GUNUUUUUNG!!!!! I’m Coming……….

Huafff…akhirnya tahu juga lokasi KKN saya.. hmm..berat, benar-benar tak sesuai dengan harapan.. hiks.

Saya dapat salah satu daerahdi kabupaten Bantaeng, di pegunungan nun jauh dimato aka desa Bonto Lojong, Puskesmas Loka..hoho.. ada yang pernah berkunjung didaerah ini???? give me some information about this village, please..

Awalnya, berharap banget dapat Kabupaten Takalar, udah dekat pantai… trus jarak takalar dan makassar yang kalo dikira-kira cuman 3 jaman paling lama.. kan bisa pulang pergi makassar gitu..asyik banget..tiap pagi ngejar matahari terbit.. yah..ngak papa deh  jadi hitam..ngak papa juga mandi dengan air payau..hahaha..hiks… pantai, I’m Sorry Good Bye..

Hmm..sudahlah..ngak ada yang perlu disesali.. maklumlah, waktu pembagian daerah dan teman seposko saya memang memilih tak mengurusnya.. saya sih, terserah dimana aja.. dan dengan siapa saja.. yah..ngalah dikit deh ma teman-teman yang ambil kelas khusus aka semester pendek buat lebih milih daerah Takalar karena bisa pulang balik gitu..
Mungkin sudah nasib juga, diriku selama 2 bulan harus “survive” di pengunungan..katanya dingiiiiiiin banget. lebih dingin dari malino (salah satu objek wisata di Sulsel) Tapi supervisornya bilang, pemandangannya indah banget.. ada kebun strawberinya. ada hutan pinusnya. dan ada air terjunnya.. huah.. asyik banget tuh.trus lokasinya dekat daerah wisata tempat outbond gitu.. asyik..bisa sekalian rekreasi nih..hehehe..^^
SMANGAT mode ON kembali..

Oia, dokternya bilang juga perjalanan disana lama banget..yah..6-8 jam gitu lah dari makassar. mana jalannya berkelok-kelok. huft..kemungkinan terburuk, akses untuk ke Makassar susah banget.. huoooh..padahal udah merencanakan sering-sering pulang ke makassar. Katanya akses satu-satunya cuman..mm..OJEK!!!!!!!!
dan kemungkinan terburuk kedua.. sinyal tak ada. argh… I HATE IT.. sanggupkah seorang maya hidup tanpa sinyal?? saksikan tayangan perdananya tanggal 4 juli 2009!!!

Well, ngak papa deh.. lagian juga teman-teman seposkoku baek2 semua loh. tadi udah ketemu. 3 dari FKM, 3 dari farmasi, 1 dari gigi, 2 dari Keperawatan, 3 dari Kedokteran. selamat datang keluarga kecilku selanjutnya..smoga KITA bisa jadi keluarga yg rukun slama 2 bulan kedepan.kalo bisa seterusnya hehehe.. Slamat buat Muh. Faizal aka Duta yang terpilih jadi kordinator desa (Kordes) kami.. yang rajin-rajin yah..hehehe

NB: dapat tugas dari kordes, jadi delegasi buat blajar SPSS..input2 data gitu..hiks..smangat maya..
NB lagi : ternyata kabupaten Bantaeng punya pantai juga yah..wah senangnya.. walaupun jauuuuuuuuuuh bunaget dari desa yang saya tempati..mmm..semoga ada waktu untuk bisa berkunjung kesana.. (yang dapat daerah pantai..calling2 nah..^^)

oia, nih sedikit literatur yang saya download dari Google mengenai kondisi kabupaten yang akan saya diami selama 2 bulan..dikopi paste aja yah..malas ngeditnya..hehehe…


Kabupaten Bantaeng adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kotanya ialah Kota Bantaeng. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 395,83 km² dan populasi ±150.000 jiwa.

Secara geografi Kabupaten Bantaeng terletak pada koordinat antara 5o 21’ 13” sampai 5o 35’ 26” Lintang Selatan dan 119o 51’ 42” sampai 120o 05’ 27” Bujur Timur.
Batas-batas Wilayah :
>> Sebelah Utara : Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bulukumba
>> Sebelah Selatan : Laut Flores
>> Sebelah Timur : Kabupaten Bulukumba
>> Sebelah Barat : Kabupaten Jeneponto
Kabupaten Bantaeng terletak di bagian selatan Sulawesi Selatan dengan jarak tempuh dari Kota Makassar sekitar 123 km dengan waktu tempuh antara 2,5 jam. Luas wilayahnya 395.83 km2. Beberapa objek wisata antara lain:


Permandian Alam Eremmerasa

Terletak di Desa Kampala, Kecamatan Ere merasa, sekitar 16 kilometer dan Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 30 menit, melewati jalan aspal dengan tanjakan yang sesekali berkelok.

Di sepanjang jalan, anda dapat menyaksikan rumah panggung berjejer di antara areal persawahan. Di sekitar permandian ini udaranya sejuk, dengan pemandangan alam berupa perbukitan yang ditumbuhi pohon dan tanaman berwarna hijau.
Di sini terdapat kolam renang sebanyak dua buah, masing masing untuk orang dewasa dan anak-anak. Kolam renang mi mempunyai sumber air dari pegunungan. Airnya jernih dan sejuk. Di dalam kolam renang itu, anda dapat melakukan kegiatan mandi dan lomba renang. Di antara dua kolam renang, terdapat sebuah panggung untuk pentas atau pertunjukan acara.
Di sekitar kolam renang, terdapat aliran air dan pegunungan mengalir di antara batu-batu dan membentuk air terjun kecil. Di bawah air terjun itu terdapat aliran air yang membentuk sungai kecil. Hati-hati, kalau anda ingin menyaksikan air terjun kecil ini. Anda harus melewati jalan kecil dengan tangga tanah.


Pantai Pasir Putih Korong Batu
Terletak di Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, sekitar 18 kilometer dan Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 30 menit, melewati jalan poros Bantaeng ke arah Kabupaten Bulukumba. Pantai pasir putih ini terletak tidak jauh dari jalan raya.

Pengunjung yang melakukan perjalanan ke sana dapat menggunakan sepeda motor atau mobil. Dari jalan raya, terdapat jalan setapak yang dapat dilewati oleh kendaraan bermotor. Jalan tanah yang sudah mengalami pengerasan ini jaraknya tak lebih dan 1 km dari jalan raya.
Di sini anda dapat melakukan kegiatan berjemur di pantai atau olahraga pantai. Mandi atau berendam di laut juga kegiatan yang mengasyikkan. Kalau anda ingin berlayar dengan perahu, di sepanjang pantai tersedia perahu nelayan yang dapat disewa untuk berkeliling di sepanjang pantai.


Air Terjun Bissapu

Terletak di Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, sekitar 5 kilometer dan Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 15 menit, melewati jalan aspal dengan tanjakan berkelok-kelok.
Perjalanan menuju ke sana sebaiknya dilakukan di waktu pagi atau sebelurn siang hari. Di sepanjang jalan, anda dapat merasakan udara sejuk dengan pemandangan alam berupa pepohonan hijau di kanan-kiri jalan. Setelah tiba di lokasi tujuan wisata, anda dapat menyaksikan pohon jati di sekitar air terjun.
Untuk dapat melihat air terjun, pengunjung harus berjalan melewati anak tangga yang bersusun ke bawah. Land sekap di sekitar air terjun itu tertata secara alami. Di sekitarnya terdapat tempat untuk beristirahat, ada batu besar yang dapat digunakan sebagai tempat duduk.



Hutan Wisata Gunung Loka & Resort Outbond

Terletak di Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, sekitar 24 kilometer dari Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 90 menit, melewati Kecamatan Bissappu.

Jalan menuju ke sana berkelok-kelok dan mendaki di sepanjang jalan. Pengunjung dapat menyaksikan tanaman jagung yang ditanam di lereng-lereng bukit. Di sini udaranya sejuk, karena berada di atas daerah ketinggian.

Hati-hati melakukan perjalanan ke sana pada musim hujan, karena jalannya licin. Kendaraan yang dibawa ke sana kondisinya harus prima. Remnya harus berfungsi dengan baik. Pada tanjakan yang terdapat belokan, kurangi kecepatan kendaraan yang digunakan.


Pantai Seruni

Terletak di Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng, berada dalam Kota Bantaeng. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh sekitar 5 menit, melewati jalan poros. Di sini ada dermaga sebagai tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan atau perahu yang membawa barang.
Dermaga dengan konstruksi kayu itu menjadi tempat bersantai para anak muda di waktu sore han. Di dekatnya terdapat cafetaria, tempat yang menjual makanan dan minuman ringan serta menyajikan musik.

Tak jauh dan dermaga, di sepanjang pantai, terdapat tempat duduk yang terbuat dan tembok memanjang dan timur ke barat. Banyak anak muda yang senang mangkal di sini. Duduk di pinggir pantai di sore han sambil menunggu sunset yang akan terbenam, merupakan pemandangan yang dapat dijumpai setiap han. Pada hari satu sore atau malam minggu biasanya ditempat ini pulalah secara spontanitas bermunculan para penjual barang – barang bekas.

Sumber : http://www.bantaeng.go.id/

NB: yang dimerahkan daerah kekuasaan saya..selama 2 bulan…hohoho..bercanda..peace..itu daerah yang paling dekat dengan lokasi KKN kami..^^

makassar, 26 juni 2009
ditulis sehabis pertemuan dengan supervisor kami.. yang baek dan cuantikkk..banget..hehehe..
GUNUUUUUUUUNG..I’M COMING!!!!

Iklan

11 thoughts on “GUNUUUUUNG!!!!! I’m Coming……….

  1. iyah..semoga bisa jadi kenangan yang indah.. ^^

    benar2 udah ngak sabar kesana..

    kalo bisa, tiap detik ingin kukisahkan atau kuabadikan dalam sebuah foto..hehehe..

    pemandangannya dijamin INDAH banget katanya.. semua yang pernah kesana bakal terkagum-kagum.. dekat jurang.. dan dari jurang itu, bisa melihat 1 kota dan pantainya..hehehe.. ^^

  2. iyah..semoga bisa jadi kenangan yang indah.. ^^

    benar2 udah ngak sabar kesana..

    kalo bisa, tiap detik ingin kukisahkan atau kuabadikan dalam sebuah foto..hehehe..

    pemandangannya dijamin INDAH banget katanya.. semua yang pernah kesana bakal terkagum-kagum.. dekat jurang.. dan dari jurang itu, bisa melihat 1 kota dan pantainya..hehehe.. ^^

  3. huooh.. masalah cinlok lagi.. kok semua senior selalu ngasih WARNING..soal masalah itu…huft..bingung…

    memang kakak pernah ngalami yah??? hayoo ngaku… hehehe…
    (baca: mengalihkan pembicaraan..hehehe… >o

  4. ada dunk intan.. malah udah kami jadiin tumbal..hehehe. berhasil kami jadikan koordinator desa (yang ngerawat kami selama disana) ma sekertaris (yang nulisin laporan kami ber12)..hehehe..PEACE..

    *komat-kamit smoga kak duta en qalbi ngak buka page ini..

    yup..intan belajar baek2..supaya cepat KKN..memang KKN nya anak FKM UI dimana?? didaerah terpencil juga yah????

  5. huoh… masih lama nih..hehehe…. smangat2.. btw, fkm ui ada PBL nya juga lah
    PBL = Pengalaman belajar lapangan… kayak KKN juga tapi cuman 2 minggu.. sebanyak tiga kali.. PBL khusus anak FKM Unhas aja.. FK ngak ada..hehehe..

  6. FKM Unhas sama FKM UI sama gak ya?
    humm.
    kmaren, teman2ku yg sdh tua2(baca:anak2 2005) pada KKN(atau PBL,trserah mau disebut apa, kayak magang gitu pokoknya, buat skripsi,hehe).

    di FKM Unhas juga ada magang gitu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s