Catatan Hari Pertama : Ko-Ass Ilmu Kedokteran Jiwa

Jiwa akhirnya terpilih sebagai bagian pertama ku di dunia Ko-As. Sebenarnya banyak pertimbangan kenapa akhirnya memutuskan memilih bagian ini untuk jadi yang pertama. kan kata orang-orang yang pertama yang spesial dan tak terlupakan lah.. hehe.. jadi bagian pertama harus bagian yang spesial ^^
sebenarnya memilih bagian ini ada beberapa alasan.

pertama. dr. FERDIRIVA di buku “Catatan Dodol Calon Dokter”nya bagian pertamanya juga jiwa..hehe.dan ceritanya yang paling seru memang yang bagian jiwa..
*tenang saja, saya ngak fobia skizofrenia kok.. walau waktu kecil sering ditakut2i kalo ngak mau makan juga..hehe
kedua. karena jiwa jaganya ngak banyak-banyak banget.. ngak terlalu berat katanya. lumayan2.
ketiga. karena katanya masuk dibagian jiwa mau tak mau harus dipaksa “empati” sama pasien. sesuatu yang kadang dilupakan dokter. dijiwa, kita bakalan diajar jadi pendengar setia. bahkan setiaaa banget..hehe.. sampe 10 jam pun tuh pasien ngak bakalan berhenti curhat. tapi ada juga kok pasien yg sama sekali ngak mau ngomong..huhu… jadi harus pintar-pintar memancingnya buat bicara banyak. modal penting untuk kebagian-bagian selanjutnya.
keempat. tidak ada pilihan lain! haha.. saya juga didaftarkan sama teman yang lagi online di siklus koas.. jadi diterima saja ^^

hari pertama Ko-Ass
Awal yang baik. saya menjadi orang pertama yang datang ke Rumah Sakit Dadi..hehe. Jam 7 disuruh kumpul, saya sudah ada jam 6.34. Amazing bukan.. hehe..^^ dan disusul 2 sahabat saya, laily dan kak dilla yang mendaftarkan saya di Jiwa ini 😀
Sempat bingung sih karena ini pertama kalinya kami menginjak rumah sakit jiwa. rencananya mau mencari ruangan buat melapor koas. kebetulan yang pegang surat pengantar dari akademik itu kak dila..
well, ketika jalan-jalan sudah ada yang menyapa kami “SELAMAT SIANG DOKTER!!!!”.. heh?? nih dah siang yah?? memang dah ada matahari gitu. tapi tak seberapa jika dibandingkan pas dibangsal kenari ada pasien yang menyapa kami “selamat MALAM dokter!”… hoho… sepertinya banyak pasien yang disorientasi waktu yah…hehe..
belum lagi mendengar puluhan nyanyian2 aneh mulai dari nyanyi nya DORAEMON sampai lagunya Michael Jakson.. hoho.. bahasa inggrisnya mantap.. kalah euy!
Well, setelah selesai melapor, ketemuan sama teman2 satu siklus 15 orang. kami mendapat pengarahan dari dokter.. beberapa peraturan dan kontrak belajar yang harus kami kerjakan. yah.. koas dijiwa ini memakai “JAGA 3” artinya dalam 1 minggu harus 3 kali jaga. ditambah COR (cor artinya jaga dari pagi-siang-malam ke pagi lagi..hehe^^). dan ada istilah ke “LUAR NEGERI” di minggu ke 4. (lur negeri artinya dinas di Rumah sakit diluar RSJ Dadi ini ). minggu 1 dan minggu 2 itu minggu dinas dan jaga. minggu 3 minggu dinas dan pembacaan 3 laporan kasus datmabah refarat. minggu keempat ujian deh.. ^^
 setelah mendapat pengarahan2.. Chief “kak Naim ” mengajak kami jalan-jalan. mulai dari tempat ngabsen. kuliah. poli. bangsal. UGD. dan beberapa tempat pasien yang sering “NGAMUK” dan diikat… untuk berhati2lah kalo keruangan itu..hehe.. ngak boleh sendiri katanya. setelah mengenal seluk beluk rumah sakit trus dikasih kuliah pendahuluan. nge Re-Fresh kembali pelajaran psikiatri.. tapi sebelum kuliah dimulai sempat ngobrol-ngobrol sama pasien yang ngakunya udah mendekati Normal..hoho.. pasiennya lucu banget.. banyak tebakan-tebakan dodol yang bikin kami semua GUBRAK! tapi kalo dpikir-pikir nih pasien cerdas juga loh..hehe… dan inilah beberapa kutipan tebakan kami yang teman-teman buat sebagai status..hehe.. sudah beredar luas di FB.
Pasien : Dok, apa bedanya engkau sama Ayem (I am maksudnya :D)
Dokter : heh? bedanya saya dengan ayam?? ya.. bedalah..
Pasien : Ayem dok. Ayem..
Dokter : *loading.. oh I’m.. mm… menyerah!
Pasien : kalo Engkau normal kalo Ayem mendekati normal
Dokter : %$#@&#

Pasien : dok, kucing kalo naek pohon apa nya yang tinggal??
Dokter : *jawab ngasal.. Nyawanya..
Pasien : ya..tinggal turun dunk dokter..
Dokter : hahaha.. tak terpikirkan.
Pasien : eh ralat dok, tinggal loncat ….

Pasien : dok.dokter kan pintar. sekarang pake logika yah!
Dokter : ok2. *nih pasien mau nguji yah??
Pasien : Pake logika yah.. yang mana cepat pesawat terbang atau kereta api??
Dokter : yah pesawat terbanglah.. *tersenyum penuh keyakinan.
Pasien : Salah dok. Kereta api. Logikanya saja, tuh kereta api merangkak jalannya dah cepat gimana kalo berdiri!
Dokter : *merasa jadi dokter paling bodoh..hohoho..

well, dari obrolan-obrolan kami dengan pasien itu.. ternyata pasien itu dulu orang yang sangat pintar., ngomongnya saja suka pake bahasa inggris..hehe.. sampe kami ngak percaya kalo dia pasien di RS ini. masih muda. umurnya sekitar 20 tahun. seumuranlah. ternyata dulu dia sudah lulus di UNM jurusan matematika tapi disuruh Omnya pindah kekendari kuliah.. stress lah dia. ditambah putus sama pacarnya..dia juga bilang waktu SMA kerjanya belajar terus. sampai dibilang teroris karena kalo belajar ngak pernah ribut.. (heh. bru tau kalo belajar ngak pake suara dibilang teroris yah???)… dan cerita pun ditutup ketika perawat mengharuskannya untuk istirahat..^^
oia, pasien itu smpat nyanyikan kami lagi “insyaflah wahai manusia kita hidup didunia…bla..bla..bla…….” 😀

setelah ngobrol-ngobrol dengan pasien yang lupa ditanyakan namanya(hohoho). ndak henti-hentinya teman-teman pada bikin status joke2nya itu. sebenarnya masih banyak joke2 jayusnya..haha.. cuman kalo ditulis semua ngak selese2 deh..hehe.. kami pun kuliah tentang beberapa penyakit2 psikotik.. abis itu ada pre tes deh.. sebenarnya ada tes MMPI.. tes kejiwaan untuk Koas baru. untuk mengetahui apakah koasnya ada gangguan jiwa atau tidak..hehe.. ngak lucukan kalo ternyata koasnya ada gangguan jiwa dan harus menangani pasien jiwa.. soalnya dah banyak koas yang dah jadi berstatus pasien di rumah sakit ini.. cuman tesnya ngak jadi hari ini.. buset, soalnya 500 nomor.. mana belum makan lagi.. dari pada ngisi asal.. dan hasilnya ngak diinginkan jadi besok pagi aja di kerjakannya..hehe.. ^^

oia, smpat ngobrol-ngobrol sama petugasnya juga yang ternyata mantan pasien..hehe.. (disana banyak petugas mantan pasien juga.. pantas sulit membedakan yg mana normal yg mana tidak.. :D) katanya tuh petugas tekenal dikalangan koas. dia selalu mencarikan koas-koas pasien untuk ujian.. sempat ngobrol-ngobrol horor juga..hehe. katanya beberapa waktu yg lalu ada pasien masuk karena dah membunuh seluruh anggota keluarganya 6 orang.. dan sekarang masih ada. (wow, buset deh)


*hari ini pulang jam 2 siang. besok baru jaga sampe jam 9 malam. besoknya lagi baru bermalam seharian di RSJ itu..trus hari minggu jaga lagi..minggu depannya bertugas di RSP Wahidin.. (kok jadi ajang lapor diri yah??? hehe.. supaya kalian tak mencariku.. dan merindukanku..hoho…aku kan ngangenin banget.. 😀 😀 :D)

280909
maaf..tulisannya berantakan begini.. buru-buru.. mau belajar dulu yah..besok dah mulai menangani pasien.. off dulu yah.. cepat belajar-cepat bobo..hehe.. bosok dah mulai jaga 😀
-no photo this day-

Iklan

19 thoughts on “Catatan Hari Pertama : Ko-Ass Ilmu Kedokteran Jiwa

  1. ya pasti ngak ada lah.. mana ada burung yang mau nongkrong-nongkrong lagi dengar ada suara tembakan.. pa lagi temannya 2 udah mati..huhuhu.. pasti dah kabur jauh tuh….. ^^

  2. kak nensa, kata pasien depresi berat yang kutanya soal teka-teki ini.. jawabannya tuh ngak ada.. soalnya masing-masing pasangan burung yang meninggal itu juga bunuh diri.. jadi sisa satu kan.. tapi tuh burung satu stress berat karena 4 temannya meninggal jadi dia bunuh diri juga….hehehehe.. jadi jawabanku benar dunk.. walaupun alasannya beda…hohoho…

  3. hohoho.. pasiennya dah pulang.. cuman rawat jalan aja…hehehe.. memang penting yah bunuh dirinya cara gimana?? kalo menurutku sih burungnya bunuh diri sama penembak nya aja……. supaya ngerasain sakit yg sama… kan sehidup semati….wakakakakak…

  4. donal duck dan desy duck!

    *ngotot

    miki mos itu kan tikus..
    soalnya kan burung bukan tikus..
    walopun donal duck itu bebek tapi masih sepupu satu kali sama burung kok..hehehe.. ^^

  5. haduuuuuh.. dah dibilang kayak donal duck dan desy duck.. masih aja ngotot ganti yang laen.. ckckckck..donal kan bebek yang bertindak dulu baru mikir. jadi kebawa perasaan pas desy mati. langsung bunuh diri. pas dah mati, donal baru mikir, kok aku bunuh diri yah??? padahal desy tuh ngak penting banget. cerewet, bawel, banyak maunya..*nyesal… hehehe.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s