[Koas Jiwa] catatan akhir minggu I Jiwa

Minggu I akhirnya berakhir juga… dan wow, Amazing.. saya masih hidup. saya masih bernafas. saya masih bisa berpikir jernih. tak ada hendaya, tak ada waham, tak ada ilusi, tak ada halusinasi.. YES, saya masih NORMAAAAAAAAL!!!!!
yah.. minggu I memang minggu yang sangat melelahkan.. sebenarnya minggu I ini belum berakhir. Ahad pagi besok masih harus jaga.. ayayayyayaya…  siap-siap dengar suara TOK..TOK..TOK lagi deh! yup, tapi tenang aja.. saya sengaja merequest jaga pagi dihari ahad supaya masih segar…hehehe..ngak bakalan sengantuk waktu jaga pertama itu kok.. walaupun harus melewatkan film2 kartun pagi.. nda masalah 😀
Oh iya, katanya kalo hari ahad, pasien jarang masuk kok.. biasanya yang banyak tuh keluarga pasien yang datang berkunjung.. dan rencananya memang besok pagi juga saya dan lely mau mencari 2 pasien Psikotik untuk dijadikan case report..hehe.. sambil menyelam buang air (ups.. maksudnya minum air.. itu pepatah yang disampaikan salah satu pasien bangsal yg bikin kami tertawa minta ampun..hoho..kok jadi ingat itu yah ^^)

1 minggu dibagian jiwa rasanya seperti berbulan-bulan.. huah.. jam itu berdetak sangat lambat sekali.. benar-benar melelahkan..
hari pertama masih asyik-asyik saja.. baru pre test, kuliah pendahuluan dan adaptasi
hari kedua dapat dinas stase di bangsal pasien perempuan.. lumayan santai.. cuman nge-follow up pasien baru pindah dari UGD dan auto anamnesis.. menyesuaikan alloanamensisnya saja.. trus diskusi dengan dokter residen dinasnya..
datang jam 7 pulang jam 2 siang.. oia, sempat ikut 2 pembacaan juga.. seru2.. banyak dapat ilmu.. terutama soal obat2 psikotropika.. ^^
hari ketiga masih dinas di bangsal pasien perempuan lagi.. yah.. nge-followup lagi.. abis itu ikut tes MMPI.. huah…. PUSIIIIIIING. soalnya 500 nomor lebih!!!! huhuhu.. sampai pegal nih mata bacanya… dan hasil tesnya.. WOW, amazing.. hehe.. mendapat pujian dari dokter konsulnya karena kejujuran saya dalam menjawab tes itu 😀 😀 :D. yup, cuman saya dan satu orang lagi yang validitasnya tak diragukan.. menjawab apa adanya dan tidak berusaha menunjukkan kesan yang baik dalam tes..hehe.. itu kata dokternya. maklumlah, banyak teman2 yang sengaja milih yang jawaban yang baik-baik supaya hasil tesnya bagus.. ngak ada gangguan kepribadian gitu.. hoho.. atau dinilai ada gangguan jiwa..hehe.. hari ini dapat jaga pertama. jaga siang.. dari jam 2 siang sampai jam 9 malam.. huoh.. buset.. ngantuk banget deh…. tapi untungnya jaganya sama muiz.. muiz ini katanya  terkenal sebangai “penghalau pasein”.. ada aura2nya gitu (hoho..ga mungkin percaya lah.. tapi ngak papa buat seru2an :D) artinya kalo dia jaga dijamin ngak ada pasien mau datang..hehe.. dan memang terbukti waktu jaga ma dia cuman ada 1 pasien..hehe… ^^
hari ketiga dipindahkan dinas di UGD Mahoni.. UGD nya pasien pria…. huoooooooh…. gila! nih UGD kotor dan bau banget deh.. hueh.. ngak tahan.. ya.. tapi mau gimana lagi.. diteriman-diterima 😀 stasenya sama lely dan kak dila lagi ditambah senior minggu 4 kak wadi dan kak ade. di UGD benar-benar tak sesantai waktu dinas dibangsal..huhu… pasien silih berganti.. followup tiap jam atau 3 jam.. penuh dengan manusia2 aneh bin ajaib deh.. dikit-dikit “dok minta ka rokok”.. atau “belikanka rokok”..atau “mintaka uangta mauka beli rokok”. ayayaya.. belum lagi ada 2 pasien yang diinfus dan kondisinya sangat meprihatinkan.. kuruuuuuus banget..cuman tulang2 gitu.. pasien narkoba! yang satu pasien narapidana karena membunuh adik tirinya…wuih.. hari ini juga jaga malam.. dari jam 9 malam sampe jam 7.30.. wuih,.. kedatangan pasien jam 2 malam.. dan ngefollow up pasien infus jam 12 malam, 3 pagi dan 6 pagi. semalaman ngak bobo..hehe… ^^
hari keempat
masih stase di UGD.. hari ini sering kabur2 dari UGD.. maklumlah harus mencari dokter supervisor.. pembimbing refarat.. udah hari kempat tapi belum dapat judul refarat.. teman2 yang lain udah dapat.. dan pas ketemu..huhu.. katanya judulnya dikasih setelah report casenya selesai…hiks.. berat!> padahal refaratkan bisa dikerja nyicil2 gitu..huhu.. mana mungkin refarat jadi dalam seminggu..huah.. sabar2..
hari kelima.. masih stase di UGD..hiks.. rasanya benar-benar tak tahan dinas disini… yah.. tapi cukup terhibur dengan beberapa pasien..hehe. kalo udah capek atau penat biasanya kami tinggal suruh aja pasien baut nyanyi.. atau azan atau shalawat..hihi.. oia, hari ini juga kami kedatangan pasien yang rese’ banget deh.. suka MA CALLA’ (suka ngejek-ngejek orang gitu).. macem-macem deh ejekannya “dok, sebenarnya dokter manis, sayang tidak cantik”.. atau “dok, matanya kok jelek gitu” atau waktu ngejek dokter residen.. “dokter cina, dok, sebenarnya dokter cantik, tapi kalo saya disuruh memilih.. lebih baik tak punya istri kayak dokter”…huoh.. rese’ banget kan.. rasanya mau menghajarnya saja.. mulutnya itu loh.. ngak berhenti ngomong.. bawelnya minta ampun.. pa lagi suka ngejek pasien2 yang lain juga..bilang2in mereka gila..belum lagi suka memukul..dan jadilah dia sebagai kepala suku di UGD situ.. oia, UGD disini seperti kayak bangsal juga.. ada teralis-teralis kayak penjara.. naih pasien pa calla’ itu suka banget nongkrong didepan pintu.. atau pukul-pukul pintu.. bikin kaget2 aja deh.. pa lagi waktu lagi follow up pasien lain..eh dia malah nendang tempat tidur roda yang bikin gaduh suasana di UGD..huhuhu..bikin kaget aja deh.. pengalaman tak terlupakan hari ini.. TERJEBAK DI UGD!!!!!!! hiks.. teman2 meniggalkan saya, dan mengunci pintu UGD..jadilah saya terjebak didalam ruangan pasien itu… berusaha stay cool dan ngak panik.. pasien2 disini kadang2 anarkis loh.. kemaren malam aja ada dokter yang ditonjok pasien disini..wuih.. sampai berbekas loh..untungnya 5 menit kemudian ada perawat yang ngedengar saya ketok-ketok dan membukanya..hiks-hiks.. kapok!!!!!!! ngak mau followup sendiri lagi!!!!!!!!!!
(oia, hari ini dokter pembimbing refarat nyari kami dan memberi kami judul refarat.. saya dapat “efek samping obat-obat antipsikotik”.. Alhamdulillah.. judulnya ngak susah-susah banget….makasih!!!)
hari keenam. pasien Pa calla’ itu kabur!!!!! wuih.. terali ruang pasien dibobol..wow. gila banget tuh orang…..hehe.. dan benar-benar terasa sepi juga ngak ada pasien pa calla’ itu.. hehehe.. secara, pasien itu juga suka nyanyi2 ngak karuan,.. kayak radio rusak.. misalnya “dok..dok.. ada apa dimata ta??” saya lalu ngucek2 mata, memang ada apa sih?? pasien itu lalu bernyanyi.. “ada pelangi di kedua bola mata mu.. ….”.. hohoho.. menjengkelkan sekali bukan..
oia, hari sabtu adalah hari terakhir dinas di UGD Mahoni. sekaligus hari diskusi dan penilaian 2 minggu..wuih.. di respon bo!!! lely direspon soal skizofrenia, k dilla di respon soal gangguan psikotik lainnya.. dan saya direspon soal OBAAAAAAAAT!! huhu.. pertanyaan nya susah banget.. untungnya sempat negrja2 refarat yang soal efek samping obat anti psikotik.. yah.. lumayanlah bisa menjawab dari ingat2 jangka pendek itu.. dan Finaly.. kami semua dapat A..hehe…..minggu I ini benar2 terlewati dengan baik ^^

minggu depan akan dinas di poli jiwa RSUP Wahidin..minggu II mungkin akan jadi minggu yang berat.. harus nyelesaikan 3 laporan kasus dan refarat.. blum lagi diskusi2 dengan residen pembimbing soal keduanya itu.. blum lagi harus ngikut pembacaan di RS Dadi.. waduh, harus bolak balik WS Dadi nih.. jaraknya kan jauh banget.. bisa makan waktu 1 jaman tuh..yah..ngak papa. setidaknya ada junior minggu I lah…hehe……bisa ngerequest hari jaga yang bagus nih 😀 😀 😀

Jiwa benar2 membuatku harus jadi manusia paling sabar….huhu.. pasien2nya itu loh..wuih.. ngak tahan.. ada pasien ekshibisionisme, ada pasien dengan gangguan waham menetap.. (waham curiga).. yang pas mau ditensi dikiranya kita mau bunuh dia.. atau pas ngasih obat dikiranya mau diracuni.. ada paisen skizoafektif.. yang suka nyanyi-nyanyi..huhu.. kalo suaranya bagus sih ngak masalah.. kalo volumenya udah besar trus suaranya jeleknya minta ampun..huoh.. sapa yang tahan.. ada pasien yang suka negludahin kita… hiks.. pasrah2. (makanya bawa jas cadangan yah!! hehe)..ada pasien yang selalu mau diajak ngomong terus…ada pasien yang ngak bisa tenang kalo ngak merokok, jadilah saya memberikannya permen pengganti rokok..hehe. ada pasien yang ngak berhenti maksa buat ditelpon keluarganya kalo liat kita lagi maen HP.. sampe teriak2 maksa.. (makanya jangan maen HP didepan pasien yah.. oia, kak dila smpat direbut HPnya waktu lagi followup di bangsal..hihi.. lucu banget deh tuh pasien.. aps dapat tuh HP.. lagsung ngomong ngak karuan.. padahal ngak nyambung.. :D)
trus pengalaman yang menghebohkan waku jaga malam dan nerima pasien wanita jam 2 malam.. tuh pasien tenang2 aja.. biasa2 aja.. dmasukkanlah dia diruangan pasien berterali.. pas waktu itu.. ada pasien wanita yang difiksasi karena suka ngamuk dan waktu itu lagi teriak2 kepanasan sambil nyanyi “panas-panas.. kipas-kipas..angin-angin”.. yah.. memang sih ngamuknya suka muncul kalo malam.. nah pasien baru ini tidur disebalahnya.. yup.. sepertinya sudah aman…wuih..tiba-tiba tuh pasien baru ngelepas ikatan pasien yang suka ngamuk itu..pas ikatannya dah lepas 1..tuh pasien baru dicekik dengan tasnya..wuih.. sumpah kaget banget.. saya dan teman jaga saya berlari2 keruang perawat..beuh.. buset.. tuh perawat lama banget buka pintunya…pokoknya cari orang yang bisa nolonglah..hebohlah 1 rumah sakit..setelah diikat kembali.. eh..tu pasien baru negbuka lagi ikatannya.. aduh!!!!! pusing… jadilah tu pasien baru di fiksasi juga.. soalnya dah 3 pasien dia buka ikatannya..untunglah yang ketiganya itu lagi tidur.. benar2 melelahkan ^^
blum lagi ada pasien yang mau lamar ku… huhuhu.. kenapa harus pasien sih.. kenapa bukan residen aja..hehehe... tuh pasien ngejengkelin banget.. huh, kalo bukan karena kata dokter yang mengharuskan kami menajwab omongan2 pasien dengan simpati..minimal ngeresponlah bicaranya.. pasti dah ku jitak tuh pasien..masa dia bilang gini..

P : *dari balik terali.dok2.. dokter yang ditengah, siapa nama ta??

aku : melongo? aku?? oh maya..

P : oh maya.. cantik ta dok

Aku : makasih ^^

P : ada rokok ta dok?

Aku : Gubrak! ternyata memuji karena ada maunya..huhu.. Ngak ada! mana ada perempuan merokok!!

P : Dok.dok. berapa sekarang uang pa’ naiknya perempuan kalo mau menikah?

Aku : *duh malas banget ngejawabnya… Tergantung wanitanya mau berapa..

P : kalo segini dok? *sambil mengangkat kedua tangannya.

Aku : 10 ribu? *jawab ngasal..hehe

P : 10 juta dok. bisa ji??

Aku : heh… terserah wanitanya kan..

P : kita, mauji kalo 10 juta??

Teman2 yg lain : wow, may, ada yang mau lamar kamu nih..hohoho..

Aku : Gubrak!!cukup buat beli apa yah 10 juta.. *mikir

Teman2 : BUAT BELI AQUA DOS MAY. wakakakaka

P : dok2. adami pacar ta kah dok??

Aku : ayayayaya…

Teman2 : may, jawab mi dengan jujur.. mumpung ada disini juga kak wadi.. sapa tau mau melamar juga kalo kau bilang belum ada..hehehe..

P : dok, maujiki jadi istri ku dok?

Aku.. *wah..tidak!!! berusaha stay cool.. manami istri ta kah pak??

P : ada ji dok dirumah..

Aku : buseeeet! nih pasien pantas masuk RS jiwa yah!

P : Dok, dimana rumah ta???

Aku : kenapakah tanya rumahku?

teman2 yg laen : may, mau datang melamar itu dirumahmu..hahahhaha.. *tertawa penuh kemenangan..

Aku : *kujawab pake alamat teman2ku itu.. hehe 😛 (cerdas kan gue!!!).. di jalan ini pak..

Teman2 : wuoh.. nih maya toh.. bukan pak!!!!!!!!! rumahnya disini.. eh ngak disana.. dibelakang rumah sakit dadi..

Aku : hehe.. iya pak di belakang rs dadi mi rumahku deh. malaska cari rumah2 yg lain..

P : menyanyikan lagi “melodi cinta”

Teman2 : swit2… may, dinyanyikan ki tawwa itu..hehehe.. terimami may..

Aku : huoh.. *tertidur.. lagunya shadu banget..hehe.. sayang suaranya berantakan.. ^^ mencari status pasien itu..

wuoh.. kasusnya tuh,  “….pernah melempari pengendara bermotor dengan batu dan mengajaknya berkelahi….” duh nih pasien mania yah?? diagnosis masih ganggguan psikotik non organik sih… hehe..

jiwa juga menjadikan hidupku berantakan..CATAT! hidup yah.. bukan pikiran (ntar aku terdiagnosis gangguan psikotik lagi…hehe).. yah.. makan tidak teratur, bobo tidak teratur, mandi tidak teratur, belajar tidak teratur.. ya..pokoknya ngak teraturlah semuanya. dinasnya disana sampe jam 2.. makanan ngak disediain.. (kalo disediaanin pun ngak bakal dimakan kok.. ^^ hilang selera deh kalo makan di UGD pria.. ^^) nah buat yang jaga di UGD wuih.. izin buat keluarnya itu susah banget.. jadilah kami makan setelah dinas.. jam 2.. hiks. lapeeeeer. mana makan pagi jarang banget. dah harus ada di Dadi jam 7.30 sih.. jarak rumah ku ke dadi bisa sampe 1 jam.. hiks2.. bobo tidak teratur.. tapi kalo dah pulang dinas.. liat tempat tidur pasti langsung mau bobo..hehe.. ^^ belajar tidak teratur.. ya.. belajarnya learning by doing aja deh.. banyak beredar teks book berjalan kok..hehe.

————-

itulah sekilas tentang catatan akhir minggu I. oia, ada satu yang kelupaan.. residen dan dokter2 Jiwa itu baik-baik semua loh.. huoh.. diatasnya malaikat deh.. masa kalo dah mau pulang residennya yang malah bilang “makasih yah dik” jarang banget kan.. trus dengan senang hati ngajar kami.. kasih nilainya juga keren banget.. dijamin ngak ada deh residen jiwa yang suka marah2.. mungkin dah belajar kali yah.. kalo marah2 pada mahasiswa itu bisa menyebabkan depresi dan juga bisa meyebabkan gangguan jiwa pada mahasiswanya..hehe.. beda banget dgan residen bagian lain.. ^^(kayak dah masuk bagian yang lain aja)

blum lagi perawat seniornya yang baiknya minta ampun.. yah.. dijiwa semua orangnya baik2 kok.. ku pikir cuman aku aja yang beruntung dapat supervisor+pembimbing+ dokter jaga yang baik.. pas tanya2 ke teman2 yang lain ternyata mereka juga bilang hal yang sama.. OK! kesimpulannya dokter jiwa itu BAIK-BAIK dan RAMAH-RAMAH…hehe.. ^^

satu lagi yang bikin beda residen jiwa dengan residen2 lainnya, kalo jaga, kami bobonya satu kamar dengan residen jaga loh.. bobo satu tempat tidur lagi. asyik banget deh pokoknya.. sebenarnya residen ada kamar residennya. tapi entah kenapa para residen lebih suka ngumpul2 dikamar koas..hehehe..ngak pernah sepi kali yah kalo dikamar koas ^^

NB : followup pasien jiwa itu selalin TNPS juga ngefollowup status mentalnya..:D 😀 satu pasien bisa sampe setengah jam.. ^^


oh iya dengan amat sangat menyesal akhirnya kuputuskan untuk  merubah siklus koas ku.. kumundurkan 1 minggu sebelum masuk stase saraf..hehehe.. suervisorku susah banget ditemui sih.. jangan sampe ujiannya bakalan terpending2 gitu.. semoga saja tidak.. bisa menyelesaikan stase ini tepat waktu jadi bisa istirahat 1 minggu deh.. dah ngak sabar libuuuur!
——–

3 oktober 2009

lagi memikirkan laporan kasus.. hiks, adakah relawan yang mau jadi pasien observasi saya???

Iklan

10 thoughts on “[Koas Jiwa] catatan akhir minggu I Jiwa

  1. luar biasa apa nya ini?? ceritanya yah??? hehehe… ^^ lagi stress ini.. 2 case reprot ku harus dikumpul hari senin. makanya ngenet dulu.. ngak boleh stress ntar jadi pasien jiwa.. ngak mauuuuuuuuu….
    hihi….

    btw, ujiannya tadi gimana?? sukses ji?? hehehe.. pasti sukses dunk.. ^^
    sky sejak kapan sih remedial…hehe.. btw, hotel ambacang yang dipadang bukan hotel tempatnya kalian nginap waktu munas mukernas bpn ismki yah???

  2. iya dani.. benar2 menegangkan menghadapi pasien2 kelainan jiwa. tingkahnya benar2 tak tertebak.. diliat tenang2 aja.. eh.. tiba2 ngamuk2 gitu..huhuhu..mengerikan deh pokoknya.. ^^ ngeliat pasien mondar-mandir juga aneh.. mondar-mandirnya berpola sih..hihi.. ^^

  3. hohoho.. malas asyik loh.. dia kan ngak ngerti.. di jamin ngak bakalan masukkan di hati…hehehe.. jadi kalo mau marah ke RSJ aja…. cari pasien skizofrenia katatonik saja…marah2 sampe muntah2 juga ngak bakalan di mengerti…hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s