran… mantap!

waktunya bobo.. at nusa dua beach hotel ^^

haiz.. malah nuntun..hehehw

nusa dua beach hotel. hotel bintang 5 yang haizzzz……kereeeen banget.. ^^

ni hotel romantisnya deh ^^

6 Januari 2010
putu2 dihotel dulu ah.. beuh.. kolam renangnya besar dan banyak. kayak lautan saja.. haha.. *orang kampung mode ON.. 😀

cuba lagi nda “dapet”..hehehew.. dah nyebur dari tadi euy.. ^^

merenungi nasib.. coba hotel ini punya nenek ku yah?? hehehw.. 😀

masi di nusa dua beach hotel.. ^^

at pantai nusa dua….. benar2 seperti pantai sendiri..hehehe^^

at nusa dua beach.. pantai dibelakang hotel..haiz.. serasa pantai milik sendiri.. sepiiiii banget.. sunrise, i hunt u.

sarapan pagi part 1.. ^^

sarapan part 2.. part 3?? hehehe.. nda sempat di futu.. 😀

mau ke pulau penyu ^^

pantai di pulau penyu.. kerrrrreenn..

dipulau penyu.. penyunya endut2.. ^^

taman ayun.. ^^

masi di taman ayun..

masi ditaman ayun.. 😀

*saya ngantuk.. ngeupload fotonya dilanjut besok yah.. tapi besok saya dah mau melapor ke bagian anak..hehehew.. semoga ada waktu lagi..

wait me..
pertanyaan : manakah diriku? kenapa blum terupload yah?? hahahahaha.. beginilah nasib calon fotografer.. ^^ *cuman mau difoto sama sesama fotografer saja..hehehew… 😀

Photograph by Aya FK Unhas ’06
Location : Bali, Indonesia.
Date Time Original : january 4th – 6 th 2010
Camera : Sony DSC W 130 8,1 megapixels
Lens : Sony VT 5,35-21,4mm F/2,8-5.8
Software : Adobe Photoshop CS3 Windows