[Koas Jiwa] TOK..TOK..TOK.. I hate this sound!

bilik merenung

JAGA PERTAMA DI RSJ DADI!!!!!!!


*di tengah ras kantuk yang amat sangat mendalam…
Tok..tok..tok…
Suster :Dok, Ada pasien baru…
Koas Minggu I : OK!!

Tok..tok..tok…
Koas Senior : De’… jangan lupa jam 6 followup pasien di UGD
Koas Minggu I : Iye’ kakak…pasti diingat kok.. *sambil menunduk manis

Tok…tok..tok..
Mantiri : Dok, Ada pasien mau pulang paksa..
Koas Minggu I : Iye2.. pak..tunggu saya telpon dokternya…

Tok..tok..tok..
pasien setengah normal : Dok, dokter.. minta kuenya dunk..
Koas Minggu I : Iye ambil mi tapi bukan kue ku..
Pasien setengah normal : Teh kotaknya juga dunk..
Koas Mingga I : Nda ada mi isinya..
Pasien setengah normal : Nda papa ji dok..
Koas Minggu I : oh iye ambil semua mi pale’ dengan keranjang sampahnya..
 
Tok..tok..tok..
mantan pasien : Dok, ini pesanan ta’.. fruit ti masih fresh..
Koas Minggu I : oh iye’ makasih….* tutup pintu
Mmantan pasien : dok, uang rokoknya mana?
Koas MInggu I : Eh lupa! Ini ambil mi kembaliannya *Tau gini ku kasih uang pas saja deh..huhu

Tok..tok..tok..
Pasien Bangsal  : Dok, minta uangnya dunk..
Koas Minggu I : aduh habis mi uangku beli fru ti sama uang rokok.. minta mi sama temannya yg tadi ketok pintu kloter sebelumnya…

Tok..tok..tok..
Koas MInggu I : Apa??? tidak ada mi kasian uangku!!!!
Pasien nyaris normal : Dok, tolong nyalakan airnya!
Koas Minggu I : Ups.. maaf.. ok deh..
(NB : Pompa air ada dikamar koas.. jadi kalo air kamar mandi habis.. harus dinyalakan di kamar koas.. )

Tok…tok..tok.
Koas mInggu I : Nyalami airnya kasiiiiiiiiiiiiiiaaaaaaaaaan..
Pasien nyaris normal yg lain : Masih ada kue ta dok??
Koas Minggu I : Ini 3 biji kue terakhir. habis mi. ambil mi .jangan mi ketok2 nah..

Tok..tok..tok..
Koas Minggu I : *membuka pintu sambil menangis.. Ampun ma kasian.. apa lagi dah otw bobo ma ini…..
Pasien skizo : maen pocong-pocongan yuk dok..
Koas mInggu I : TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK!!! Oh My GOOOOOOOD.. apa salah dan dosaku kasiaaaaaaaaaaaaan!!!!!!!!!
* berlari mengambil telpon lalu menelpon residen jaga..
DOKTEEEEEEEEEEEEEER minta anti depresaaaaaaaaaannnnnnya DOK!!!!!!

-290909- 14.00-end
-koas minggu I jiwa jaga hari ini: maya, ka dilla , muiz-

Catatan Hari Pertama : Ko-Ass Ilmu Kedokteran Jiwa

Jiwa akhirnya terpilih sebagai bagian pertama ku di dunia Ko-As. Sebenarnya banyak pertimbangan kenapa akhirnya memutuskan memilih bagian ini untuk jadi yang pertama. kan kata orang-orang yang pertama yang spesial dan tak terlupakan lah.. hehe.. jadi bagian pertama harus bagian yang spesial ^^
sebenarnya memilih bagian ini ada beberapa alasan.

pertama. dr. FERDIRIVA di buku “Catatan Dodol Calon Dokter”nya bagian pertamanya juga jiwa..hehe.dan ceritanya yang paling seru memang yang bagian jiwa..
*tenang saja, saya ngak fobia skizofrenia kok.. walau waktu kecil sering ditakut2i kalo ngak mau makan juga..hehe
kedua. karena jiwa jaganya ngak banyak-banyak banget.. ngak terlalu berat katanya. lumayan2.
ketiga. karena katanya masuk dibagian jiwa mau tak mau harus dipaksa “empati” sama pasien. sesuatu yang kadang dilupakan dokter. dijiwa, kita bakalan diajar jadi pendengar setia. bahkan setiaaa banget..hehe.. sampe 10 jam pun tuh pasien ngak bakalan berhenti curhat. tapi ada juga kok pasien yg sama sekali ngak mau ngomong..huhu… jadi harus pintar-pintar memancingnya buat bicara banyak. modal penting untuk kebagian-bagian selanjutnya.
keempat. tidak ada pilihan lain! haha.. saya juga didaftarkan sama teman yang lagi online di siklus koas.. jadi diterima saja ^^

hari pertama Ko-Ass
Awal yang baik. saya menjadi orang pertama yang datang ke Rumah Sakit Dadi..hehe. Jam 7 disuruh kumpul, saya sudah ada jam 6.34. Amazing bukan.. hehe..^^ dan disusul 2 sahabat saya, laily dan kak dilla yang mendaftarkan saya di Jiwa ini 😀
Sempat bingung sih karena ini pertama kalinya kami menginjak rumah sakit jiwa. rencananya mau mencari ruangan buat melapor koas. kebetulan yang pegang surat pengantar dari akademik itu kak dila..
well, ketika jalan-jalan sudah ada yang menyapa kami “SELAMAT SIANG DOKTER!!!!”.. heh?? nih dah siang yah?? memang dah ada matahari gitu. tapi tak seberapa jika dibandingkan pas dibangsal kenari ada pasien yang menyapa kami “selamat MALAM dokter!”… hoho… sepertinya banyak pasien yang disorientasi waktu yah…hehe..
belum lagi mendengar puluhan nyanyian2 aneh mulai dari nyanyi nya DORAEMON sampai lagunya Michael Jakson.. hoho.. bahasa inggrisnya mantap.. kalah euy!
Well, setelah selesai melapor, ketemuan sama teman2 satu siklus 15 orang. kami mendapat pengarahan dari dokter.. beberapa peraturan dan kontrak belajar yang harus kami kerjakan. yah.. koas dijiwa ini memakai “JAGA 3” artinya dalam 1 minggu harus 3 kali jaga. ditambah COR (cor artinya jaga dari pagi-siang-malam ke pagi lagi..hehe^^). dan ada istilah ke “LUAR NEGERI” di minggu ke 4. (lur negeri artinya dinas di Rumah sakit diluar RSJ Dadi ini ). minggu 1 dan minggu 2 itu minggu dinas dan jaga. minggu 3 minggu dinas dan pembacaan 3 laporan kasus datmabah refarat. minggu keempat ujian deh.. ^^
 setelah mendapat pengarahan2.. Chief “kak Naim ” mengajak kami jalan-jalan. mulai dari tempat ngabsen. kuliah. poli. bangsal. UGD. dan beberapa tempat pasien yang sering “NGAMUK” dan diikat… untuk berhati2lah kalo keruangan itu..hehe.. ngak boleh sendiri katanya. setelah mengenal seluk beluk rumah sakit trus dikasih kuliah pendahuluan. nge Re-Fresh kembali pelajaran psikiatri.. tapi sebelum kuliah dimulai sempat ngobrol-ngobrol sama pasien yang ngakunya udah mendekati Normal..hoho.. pasiennya lucu banget.. banyak tebakan-tebakan dodol yang bikin kami semua GUBRAK! tapi kalo dpikir-pikir nih pasien cerdas juga loh..hehe… dan inilah beberapa kutipan tebakan kami yang teman-teman buat sebagai status..hehe.. sudah beredar luas di FB.
Pasien : Dok, apa bedanya engkau sama Ayem (I am maksudnya :D)
Dokter : heh? bedanya saya dengan ayam?? ya.. bedalah..
Pasien : Ayem dok. Ayem..
Dokter : *loading.. oh I’m.. mm… menyerah!
Pasien : kalo Engkau normal kalo Ayem mendekati normal
Dokter : %$#@&#

Pasien : dok, kucing kalo naek pohon apa nya yang tinggal??
Dokter : *jawab ngasal.. Nyawanya..
Pasien : ya..tinggal turun dunk dokter..
Dokter : hahaha.. tak terpikirkan.
Pasien : eh ralat dok, tinggal loncat ….

Pasien : dok.dokter kan pintar. sekarang pake logika yah!
Dokter : ok2. *nih pasien mau nguji yah??
Pasien : Pake logika yah.. yang mana cepat pesawat terbang atau kereta api??
Dokter : yah pesawat terbanglah.. *tersenyum penuh keyakinan.
Pasien : Salah dok. Kereta api. Logikanya saja, tuh kereta api merangkak jalannya dah cepat gimana kalo berdiri!
Dokter : *merasa jadi dokter paling bodoh..hohoho..

well, dari obrolan-obrolan kami dengan pasien itu.. ternyata pasien itu dulu orang yang sangat pintar., ngomongnya saja suka pake bahasa inggris..hehe.. sampe kami ngak percaya kalo dia pasien di RS ini. masih muda. umurnya sekitar 20 tahun. seumuranlah. ternyata dulu dia sudah lulus di UNM jurusan matematika tapi disuruh Omnya pindah kekendari kuliah.. stress lah dia. ditambah putus sama pacarnya..dia juga bilang waktu SMA kerjanya belajar terus. sampai dibilang teroris karena kalo belajar ngak pernah ribut.. (heh. bru tau kalo belajar ngak pake suara dibilang teroris yah???)… dan cerita pun ditutup ketika perawat mengharuskannya untuk istirahat..^^
oia, pasien itu smpat nyanyikan kami lagi “insyaflah wahai manusia kita hidup didunia…bla..bla..bla…….” 😀

setelah ngobrol-ngobrol dengan pasien yang lupa ditanyakan namanya(hohoho). ndak henti-hentinya teman-teman pada bikin status joke2nya itu. sebenarnya masih banyak joke2 jayusnya..haha.. cuman kalo ditulis semua ngak selese2 deh..hehe.. kami pun kuliah tentang beberapa penyakit2 psikotik.. abis itu ada pre tes deh.. sebenarnya ada tes MMPI.. tes kejiwaan untuk Koas baru. untuk mengetahui apakah koasnya ada gangguan jiwa atau tidak..hehe.. ngak lucukan kalo ternyata koasnya ada gangguan jiwa dan harus menangani pasien jiwa.. soalnya dah banyak koas yang dah jadi berstatus pasien di rumah sakit ini.. cuman tesnya ngak jadi hari ini.. buset, soalnya 500 nomor.. mana belum makan lagi.. dari pada ngisi asal.. dan hasilnya ngak diinginkan jadi besok pagi aja di kerjakannya..hehe.. ^^

oia, smpat ngobrol-ngobrol sama petugasnya juga yang ternyata mantan pasien..hehe.. (disana banyak petugas mantan pasien juga.. pantas sulit membedakan yg mana normal yg mana tidak.. :D) katanya tuh petugas tekenal dikalangan koas. dia selalu mencarikan koas-koas pasien untuk ujian.. sempat ngobrol-ngobrol horor juga..hehe. katanya beberapa waktu yg lalu ada pasien masuk karena dah membunuh seluruh anggota keluarganya 6 orang.. dan sekarang masih ada. (wow, buset deh)


*hari ini pulang jam 2 siang. besok baru jaga sampe jam 9 malam. besoknya lagi baru bermalam seharian di RSJ itu..trus hari minggu jaga lagi..minggu depannya bertugas di RSP Wahidin.. (kok jadi ajang lapor diri yah??? hehe.. supaya kalian tak mencariku.. dan merindukanku..hoho…aku kan ngangenin banget.. 😀 😀 :D)

280909
maaf..tulisannya berantakan begini.. buru-buru.. mau belajar dulu yah..besok dah mulai menangani pasien.. off dulu yah.. cepat belajar-cepat bobo..hehe.. bosok dah mulai jaga 😀
-no photo this day-

KOAS ???

Waaaaaaah ……tidak! liburan sepertinya membuat saya disorientasi waktu!!!!!!!! sekarang tanggal 24 yah??? (pasti benar.. secara, saya sudah nge cek nya 5 kali..^^) Wah.. artinya 3 hari lagi saya akan memasuki dunia baru yang bernama KOAS!!!! one step closer untuk menjadi seorang dokter 😦 (ups.. salah ikon.. harusnya ikon gini nih.. 😀 😀 😀 :D)
3 hari lagi!!!!!!!!!
dan sampai sekarang persiapan belum ada!!! satu-satu nya hal yang baru saya miliki adalah.. JAS KOAS!!! itupun hanya 1 biji..(kalo waktu yudisium tak mengharuskan pake jas koas, pasti sampai detik ini saya belum memilikinya…haha :D)oh NO.. selama liburan ini saya ngapain saja yah???
banyak hal yang HARUS saya lakukan.. mulai dari..
-JAS KOAS yang harus digandakan.. hoho. ngak lucukan saya cuman punya 1 jas.. kalo kena darah gimana?? atau kena lendir pasien TB??
nah, sekarang pertanyaannya ada ngak yah tukang jahit yang mau bikin jas koas dalam 2 hari??? huaft.. sepertinya buat planning B saja..  mm.. ya udah tuh jas koas satu dipake tiap hari aja..hehehe.. sampai nunggu kembarnya jadi!
(masalah selesai! saya cerdas kan???)
– Alat! huah.. saya belum hunting alat.. stetoskop merek ligman (buset! kenapa harus merek ini sih.. MAHAL bo!), spigmo aneroid (waktu KKN rusak!), termometer (dipecahin ma anaknya pak desa waktu KKN), pen light (memang ngak punya..)
hmm..sepertinya besok harus huntingnya.. soalnya toko2 alat kedokteran tutup hari minggu. OK.besok.besok.besok.
– Buku PPDGJ, panduan psikiatri, dan penggunaan klinis obat psikotropik.. (buku wajib selama Koas di Jiwa)
huntingnya bareng alat aja..hehe..
masalah selesai.. 😀
– Rok2 dan Kemeja2 baru.. bukan karena mau koas jadi harus pake baju baru yah..hehe.. sebenarnya saya malu (sebenarnya SEMANGAT..hehe) mengatakannya.. tapi.. huah.. berat badan saya ternyata naek
4 kilo selama KKN dan Puasa. semua pakaianku kekecilan..:D
kalo ini bisa sabtu atau minggu deh..hehe.. Mall pasti buka.. 😀
– VAKSIN HEPATITIS B! huah.. saya hampir melupakannya.. yang waktu disediain ma fakultas itu saya ngak ikut.. waktu itu lagi DEMAM berat jadinya yah.. vaksin di RS sendiri (dan biaya Sendiri!)…
kalo vaksin kayaknya harus besok juga deh…
– Nonton KCB.. aduh.. sebenarnya ini agenda paling amat sangat tidak penting. bisa merusak planning yang lain saja. ya.. tapi gimana. dah janji ma teman2 buat ikut meramaikn..huhu.. sabar2.. nuntun kan cuman 2 jam.. abis itu kabur aja ah..kan janjinya cuman nuntun..hehe..
Oh My God, sepertinya saya melupakan sesuatu……. BELAJAR!!!!!! huah.. dah mau masuk koas tapi belum pernah menyentuh sama sekali buku2 JIWA.. aduh..IKJ maramisku dimana lagi?? kaplan juga?? huah.. besok malam deh searching bukunya.. sepertinya sudah masuk gudang..hoho.. Psikiatrikan mata kuliah tahun kedua..
oia, teman2 yang sudah masuk Jiwa tanggal 14 dan 21 September bilang kalo ada PRE TESTnya..hoho.. I don’t like it!
——————————————————————————————
semoga semuanya bisa dimudahkan…….aduh sepertinya jumat sabtu minggu bakal jadi hari yang panjang….. Semangat Maya 😀 sebentar lagi akan memasuki dunia baru.. benar2 deg-degan banget..

hmm…mendengar cerita salah satu kakak senior yang kaos di Jiwa.. hari pertama sudah di teriaki “Dokter..Dokter.. Dokter.. ada alien mau Menculik saya.. tolong saya dokter”.. bikin deg-degan deh….
belum lagi pasien2 skizofrenia yang suka memberontak.. 
hiks (dah keringatan!)
sampai kakak itu bilang.. “makanya maya, waktu di Pre Klinik, masuk Ekskul Bela Diri Kempo.. kalo ada pasien Psikopat yang mau pukul maya.. kan maya bisa melawan..”

ngak usah dibahas lagi deh.. nih dah 3 hari udah mau Koas..hmm.. gimana yah cara menghadapi pasien2 seperti itu..
*berfikir dengan keras..

Wah.. saya punya ide..
kalo ada pasien yang kayak gini:
PAsien :*Teriak.. “Dokter Cantik. Dokter Cantik”
            Cling-Cling *sambil mengedipkan mata
Aku   : *sambil menodongkan pisau “apa kau bilang??DOKTER CANTIK???hah???
          saya memang cantik.. tapi ngak gini caranya.. kalo fans saya dengar
          bagaimana?? aduh.. pamor saya bisa turun.. DIAM!!!! jangan panggil
          saya DOKTER CANTIK.. cukup.. dokter manis imut lucu dan rupawan
          saja yah..*sambil megedipkan mata sebelah..
          kalo tidak..DEAD!*sambil menodongkan pisau lagi.. UNDERSTAND!!!

PERTANYAAN: yang stress nih dokternya atau pasiennya yah???????


Pesan2 sebelum Koas!

(kayak mau pergi jauh banget saja..haha)


buat adek2ku di Sinovia… saya ngak tau sesibuk apakah orang2 di KOAS.. tapi percaya deh.. kalo ada sesuatu yang mengharuskan saya ada ditempat itu karena Sinovia entah itu rapat atau acara-acara sino.. InsyaAllah.. kalo lagi kosong, ngak koas. atau lagi kaos tapi bisa lari.. pasti saya datang deh.. tak usah sungkan mencariku atau menghubungiku yah.. 😀
ngak masalah kok.. saya kan masih punya tanggung jawab di tempat itu..
Walau ada tawaran mau ditraktir nonton di bioskop, makan, dan cemilan pop cron unlimited, atau ada tawaran ngajak hunting foto bareng di suatu tempat yang indah, atau ada tawaran buat maen pilem, jadi foto model (hehe.. 2 terakhir ngak mungkin banget deh..) pasti saya akan memprioritaskan Sinovia kok..hehe.. walaupun acaranya sering telat.. yang membuatku harus menunggu lama.. tak ada makanan.. yang membuatku kelaparan.. tapi Sinovia bagiku segalanya…hehe.. jadi jangan segan untuk menyusahkanku yah 😀 😀 😀

buat MPers
wah.. saya ngak tau nih masih bisa berblog ria atau tidak.. saya kan ngak tau sesibuk apakah orang koas di Jiwa
 tapi diusahakan bakal upload kisah Koas hari pertama di Jiwa kok.. 😀
semoga bisa curi2 waktu deh.. buat ngenet.. hehe

Buat teman2 satu siklus..
-ely,kak dila, bjo,riani, gusriadi,k rima, k elanggo, k naim-
1 bulan bersama kalian.. semoga ada kenangan indah dari kebersamaan kita ini.. oia, sering2lah membawa kue pas jaga malam.. saya sering kelaparan kalo malam..haha.. ngak lucu kan kalo saya makan stetoskop kalian semua.. yang harga 800 ribu itu..wakaka..

Buat teman2 yang lain
Doakan saya bisa keluar dari Stase ini dengan selamat yah!! ngak ikut2an ngak waras juga…hehew… semoga ngak dibuntutin pasien maniak yang tergila2 sama saya yah… hehehe.. 

oh iya, sering2 juga yah menyemangati saya.. saya sering merasa bosan dengan hal yang itu2 saja.. =P

last, buat diriku sendiri :
“selamat berKOAS maya… semoga hari2ku bisa menyenangkan..” oh iya, jangan lupa sama pesannya kakak senior..”may, jangan mau digombal sama resinden yang cakep2.. pasti tuh residen dah punya anak istri.. cuman ngak mau bilang2.. bisa saja istrinya dah banyak.. jangan mau yah.. yah..yah…”


foto by Kak Ucie

Road to Rotterdam..

a connection

still remember..

can't reach

road to rotterdam 2

remember it!

black I white

road to rotterdam

boat

a true light

Wah, ternyata banyak yang belum pernah ke rotterdam yah??? jangankan jauh-jauh ke para sepupuku.. adik dan kakak ku saja tak pernah kesini…haha…
(saya baru tau kemaren..^^)

padahal ini tempat huntingan favoritnya para fotografer….. masih ada feel zaman2 belandanya sih….. benar2 serasa di zaman penjajahan gitu.. kok banyak yang ngak tertartik yah?? padahal masuknya gratis pula.. hehe.. (kalo dibandingkan dengan trans studio yang harus ngeluarin gocek 100 ribu.. mending ke sini aja deh :D)

jadilah hari kemarin ku habiskan bersama para ade’ sepupuku dan saudara2ku buat jalan2 disini…… mereka sibuk jalan-jalan liat sana sini.. saya sibuk motret2… 😀

dan ini hasil jepretan saya ^^
masih sangat kaku dan buruk sih.. angle nya juga masih payah..hehe.. maklumlah.. waktu itu banyak sekali orang.. jadi harus cari angle yang tak ada orangnya.. susah banget deh.. 😀

Bilik Kecil

bilik kecil


Bilik kecil ini menimbulkan keposesifan. Padahal tidak ada materi yang bisa dibanggakan dari ruang geometri tak jelas ini. Sebuah komputer tua yang sering hang, dua buah lemari buku hasil jarahan dan sebuah TV hasil klaim, hanya itu barang-barang yang bisa dijual dari bilik kecil ini. Tidak ada lagi yang lain. Tidak mungkin menjual AC rusak yang sudah menggantung dan mengotori bilik kecil pengap ini selama dua tahun terakhir. Walaupun ada rencana menjual, selalu saja urung dieksekusi karena baru membicarakannya saja, para penghuni bilik sudah merasa sakit mengingat semua kejahatan, kebasahan, kelembaban dan keapekan yang telah diperbuat AC tua itu. Kata salah satu penghuni,”biarkan saja dia di situ. Prestise. Untuk ukuran keindonesiaan, AC adalah barang mewah. Mungkin saja dia bisa membawa aura kemewahan di mata para tamu Indonesia”. Sebuah alasan mati untuk menyembunyikan rasa muak.

Tapi memang mengherankan. Bilik kecil ini bisa menimbulkan daya magis yang lebih kuat menarik dan mengikat terhadap penghuninya dibanding kawat gigi terhadap gigi. Padahal tidak ada upah yang didapat para penghuninya dari menjagai bilik tak berbentuk ini selain rasa pengap karena keringat dan panas tubuh. “Ini perkara di luar logika”, begitu jawab salah satu penghuni ketika ditanyai soal alasannya bertahan di bilik kecil.

Banyak hal di dunia ini yang berjalan di luar logika, terutama jika itu berkaitan dengan keposesifan. Tapi apa para penghuni bilik kecil itu tahu hal ini? Mereka tahu dan sangat menyadarinya, bahwa saat ini mereka sudah berjalan menjauhi realitas. Tapi mereka sudah tidak bisa lagi mundur. Ada sesuatu yang harus mereka tuntaskan namun tidak mungkin diputuskan tentang mereka terhadap bilik kecil ini. Kata orang-orang di zaman, batu masih jadi barang berharga, para penghuni bilik kecil itu tengah dimabuk cinta. Cinta pada bilik tak jelas.

Pasti ada sesuatu pada bilik itu yang membuat penghuninya jatuh cinta. Penulis bilang, itu kenangan. Nostalgia dengan masa lalu.

Nostalgia yang merekatkan generasi-generasi berbeda menjadi sebuah keutuhan di bilik kecil ini.

Penulis: Skydrugz (http://skydrugz.blogspot.com/2009/09/bilik-kecil.html)
—————————————————————————————–
Cukup kaget membaca postingan tentang “bilik kecil” kami ini. Sebuah postingan yang cukup blak-blakan dan apa adanya. Cukup mengagetkan juga karena penulisnya tak lain ada pimpinan redaksi sinovia periode ini.. salah satu penguasa bilik kecil ini juga..

Yah.. bilik kecil ini memang benar menimbulkan keposesifan. Gara-gara ingin mempertahankan bilik kecil ini juga saya sampai berkali-kali membuat perjanjian dengan senior-senior. Ya, ibaratnya, junior yang ingin menantang senior lah.. benar-benar bikin orang  jadi posesif saja..

Bilik kecil ini memang memiliki daya magis. ketika saya pertama kali memasuki ruangan ini.. ingin mengembalikan formulir itu ke ruangan ini, di formulir itu tertulis “formulir dapat dikembalikan di bilik kecil sinovia”.. jadilah saya dan sahabatku, laily.. mengendap-endap masuk diruangan ini..
Sepi.. itu kesan pertama yang saya rasakan ketika pertama menginjak ruangan itu. Sangat kontras dengan kondisi saat ini..

bilik kecil itu benar-benar menjadikan semangat bagiku untuk bisa jadi anggota sinovia.. dipikiranku mulai dipenuhi dengan mimpi-mimpi..
“andai saya bisa jadi anggota Sinovia, pasti ruangan ini akan menjadi milik saya juga. saya menemukan ruang peristirahatan ketika mulai penat dengan kondisi ruang kelas. ada komputer. sepertinya saya bisa internetan gratis di ruang itu. tak perlu lelah naik ke ruang CALL lagi di lantai 3. Ada koran baru. sepertinya kakak2 Sinovia berlangganan koran. wah, saya tak perlu beli koran lagi untuk mendapatkan info ter update. dan yang pasti ruangan ini berAC. membuatku takkan  kepanasan selama berada diruangan ini”

Di bilik kecil ini,penuh nostlagia dan kenangan.. saya  berkenalan dengan berbagai sosok.. mulai dari angaktan  93 sampai sekarang… nyaris semuanya orang-orang hebat. pembawa materi ketika  zaman pengkaderanku dulu..

Di bilik kecil ini, saya  merasakan kehangatan sebuah keluarga.. kakak-kakak yang teramat care pada kami. yang akan siap sedia membantu kami dalam segala hal. entah itu akademik atau maalah keorganisasian lainnya. kakak-kakak yang siap menenter kami  ketika akan ujian. yang akan meminjamkan kami diktat2 ketika akan memasuki blok baru. kakak-kakak yang akan dengan senang hati mengizinkan kami memakai print untuk tugas-tugas kami.

yah.. sangat wajar jika bilik kecil ini menimbulkan keposesifan..
membuat siapa saja ingin memilikinya….

teruntuk arif dan sky…
saya benar-benar minta maaf tak bisa mempertahankan bilik kecil ini..tak mampu menghadiahkan bilik kecil ini dalam kondisi yang indah.benar-benar payah, hanya bisa mewariskan bilik kecil dengan kondisi seperti saat ini.. bilik kecil yang panas, penuh dengan asap rokok, berantakan, hancur.tak terawat..

maaf tak bisa menciptakan kalian kenangan indah dengan bilik kecil ini.. 😦