[Koas Jiwa] Catatan Akhir Stase Ilmu Kedokteran Jiwa (IKJ)

DSC05920
huaaaaaaaaaaft……. *masih ngantuk πŸ˜€

bismillah…
rencana awal ngenet mau bikin blog tentang catatan akhir di Stase jiwa malah ngerjain hal lain. ngedit foto. hehehe…. yah..akhirnya memang harus nulis blog juga. dah lama ngak nulis. akhir2 ini cuman bikin note2 nda penting..hehehe. Jiwa. mmm…kok jadi senyum-senyum sendiri yah.. ^^
jiwa memang punya kenangan yang tak terlupakan.. sebagai bagian pertama di dunia per-Coas-an, jiwa tentu saja banyak mencuri perhatianku..hehehe..
sebelum memulai bercerita mau teriak dulu….. BEBAAAAAAAAAAAAAASSSSSSS,,,,,,,,,,,,,, akhirnya ujian yang menegangkan itu berakhir juga. entah apa prognosisnya..hehehe.. mungkin DUBIA ^^
yah.. ngak papa sih yang penting sudah ternyatakan lulus.. entah A atau B.. ^^ (oia, nilai di COas itu cuman ada A, B atau E. dapat E artinya remedial lagi. 2 kali dapat remedial harus dinas 1 minggu lagi kemudian ngundi penguji lagi..). artinya nilaiku A atau B dunk kalo dah dinyatakan lulus..hehehe.. nda masalah.. πŸ˜€

ok.. mulai cerita soal stase di Jiwa. dimulai dari
minggu I
minggu 1, apa yang berkesan yah?? stase di UGD pria dan bangsal wanita..sepertinya yang paling melekat adalah masalah jaganya..hehehe.. minggu I = Jaga.. hohoho.. bobo di kamar koas. dengar ketukan2 kamar terus. sepertinya cuman itu ^^ dan melelahkan.. jadinya minggu I kutetapkan minggu melelahkan.. dan memang sih semua bagian katanya seperti itu. minggu 1 adalah minggu paling menguras waktu dan tenaga. abis dinas.. nyambung jaga..hahaha…. seru2 πŸ˜€
minggu II
minggu II = liburan. dapat stase di RS satelit. RSWS dan ibnu sina. pasien ngak terlalu banyak. malah di RS Ibnu Sina tak ada sama sekali..hahaha. cuman preasure minggu II nya itu loh.. harus menyelesaikan 3 status dan i referat..huhuhu….
well, di minggu II juga ada pengalaman traumatik. tapi ngak sampe depresi pasca trauma kok..hoho.. ceritanya ketika mau mewancarai seorang pasien dibalik terali. pasien untuk menjadi laporan kasus. HP ku kupake buat merekam wawancara kami. well, lagi sementara menganamnese.. tiba-tiba……..

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah…

tanganku ditarik sama salah satu pasien baru….

leily dan riany yang menemaniku.. teriak juga……

beuh.. tuh pasien keras banget narik tanganku…….huhu.. tak mau dilepas..

aku semakin kencang berteriak minta tolong.. dan petugas ruangan pun menolongku.. memukul si pasien..

huhu.. abis itu.. langsung diam……. sianosis.. apneu.. hehehe.. ngak lah..

cuman stres aja.. tuh pasien yang narik aku lagi hipersalivasi… mengeram kayak anjing gila…trus melempariku uang 100 rupiah dan bilang. SMS! SMS! Anita. Anita…kemudian manjat jendela.. dan mengeram…..hoh????

oh.. sepertinya dia ingin merebut HPku. dia mau sms keluarganya kali yah..

oia, bagaimana dengan kondisi tanganku?? hoho.. fine2 aja kok.. cuman merah2 aja.. langsung deh ku semprot pakai alkohol. awalnya ku kira tuh pasien rabies..hehehe..

abis itu. shock. ngak mau dekat2 dengan di jendela lagi. huhu..mm.. cuman itu deh..^^.. danΒ  setelah kejadian itu, selalu minta ditemani cowok atau petugas kalo mau nganamnese pasien..huhuhu.. kapok2… *thanks kak rum dah ditemani nganamnese pasien ujianku ^^ dibalik terali

NB : pesan moral dari kejadian ini: jangan sekali2 memperlihatkan HP didepan pasien jiwa. pa lagi nelpon2 di depan pasien.. huoh.. bisa jadi agresif tuh pasien.. beneran deh… jangan makan cemilan didepan pasien.. karena dia tak akan segan2 untuk memintanya.. hahaha..nda masalah sebenarnya ^^ cuman kalo kalian memberinya… yang lain pada datang dan saling berubut dan jadilah perang dibalik terali itu.. kalo sampe saling tonjok2an hanya karena berebut cemilan yang kalian beri.. yang tanggungjwab sapa..hayoo?? πŸ˜€

minggu III
minggu III di Poli. Mencekam. horor.. hahaha.. ngak kok. sbenarnya ada residen yang ditakuti banget di Poli. ngak boleh telat. mengAlloanamnese pasien harus cepat. pasien kan buanyaaaaaaak banget..huhu. sering2 di respon.. susah izin keluarnya. haizzzzz…… dan yang pasti.. prepare diri buat pembacaan status dan referat. waktu pembacaan sempat dipending satu hari (baca: ngak jadi baca). waktu itu gara2 saya ma muiz lupa minta tanda tangan residen pembimbingku..huhu.. dimarahi didepan forum yang mau ikut pembacaanku.. hiks.. SHOCKING DAY! tapi besoknya jadi baca kok.. malah pembacaanku yang paling mengasikkan.. hahaha.. dokter supervisornya buru2. no pertanyaan! cuman 4 pertanyaan dari supervisor saja kepada saya. cuman ditanya, kenapa kasih obat ini. kenapa didiagnosa ini. bagaimana menilai ini dan itu.. πŸ˜€ πŸ˜€
jadi…. tak ada pembantaian..^^
di Poli..huoh.. pasien di poli beraneka macam. mulai dari gangguan psikotik, depresi, anxietas, insomnia, gangguan kepribadian, gelisah.. KOmplit! beda banget dengan di UGD dan bangsal yang pasti gangguan psikotik..hehehe. banyak kejadian lucu selama tugas 6 hari di Poli. ada pasien yang tiba-tiba nangis.. *bikin panik! ada pasien yang ngak mau ngomong pas di anamnese ma koas. tapi pas dokter yang anamnese..eh.. mau ngomong.. aduh! ada pasien yang cuman karena ngak dibelikan HP jadi psikotik. yang ayamnya diambil tetangga jadi psikotik juga. yang kucingnya meninggal jadi depresi..yang banyak nyamuk dirumahnya jadi gelisah. yang mau menikah jadi cemas.. *baru tahu kalau kehidupan manusia itu sangat kompleks..
beruntung deh milih jiwa jadi bagian pertama. setidaknya dah tahu kalo stress itu bisa bikin gangguan jiwa. hahaha. jadi management stress nya bisa diperbaiki. harus banyak refreshing..hehehe.. ngak lucu kan karena hanya beban koas yang begitu berat jadi gila. no.no. no.. πŸ˜€ πŸ˜€

minggu IV
beban sebagai minggu 4 sangat menjenuhkan. saya ditempatkan di UGD perempuan. 6 hari euy! ngak ada pergantian siklus kalo sudah minggu 4. sebenarnya ngak masalah soal 6 harinya. UGD perempuan asyik banget loh. bersih. paling bersih dibanding tempat lain. ada kulkasnya. ada jual minuman dingin. ada sofanya. bisa ngerja tugas sambil bobo (heh??).. yang kemudian tempat ini menjadi mencekam dan lebih horor dari poli adalah…mm……ada residen yang……. mmm…gitu deh.. *jangan paksa saya menyebut semua keburukannya deh… tapi anak2 bilang.. sepertinya ada waham kebesarannya yang bikin semua orang…..mmmmmm… huah.. ntar tau ndiri deh..
NB : buat yang mau masuk koas jiwa: kusarankan jangan cari masalah dengan dokter itu..huhuhu. hidupmu tak akan tenang. akan terus diteror. dipermalukan. dibanding-bandingkan… yang bikin kamu.. menghela nafas.. dan berkata *sabar2.. ^^
minggu 4, minggu tertua di dunia koas jiwa. jadi minggu 4 itu bisa dibilang dah tau semuamuanya. catat! SEMUAnya. huhu.. ada pasien mau dikateter. Minggu 4. pasien mau di ECT. minggu 4. blum lagi harus ngajarin minggu 1 yang entah sok2 bego atau memang ngak tau yah..hahaha. *kayak ngak pernah jadi minggu 1 aja.. πŸ˜€ πŸ˜€
minggu 4 = pengundian. well, waktu pengundian dapat penguji yang……. super sibuk..huhu. sampai melapor terpaksa saya harus 2 kali ke prakteknya. oh iya, penguji saya itu punya ke khasan dalam menguji. selalu bertanya soal… OBAT! semua obat psikotropika wajib dihapal plus sediaan dan dosis anjurannya. plus efek sampingnya…..ayayayayayah. dan penguji ku ini juga harus ngambil pasien. oh iya, karena kami minggu 4 berjumlah 15 orang mau ujian.. maka terjadilah perang perebutan pasien…..huah…. seruuuuu buanget. masalahnya adalah entah kenapa minggu ini pasien kurang banget. di UGD perempuan saja pasiennya cuman 4. keempatnya itu ada gangguan organiknya. jadilah kami semua mencari pasien di UGD pria. yah.. pasien ujian diwajibkan berasal dari UGD dan tidak boleh sama pasiennya. beuh.. rebutan ngeklaim pasien coy!
dan.. road to hunting pasienku juga sangat mengharukan..huhu..
pasien pertama.. diPULANGkan!!!!!! *untung blom buat statusnya ^^
pasien kedua.. difiksasi.. sabar-sabar.. nunggu pasiennya tenang dulu baru di autoanamnese..nunggu sampe sore….pulang. besoknya balik lagi.
besoknya. pasien sudah dilepas.. tapi……. ngak mau ngomong.. huhu. ngomongnya dikit2. saya sampe menangis didepan itu pasien. pak ngomong donk. ngomong. saya besok mau ujian.. haduh….. tamatlah hidupku. pak ngomong……hiks..
*nyerah.
pasien ke tiga.. tak ada alloanamnesenya. pasiennya dibawa keluarga dan kemudian keluarganya pulang karena buru2.. haduh….. Black list
pasien ke empat. tak ada yang khas! tak ada halusinasi. tak ada waham. tak ada gangguan arus pikir. haduuuuuh. mau didagonsa apa ini. mana pas di anamnese.. 5 menit ditanya2.. pasien langsung marah dan bilang *nih dokter banyak tanyanya.. tidur.. 5menit kemudian.. segar. mau ditanya-tanya lagi… tapi 5 menit kemudian marah lagi.. *ah dokter ini menjengkelkan sekali.. tidak ada habisnya pertanyaanya.. nunggu 5 menit lagi buat perbaiki moodnya……10 menit.. 15 menit…… 1 jam……huhuhu.. pasiennya bobo.. haduh.. dah mau siang.. mana besok ujian. blom buat status. blom belajar..hiks…….yah.. terpaksa buat status apa adanya aja. cuman ngasih keterangan distatus mental kalo nih pasien emosional sekali suka marah. dan akhirnya kuputuskan diagnosanya gangguan psikotik non organik YTT.. huhu.. sepertinya akan dibantai. yang saya takutkan sih pas di auto ulang ma dokter punguji, halusinasi dan wahamnya muncul.sama seperti kasusnya kak amel..hehehe.. beuh.. keluar semua euy gangguannya yang akhirnya didagnosa skizofrenia paranoid.

Uian…
well, ujian kali ini saya tandom dengan kakak dari FK UMI. mengauto pasien di depan penguji. waduh. kok ni pasien ngak emosional lagi.. haduh jadi manis banget nih pasien.. tapi untunglah halusinasi dan wahamnya ngak muncul..hahahaha. diagnosaku pun dibenarkan. ^^. lumayan banyak yang ditanya mengenai status pasien..huhuhu…….
dan well, masuklah dipertanyaan2 pamungkas..obat2an.. haduh.. nih kepala dah puyeng banget.. sering kebalik dosis obat yang satu dan yang lainnya.. haduh.. sediaannya juga….. huah…pusing deh. yang sering dipake aja yang bisa dijawab. yang laennya.. tebak2 berhadiah..hahaha.
diakhir pengujiannya dokternya malah nanya, ada yang mau ditanyakan.. hohoho.. jadilah saya dan kakak tandom saya bertanya panjang lebar. dari pada ditanya? hayoo plih mana. ujian kali ini serasa diskusi aja..hahaha. dapat ilmu lagi langsung dari pakar obat2an euy ^^

—–cerita di jiwa benar2 sudah BERAKHIR, tamat.
dan sekarang… LIBUR!!!!! asyiknya.. nyam.. nyam.. nyam..
4 hari libur sebelum masuk saraf….hmm.. harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.. ^^

last, Special thanks to:
leily dan kak dila.. wah.. kalian berdua adalah sahabat yang sangat baik. benar-benar bisa diandalkan.. sampai dijuluki trias Bone..hehehe..
kak elango..makasih dah sering2 beliin cemilan lumpia dan nasi kuning waktu di meranti ^^. makasih tadi diberi semangat waktu mau ujian..hehehe.. oia, janji martabak india nya ditunggu πŸ˜€ πŸ˜€
kak rum.. thanks dah ditemani menganamnese pasien2 ujianku..hoho.. the big boy. semua pasien takut ma dia..
muiz… you are the best parner.. hoho.. jadi perner referat dan status banar2 menyenangkan.. saling menyemangati ^^
kak kia.. parner tandom ujian..hoho.. penuh perjuangan banget.. sampai bisa ujian..ingat waktu kesasar ke tempat prakteknya dokter..hahaha..
kak rima.. terima kasih optimismenya.. banyak belajar buat optimis dari kak rima…
teman2 yang lain.. we did it.. ^^
(buat yang masih ujian besok..hehehe.. .kak dila, kak kiki, kak hikmah.. semangat^^)
dan residen-residen yang selalu memberi kami diskusi. makasih ilmunya dok. makasih semangatnya juga.. ^^
my supervisor yang sudah membimbing kami usai pengundian.. mengajari kami karakter2 penguji kami. saya dan muiz. dua orang dari sekian banyak orang yang mendapat tenteran langsung dari supervisor..hehehe.. ^^

-jiwa. punya cerita sendiri-
26 Oktober 2009

Iklan

23 thoughts on “[Koas Jiwa] Catatan Akhir Stase Ilmu Kedokteran Jiwa (IKJ)

  1. 12 kah?? saya kok itungnya lagi 13. hehehe.
    tunggu dulu. tingkat 1 sisa : saraf, interna, radio, anak, kulit
    tingkat 2 : forensik, anestesi, kardio, mata, tht. ikm, bedah, obgin.

    tuh..kan 13. pasti lupa hitung koas kardiologi.. hehehe. iya.. beberapa fk tidak ada koas kardionya. kita ada, soalnya ada CARDIAC centre ta' ^^

  2. jangan mi bede' kasih ingat lagi-lagi nya koas..hehehe. stres sendiri ka' nanti.. jalani mi saja…^^

    haduh, nda bisaka bayangkan bisa lolos dari stase forensik..huhu.. fobia mayat ka masalahnya.. πŸ˜€ πŸ˜€ kalo rame2 nda masalah *kayak lab anatomi..
    tapi kalo jaga.. trus harus visum sendiri atau 2 orang.. kyaaaaaaaaa'… nda berani ka..hehehe

    ajarka nanti cara berhadapan dengan mayat yang baik dan benar nah..hahaha

  3. IKJ ini Ilmu Kedokteran Jiwa apa Institut Kesenian Jiwa..hahha..banyak hiburan,coy..kayakx agak salah strategi nih,kita..harusx ambil Jiwa terakhir di Tingkat 1,bwt refreshing…wkwkwk

  4. justru saya merasa beruntung sekali jiwa jadi bagian pertama.. jiwa benar-benar mengajarkan saya banyak hal tentang hidup. arti hidup. seberapa berharganya hidup itu.seberapa kerasnya hidup itu. semoga bisa berguna dibagian-bagian selanjutnya……. πŸ™‚

    dan yang pasti, jiwa mengajarkan kita untuk tidak stres dan tidak putus asa dalam mengahadapi persoalan hidup, kesulitan, kesusahan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s