[Koas Neuro] 30 jam terakhir (the last story in Neuro)

ini kisah kami, sang minggu 4 koas neuro yang tak terlupakan..
maya-lely-k dila-dwi-wani-k affian-k hanafi-dini-k hoo-k isra-k ain-k indah-k fahrul-fajar

Rabu, 25 November 2009
12.00 @ ruang pembacaan UPF
hari ini pembacaan minggu 3 dengan tema GBS, Miestenia Gravis, Cassion disease, dan bell’s Palsy.. suasana masih dalam batas normal. kami, sang minggu 4 masih meyakini kalo ujiannya hari SABTU karena hari Jumat (hari ujian di neuro) tanggal merah. Info ini juga langsung kami dapat dari gubernur Koas (residen yang mengatur para koas). Sampai tiba-tiba petugas bagian KPM bertanya “MANA MINGGU 4”.. kami pun angkat tangan. dan petugas itu mengatakan : “SEBENTAR KALIAN DIUNDI! DIBANGSAL JAM 2!”. Gdubrak!.. wow…. kalo undian hari ini artinya besok ujian??? semua minggu 4 benar-benar kaget. tenang maya. pasti hanya pengundian saja. ujiannya tetap hari sabtu. OK! kami masih percaya kalo ujian hari sabtu! beneran deh, sapa yang siap juga ujian besok. masih ada puluhan penyakit yang belum dikuasai. Aaaaaaa.. tidak! jangan ujian besok! tanda tangan supervisor case belum didapat.. huhuhu…….
13.00-15.00 @ ruang baca UPF
pembacaan. untung hari ini temanya sangat menarik. setidaknya untuk ke4 penyakit itu sudah dibahas habis-habisan sama teman2 minggu 3 dan jika ada yang keliru dr.LK pasti akan meluruskannya.
NB : masih percaya ujian pasti hari sabtu
15.00 @ koridor UPF
menelfon gubernur. pengundiannya jam 16.00 di RS Ibnu Sina. harus melengkapi logbook. diberi waktu setengah jam untuk itu semua. mengambil form ujian dan kertas status ujian. kata dokter ujiannya besok.
OK! it’s hard! tapi kami sudah menyusun rencana untuk nego dengan dokter agar ujiannya dipending. sangat mustahil ujian besok. dan yang pasti, kami sangat dirugikan.. lagi pula ada beberapa teman yang belum presentasi case dengan supervisornya. contohnya kak dila dan lely, yang baru akan presentasi jam 7 malam di tempat praktek dokternya. kalo ujian besok, ngerja status pasien+belajarnya kapan? jam 7 malam itu bukan berarti datang langsung present. tapi etikanya pasti akan nunggu sampe pasiennya habis. kalo saya dan dwi udah present, tapi blum ditandatangani dan dapat nilai..
15.15 @ FK Unhas
ke Fakultas. hari ini ujian CSL anak 2008. jadi dokter-dokter ada disana semua. dan benar saja, dokter supervisorku dengan dwi, dr.AKB ada di ruang CSL, alhamdulillah.. langsung dikasih nilai. dapat nilai A lagi. sepertinya semuanya dimudahkan. dwi, juga, masih ada 2 casenya yang belum didiskusikan dengan residen. tapi dr.A langsung tandatangani tanpa diskusi terlebih dahulu. sepertinya dokter2 mengerti dengan kondisi kami yang serba mendadak ini.
15.30
menuju Rumah sakit Ibnu Sina
16.00-17.30 @ RS Ibnu Sina
dokter belum ada jadinya untuk mengisi waktu belajar bareng ma teman-teman minggu 4 di depan poli saraf…
menunggu-menunggu-menunggu
waaaaa.. pengundiannya jadi ngak sih……?????????
17.30 @ poli saraf RS Ibnu Sina
pengundian parner ujian. ada 14 kertas dengan angka 1,1,2,2,3,3,4,4,5,5,6,6,7,7 dan saya mendapat angka 3. angka 3 yang lainnya ada sama K hoo. artinya saya tandom ujian dengan K hoo. semangat maya! ka hoo ini angkatan 2005 malaysia unhas. yo know lah, yang namanya malaysia pasti pintar-pintar walaupun kata beberapa orang sih gak pintar-pintar banget tapi bisa saja kan dia menyembunyikan kepintarannya karena tak mau direquest sama prof. hehehe. di neuro, jangan sampe deh berlagak sok pintar, kecuali memang pintar..hahaha.. bisa jadi dokter mengiramu pintar dan akan di pasang ujian sama prof, atau dr.SA, atau dr.YG..huhuhuhu…… kalo dah dapat itu, berjuang untuk lulus saja. kalo berjuang untuk dapat A, BERAT!
tandom minggu 4 kali ini: 1. wani-k fachrul, 2. dwi-k hanafi, 3. maya- k hoo, 4. dini- k indah, 5. fajar-affian, 6. lely-k isra, 7. k dila- k ain.
dan penguji yang turun : DG-DW-YG-MA-AKB-LK-NA
dan dokter pun mulai memasang dokter-dokter penguj. dokter sempat tanya sih, sapa yang pintar diminggu kalian. NO ANSWER! kami tak mau menumbalkan teman sendiri. tapi, Alhamdulillah prof, dan SA ngak turun. yang perlu ditakutkan cuman YG. huhuhu…. selamat buat yang dapat YG.
oia, dokter sempat tanya beberapa nama, yang kemudian kami artikan kayaknya dapat request dari residen2 lain kalo lumayan..”yang mana namanya dwi?”, yang mana namanya hanafi”, “yang mana namanya fadillah?”, “yang mana namanya hazwani?”, “yang mana namanya fajar?”, dan terakhir “yang mana namanya Maya?”. ini nih yang paling saya takuti, dikira PINTAR! huhuhu.. padahal otakku standar-standar saja. hanya saja saya memang rajin ikut diskusi. ok. tenang maya!
dan saat2 dinanti pun tiba. dokter mulai memasang nama penguji dikertas kami. sebenarnya tak boleh dilihat sampai besok. tapi namanya mahasiswa mana bisa sabar sih.hehehe… sempat ngelirik-lirik dikit.
saya liat, kertas dwi pertama ditulis. YG! wow. sabar yah dwi.kemudian kertas fajar AKB, then, kertas wani NA, kertas lely LK dan kertas k dila MA. hiks, sisa kertasku dan dini yang tak sempat terlihat. tapi dikertas panjang sempat liat kalo saya dapat DW. artinya dini dapat DG. yang masalah adalah kalo saya salah liat. dan untuk memastikan k hoo pun mengejar dokter, katanya yang manis. OK! berarti tak salah lagi, satu-satunya dokter paling manis di Neuro cuman DW. dokter menyuruh kami balik ke WS menunggu residen pendamping datang dan mulai mengambil pasien! UJIAN tergantung supervisor kapan mau diberi.
17.30 @ mobil dwi
hard! dwi benar-benar stress. 2 minggu lalu dr.YG sempat tak meluluskan 1 mahasiswa.
18.00 @ RSWS
menuggu dan menunggu dikamar koas. residen pendamping blum diketahui. kami mulai menghubungi teman2 diatas kami yang sempat ujian dengannya. saya menghubungi desy, anak inter yang sempat ujian dengan dr. DW di WS. katanya sih ujiannya biasa diakademis, cuman kebetulan dokternya lagi memvisitaekan pasien dokter lain. katanya waktu itu dia ada ujian pemfis dengan pasien dan ditonton dengan koas minggu 1,2,3.Aaaaaaa…saya tak suka ujian ditonton. ngak ditonton aja tegangnya minta ampun pa lagi ditonton sama koas2 lain. Tenang maya!
19.30 masih di WS
belum dapat info sapa residen pendampingnya. tapi kami mulai berebutan pasien.hahaha. pasien NHS/HS tanpa kesadaran menurun cuman ada 3. yang lainnya tumor MS, GBS, Cephalgia ec.SOL…. aaaaaaaaa. semua orang pasti ingin ambil pasien Stroke lah. kami mulai berebutan. beruntung, saya stase di WS jadi tau banyak pasien2nya.hehehe.. tapi sayangnya saya tak licah kalo lagi berebutan. NHS dan HS sudah diambil. GBS juga. sisalah pasien tumor MS. ok. saya ambil itu saja.
20.00 belum ada kepastian
akhirnya kuputuskan pulang. LEly dan kak dila pergi diskusi supervisor dengan dr.MA di t4 prakteknya. saya pulang mandi dan makan 😀 saya baru ingat kalo tadi siang saya ngak makan karena “UJIAN” ini. baru sesuap makan, kak hanafi nelpon
“BESOK KUMPUL DI WS JAM 7.30 KETEMU DENGAN RESIDEN MASING-MASING. BESOK UJIAN ORAL DENGAN SUPERVISOR. BESOK UJIAN TULIS JUGA. SEKARANG KE WS AMBIL PASIEN!”
tenang maya!ok. Ke WS! menunggu lely dan k dila datang dulu. soalnya bisa ambil pasien sama. sayangnya pasien HS dan NHS sudah 3 orang yang ambil..huhuhu.. kurang gesit may
k dila dan lely datang sambil tertawa-tawa.. sambil berkata ini gejala2 psikotik. Inapropriate. rupanya waktu presentasi kasus di dr.MA mereka dikasih 3 pertanyaan, kalo ada 1 saya pertanyaan tak mereka jawab, mereka harus pulang dan balik besoknya lagi. dan mereka gagal dipertanyaan ketiga. dr.MA bilang kalian tak usah ujian saja. besok kalian datang lagi direktorat. WAAAAAAW! kalo saya jadi mereka, pasti dah nangis-nangis, bayangi deh.. dah jauh-jauh ket4 prakteknya (ada belasan kilo), menunggu berjam-jam, dan disuruh pulang! padahal besok ujian! salah satu syarat ujian sih memang harus dah selese presentasi casenya..huhuhu.. sabar-sabar

22.00 @ bangsal neuro
saya, lely, dan k dila mengambil pasien yang sama. saya dan lely mulai menganamnese ulang pasiennya + pemfis ulang.kata teman2 yang pernah ujian dgn dr.DW. dokter penguji saya, maunya anamnese terbaru dan pemeriksaan terakhir serta terapi terakhir dan diagnosa terupdate. huhuhu.
22.30-00.30 @ meja batu bangsal WS
masih mengerjakan status. sempat berdebat paanjang lebar dengan lely dan k dila. hahaha. menyatukan 3 otak itu ternyata sulit yah. semua punya pemahaman sendiri 😀
sempat dibikin syok juga dengan mati lampunya di WS 2x. hahaha……..horor bo!!!!!!!

bangsal neuro dan meja batunya.:D

01.00
mau balik tapiiiiiiiiiiiiiiii…….HUJAN KERAS! HUJAN BADAI!!!!!!!!!!!! huhu..cobaan apa lagi ini. mau bermalam di WS, tapi ngak bawa persiapan ginap. pagar WS yang terdekat dengan mobilku terkunci. pak satpamnya tak ada. keliling cari satpam lain, satpamnya bilang “tunggu didepan pagar saja. ada kok satpamnya. soalnya kuncinya ada didia”. balik lagi ke sana. tunggu 10 menit. aaaaaaa….. satpamnya pasti bobo. ke bangsal anak. tanya koas2 anak yang biasa pulang malam lewat mana. mereka bilang sih lewat sawit tapi pagar menuju sawit digembok juga. disuruh lewat UGD tapi di UGD lagi ada suspek flu burung, kalo mau lewat harus pake masker. disuruh lewat cardiac center. GDUBRAK! jarak cardiac center menuju mobil ku ada 1/2 kilo.. mana harus melwati jalan tanpa genteng lagi (baca: hujan-hujan). hiks. ngak bawa payung, ngak bawa jaket. kalo status ujianku ini basah… tamat lah kami bertiga.
ok! tak ada pilihan lagi, lewat cardiac center. tiba-tiba ketemu satpamnya, dan marah-marah dikit dengan satpam yang ngejaga dipagar dekat mobilku. trus satpamnya bilang, “ngak dukunci ji itu dok, nda ada kuncinya itu. paling cuman dililit-lilit”
balik lagi.. dan ternyata memang cuman Dililit2..hahahahahaha. akhirnya bisa keluar dari RS ini juga. sempat maen hujan2 sepanjang 50 meter dari mobilku..sepertinya akan sakit deh.. hehehe. saya kan kalo kena air hujan di kepala pasti besoknya akan demam. haduh, jangan sakit dulu. kalo abis ujian sakit ngak masalah.
01.30
mencarikan taksi buat lely dan kak dila, bukannya ngak mau mengantar mereka ke rumahnya.cuman jalanan ke rumahnya lely itu loh,.huoh.. danger! apalagi hujan. pasti banjir deh..jadi ngak bisa liat lubang2 di jalan menuju humnya. ngak bisa bedain mana got.hehehe. hampir setengah jam menunggu taksi didalam mobil. sempat ada 1 taksi yang lewat tapi kok malah terus. huah.. saya sudah ngantuk berat ini. akhirnya memutuskan untuk belajar bareng di rumahnya k dila, ntar subuh baru balik ke hum masing-masing. 6 jam lagi sebelum ujian euy..ckckckck….
dah ngantar ke rumah k dila nih, tiba2 mutusin untuk balik ke hum saja. hape mati. lupa minta izin ma orang dirumah karena buru-buru. ntar saya dicari gimana.. huhu. lely juga mutusin untuk balik saja. mau cari buku Lumbal punksinya. dr.LK suka tanya LP2an..hahaha
akhirnya saya mengantarkan lely cari taksi. untungnya langsung dapat 😀
02.10
tiba di rumah. mau belajar…. tapi capek sekali.. resume status belum selese… huaaaah.. ok! belajar sedikit saja.dan tertidur dimeja belajar. pas bangun mau shalat subuh semua badan pegal-pegal..hahaha…..
abis salat subuh, belajar lagi.. bingung mau baca yang mana, terpaksa ngejawab kumpulan soal ujiannya dr.DW saja.. dokter suka tanya perbedaan rupanya.. ok2. kalo gitu pelajari yang khas2 dari tiap penyakit. meningitis, rabies, dan tetanus juga suka ditanya….
06.30
otw ke WS.
baring2 dikamar koas..hahaha

bersama kak hoo, wani dan kak hanafi di kamar koas neuro WS

08.00
dapat nama residen pendamping dan no. HPnya. disuruh hubungi. namanya dr.Nina. ditelpon dokter bilang kalo ujiannya jam 12 siang di WS!
huaft.. artinya akan jadi tontonan nih. ok! semangat mayA!
kalo stres enaknya makan dulu..hahaha. makan nasi Kuning nya WS..hehehe. pertama kalinya makan nasi kuningnya WS, sebelumnya ngak berani. tapi, kalo dah lapar makan saja. kalo kena diare paling siang-siang.hahaha……..
11.30
dr. nina datang, dia tanya kasus k hoo apa. NHS. ok. trus pas tanya kasusku…. saya bilang paraplegi ec. tumor MS. Gdubrak! wah.. dokternya kaget. ternyata di logbook tumor MS itu kompetensinya cuman 3A. dan sebuah keberanian juga sih mengambil tumor MS. saya disuruh hapal tumor-tumor lain diotak dan membedakannya. hiks’ ada rasa nyesal juga sih ngambil tumor. dokternya suruh ganti kalo mau aman.. tapi…..ahhhhhh.. ini dibuat dengan penuh perjuangan.3 jam ngerjainnya. hiks. jalan saja ah. pasti bisa kok ^^
akhirnya dr. Nina kasih tenteran dikit mengenai MS. segmen2nya..bedain Ekstra medullar, dan intra medullar..
12.30
dr.dw datang. saya yang pertama ujian. pemfis. ditonton. hiks’ sempat gugup. sempat tremor. hahaha…. tapi semuanya bisa dilakukan. tak ada amnesia2an..hehe
13.00
ujian lisan di ruang residen.
pertanyaan pertama lagi-lagi saya. kenapa mendiagnosa tumor MS? dan berlanjutlah pertanyaan2 aneh. dokter tak pernah berhenti bilang APA LAGI. APA lAGI. APA LAGI.. huah… bikin stres! penyakit yang sempat ditanyakan itu Tumor MS, NHS, HS, Migren, NKTT, Epilepsi, dan Meningitis. di epilepsi saya banyak mencuri poin.dr. DW kan jadi pengamat waktu presentasi refarat dimingguku hehehe. tandom ku banyak tak menjawab.yang ngerja tuh referat dan buat slidenya saya dan lely.. hehehe. jadi banyak tau. walaupun ngak sempat dibaca tadi malam.ngak nyangka bakal naek soal epilepsi. sampe dr. DW bilang ma K hoo, “pasti yang kerja referatmu monalisa toh”? (Gdubrak! dari awal tuh dokter panggil saya monalisa..huhuhu). saya pun menjawab.. ngak dok, kerjanya bareng-bareng kok….
huaft… ujian 2 jam ini benar-benar melelahkan. tapi berakhir juga. dokter residen pendamping, yang memegang nilai kami bilang kalo kalian lulus semua. Alhamdulillah……. sudah berakhir maya.

waktunya pembagian warisan. hahaha. dan sayapun mewariskan teksbook+catatan koasku (3 biji, paling dihunting catatanku..hehehe.. rajin ikut diskusi.rajin nyatat)+kumpulan soal-soal penguji ke K aco dan noe..hehehe…..

beneran deh abis ujian semuanya terasa lepas. sekarang sisa nunggu ujian tulis + hunting tanda tangan lagi.hehehe

oia, lely dan k dila juga lulus. pas presentasi case jam 11.20 di rektorat juga langsung di ttd ma dokter. ngak direspon kayak kemarin kok. hehe. kayaknya kemarin dokternya lagi bad mood.
satu2nya teman minggu 4 yang ditappering (ujian ulang) cuman ka fachrul.. huhu.. semangat kak!

17.30
ujian tulis di ruang pertemuan residen
tak terlalu sulit. karena soalnya dah oppo dari zaman batu. hahaha. cuman ngapal jawaban. dasar mahasiswa!
(beberapa residen bilang kalo ujian tulis hanya sekedar formalitas. bobotnya ngak terlalu tinggi. yang menentukan tetap saja ujian oral dan pemfis dengan supervisor..hehehe)


dan cerita di Neuro akan menjadi satu kisah yang tak terlupakan…..
karena kami, sang penantang waktu!

26 November 2009
18.00


Iklan

12 thoughts on “[Koas Neuro] 30 jam terakhir (the last story in Neuro)

  1. iya. maklum, ini ujian pertama kami yang penuh perjuangan.. waktu dijiwa mah….. santai.hehehe…..

    yup. tiap minggu akan selalu ada koas baru yang masuk. biasanya 12-15 orang (kalo dineuro, kalo bagian lain, ada 10, ada 6 saja yang diterima) dari 2 universitas. FK unhas dan FK Umi.

    makanya senioritas itu sangat tinggi di koas..hehehe….. minggu 1 biasanya ngikut aja yang diperintahkan. apalagi kalo masalah jaga dan stase..hehehe.. ngikut ma minggu 3 (yang biasanya jadi chief)..

    di neuro memakai 3 rumah sakit utama dan 3 RS satelit. ditiap rumah sakit utama biasanya ada minggu 1 (4 orang),minggu 2 (2 orang),3 (2orang), dan minggu 4 (4 orang). kalo di RS satelit biasanya cuman minggu 2, dan 3 saja yang ada disana. kami benar2 seperti team work. minggu 1 yang harus rajin2 bertanya ma minggu 3 dan 4 kalo mau survive..hehehe…….

    makanya, istilah kakak minggu kental banget di koas……gitu mbak.

    makanya sering bilang new week, new hospital, new life, new friend. hehehe….. pasti akan beda deh tiap minggunya ^^

  2. yup.tiap stase pasti ada istilah minggu 1,2,3….dst. kalo dianak, interna dan bagian lain bisa sampe minggu 9,10, 11, 12..hehehe……..

    kita daftar stasenya juga online. mau masuk bagian mana dan dengan siapa aja juga bisa asal masih kosong.

    jadinya sebelum masuk satu bagian. selain liat2 sapa teman minggu kita, biasanya kita liat2 juga kakak minggu en calon ade minggu kami.. hehehe. harus jauh-jauh deh ma orang malas. soalnya kan peluang jaga dengan mereka kan besar. huhu. bisa2 kita dilarikan jaga. disuruh jaga sendiri. ngak boleh lapor ke residen.. hehehe…..

  3. yang nulis juga lari2.. hehehe………..

    sebenarnya bukan untuk konsumsi publik. cuman sebagai pengingat saja. kalau hari itu adalah hari yang penuh makna dan tak boleh dilupakan 😀 😀 😀

    kalo orang awam yang baca, ngerti ngak yah?? hahaha…
    I don't care…

  4. kalo di private diary mungkin lebih ke perasaannya. perasaan diri dengan seluruh makhluk yang kukenal ketika itu. kadang ada marah, benci, jengkel.. bisa juga kagum, suka dan sayang.. it's complicated 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s