Wah…anak Koas di Unhas punya Theme song juga yak…

Kehidupan anak koas memang seruuuuu!
-kakak-kakak koas-


yah…itu beberapa ungkapan hati kakak-kakak yang terdalam. dan kumpul-kumpul dengan kakak koas memang seru. penuh dengan wejangan..hehehe.. dimulai dari yang perhatiannya minta ampun.. dek, ntar kalo koas, jangan lupa bawa suplemen-suplemen vitamin yak.. dek, kalo mau dinas..sarapan dulu yak. dek, ntar kalo masuk stase bedah… jangan pake high hills sama rok ketat yah… sampai yang kayak gini nih….. dek, ntar kalo koas.. sering bawa cemilan yah. dek, ntar kalo di bagian XXXX, bikinin kakakmu refarat yak.dek, ntar kalo lagi kosong, gantiin kakakmu jaga yak….dek, ntar kalo di bagian YYYYYY, gantiin kakakmu ujian yak…
G.D.U.B.R.A.K!
blum koas saja…sepertinya udah ada tanda-tanda akan ada ospek kedua nih dirumah sakit..hehehe…

Ceritanya, kemarin Kumpul-kumpul dengan kakak koas. beberapa senior sinovia dan beberapa lagi tetangga (TBM red). waktu itu saya dan beberapa tim redaksional lagi ngebahas tentang polemik KOAS. yup.. majalah kami, edisi 36 rencana memang akan mengangkat polemik koas. sudah selesai tahap bagi-bagi kuisioner dan it’s time tuk mengolahnya. Hasilnya..ternyata banyak banget polemik didunia percoasan itu.
pertama, masalah koas yang membludak. salah satu kakak koas di poli mata bercerita, 1 mata kecil bisa dilihat sampai 20 anak koas. cuman mau ngeliat ciri-ciri retinopati.(hua…apa pasiennya ngak bete tuh.hahaha). trus masalah anak koas yang jadi garda terdepan dalam menangani pasien. tanpa jaminan keselamatan… coba kalo yang datang pasien Flu Babi..wuih..kita yang pertama tertular kek nah..hehe.. trus yang paling seru masalah koas anak internasional yang tinggal beberapa bulan lagi. ternyata survey di lapangan yang dilakukan oleh beberapa adek magang sinovia, banyak bagian yang belum siap dan kemungkinan besar koas anak regular dan internasional ngak akan di bedakan. ngak akan ada yang dieksklusifkan…
(weleh..weleh, tapi kok biayanya ekskulusif banget..sampai pake dollar bayarnya)… dan masih banyak diskusi kecil kami yang seru-seru…



at least..diakhir diskusi kami.. kakak2 ngasih saya 1 album kumpulan lagu koasnya kak IPPING FK UNHAS 1999. (kan ntar lagi masuk koas…yuhui…^^)
katanya sebelum masuk koas..lagu ini udah harus ada di HP dan MP3.hehehe.. WAJIB-WAJIB karena lagu ini bakalan jadi soundtrack dan theme song kita selama 2 tahun lebih kurang…^^. dialbum itu ada 6 lagu karya kak IPPING yang seru-seru. ada ceritanya lagi..hehehe


dan inilah beberapa cerita yang sempat saya download di www.dengarblogku.blogspot.com

Kak EPING langsung di kopi paste aja yah…hehehe..

Intro blognya kak Epping….
Assalamu alaikum!

Nama saya Epping. Saya “berprofesi” sebagai koas. Koas itu nama lain dari dokter muda. Harus belajar dan mengabdi di Rumah Sakit selama kurang lebih 2 tahun atau bisa juga selama-lamanya, baru kemudian bisa dipanggil Pak Dokter. Tapi di sini saya tidak akan berbagi apapun tentang dunia medis yang menjemukan itu. Saya lebih senang membahas kegemaran saya, kesenangan saya dan apa-apa saja yang membuat hal-hal itu timbul. Tiap orang punya minat dan hobi masing-masing, kadang kala kegemaran mereka itu bahkan bertolak belakang dengan bidang yang mereka pelajari demi sesuap nasi. Itulah hidup, penuh dengan pilihan, dan orang-orang yang salah memilih.

Begitu juga saya, saya gemar menulis lagu meskipun tidak bisa baca-tulis partitur. Saya juga senang membuat file-file video bercerita yang orang sebut sebagai film indie. Pada dasarnya saya senang dengan segala hal berbau seni, kecuali airnya, tentu saja.
Di blog ini saya menyimpan karya-karya saya dan membaginya kepada Anda di saat bersamaan. Selama ini lagu-lagu saya cuma mengonggokkan diri mereka di dalam komputer. Baru beberapa waktu yang lalu saya mulai berpikir untuk posting lagu-lagu ini ke blog, sebelum komputer saya, rumah mereka, musnah ditelan rayap… So, selamat datang, Teman… Silahkan dengar blogku


dan inilah cerita-cerita unik dari tiap lagunya……..

1. EPPING – TEMAN REFERATKU
Referat adalah salah satu tugas yang kadang jadi momok bagi koas2. Harus mencari referensi dari belasan buku-buku tebal, berbahasa Inggris, untungnya abjadnya biasa,bagaimana kalo ternyata abjadnya pake abjad Rusia, Mandarin atau Arab, pasti lebih bikin puyeng coz kita mesti translate isinya, bahkan buku-buku itu hampir semua tidak punya gambar-gambar yang menarik hati. Biasanya untuk satu referat dikerjakan oleh dua orang, jadi mesti bagi tugas. Bayangkan saja rumitnya merangkai gubahan-gubahan tulisan orang menjadi sebuah karya tulis yang mumpuni, yang translate-annya tidak diprotes oleh dokter supervisor, yang ketikannya sempurna, dan partner referat kita mangkir dari kewajibannya???
Payah, bukan???

2. EPPING – LAPORAN JAGA MALAM

Seperti halnya dalam bidang persatpaman, perhansipan atau persiskamlingan, istilah JAGA MALAM juga bukanlah barang baru dalam perkoasan. Jaga malam dalam dunia koas artinya stand by di Rumah Sakit dari pukul 9 malam sampai pukul 6 pagi. Memang idealnya kami harus stand by, tapi kadang sleep by bahkan runaway by, hahahaha…
Banyak kisah menarik tentang jaga malam yang bisa kita dengar dari pembicaraan antar koas tiap hari. Ada yang lucu, ada yang menyedihkan, bahkan ada juga yang horror. Cerita-cerita itu beterbangan di sepanjang bangsal, menunggu untuk saya tangkap, masukkan ke kantong, bawa pulang, dan tumpahkan dalam bait lagu.
Ini bukanlah kisah saya pribadi, mungkin ada sedikit kesamaan cerita tapi toh lebih banyak kemiripannya… Huahahahahaha!
Lagu ini pertama kali saya kopikan dalam bentuk cd audio hanya untuk teman saya, Helmy. Dan sulit sekali dipercaya, tidak cukup sebulan kemudian lagu ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia bahkan sampai ke Jepang! (Kalo yang ke Jepang itu memang saya yang kirim, hehe..).
Silahkan Anda nikmati lagu ini.
Lagu tentang suka duka kehidupan koas di muka bumi.

“Kami, dokter-dokter muda yang bertugas di bangsal hingga tetes keringat terkecut, adalah orang pertama yang Anda temui ketika Anda masuk Rumah Sakit dan sangat mungkin menjadi orang terakhir yang berjabat tangan dengan Anda ketika Anda sudah sembuh dan beranjak pulang…”
–Elvinos Mirados–


3. EPPING – MARS UNHAS (KERONCONG VERSION)

Bukan melecehkan…
Bukan mempermainkan…
Bukan memparodikan…

Tiada lirik terubah
Hanya musik tergubah

Lucu itu relatif
Ini lagu alternatif…

4. EPPING – BUKAN TOGA

Yah, jadi singkatnya, ketika itu saya belum tamat kuliah, masih terlunta-lunta. Bayangkan, jumlah SKS yang saya lulusi tidak lebih banyak dari jumlah kilogram berat badan saya! Pacar saya yang senantiasa sabar menemani, kelihatan mulai lelah. Saya mengerti perasaannya, sangat sangat mengerti perasaannya, tapi karena belajar dengan giat adalah solusinya, maka maaf saja, saya tidak bisa berbuat banyak…
Akhirnya, saya sampai di semester terakhir. Setelah saya hitung-hitung, jumlah SKS saya ternyata sudah dalam hitungan masuk akal untuk bisa wisuda bulan Maret. Betapa senangnya hati saya waktu itu, penantian tak berujung selama belasan tahun bersekolah akhirnya segera berakhir. Saya terlalu senang sampai lupa masih harus menjalani tugas sebagai koas di Rumah Sakit selama ratusan hari.
Di suatu siang siang yang panas saya tulis lagu ini dan malamnya langsung saya rekam. Lagu ini banyak membantu untuk bilang ke pacar saya,
“Ijazah tidak bisa mencintai, toga tidak sanggup menyayangi, tapi cuma hatiku yang mampu…”

Sounds so dangdutan…

EPPING – KAMI DOKTER ANESTESI

Suatu hari saya diminta oleh residen Anestesi, dr. Hasanuddin alias kak Acang untuk bikin lagu tentang kehidupan dokter anestesi. Katanya mau dinyanyikan oleh para residen pas acara ultahnya bagian anestesi di Sahid. Saya mengiyakan permintaan beliau.
Dengan sigap kak Acang menulis lirik untuk lagu ini. Setelah menulis dia bilang, “Dek, kalo bisa jadi mi besok nah!”
Saya mengiyakan lagi. Seolah terhipnotis.
Pulang ke rumah, baru saya sadar. Harus saya apakan lirik itu???
Tapi dasar hobi, akhirnya lagu ini lahir juga dalam semalam.
Kak Acang puas…
Saya bahagia…

6. EPPING – S.Ked DULU

S.Ked kependekan dari Sarjana Kedokteran. Waktu itu saya belum Koas. Suatu hari waktu kuliah saya buka organizer-ku, di sana ada foto Sang Pacar. Trus saya liat liaaat terus foto itu.
Dia cantik sekali…
Entah pengaruh hormon atau apa, tiba-tiba saya merasa kebelet nikah, tapi (pacarku bilang) harus S.Ked dulu baru boleh….

——————————————————————————————————
dan lagu yang paling saya suka adalah LAPORAN JAGA MALAM. liriknya lucu buanget.. UNIK SEKALI!…hehehe… ceritanya tentang kak IPING yang mau lari dari jaganya di interna..hakhakhak…makanya ini yang terupload pertama di MP. (yang lain nyusul yak….). didownload disini yak..
ini liriknya…nyanyi bareng yuk…. ada yang jadi koas.ada yang jadi pasien..hehehe…


Laporan Jaga Malam

HuAaaaaaaaah…Alhamdulillah…

Pagi-pagi kita sudah harus buka mata, pergi mandi, sikat gigi, mana mamo masih ngantuk

Tapi yang namanya koas mana pernah bisa tidur puas

Tanpa sarapan pagi, tetap ku  langkahkan kaki menuju Rumah Sakit tempatku berbakti

Tempat kerja mana mamo tidak pernahka digaji

Okodong..

Padahal eyke sarjana kedokteran Tapi dihargai cuman dengan nasi rantangan

Eyke bertugas dalam bangsal berbau tengik

Dimana pasien yang masuk akut malah jadi kronik

Kumulai follow up hitung nadi dan napas, spekul-spekul pake steto

Selanjutnya nulis resep lanjut terapi

Sambil nunggu visite dokter dikamarku ini

Tiba-tiba ….

perawat mengetuk pintu, itu tandanya ada pasien baru

Ibu apa keluhan ta ??? Batuk…

Batuk sudah berapa lama ??? 3 bulan…

Apa batuknya campur darah ??? Iye…

Suka keringat kalo malam ??? Ih na tau nah deh…

Nafsu makan bagaimana ??? Turun…

Berat badan turun brapa ??? 20 kilo…

Apakah pernah minum obat ??? Iya tapi…

Lalu kenapa berhenti minum obat ??? ….

Jam 2 siang sudah waktu pulang, tapi eyk harus tetap disini karna eyk jaga siang malam

HP ku berbunyi, sms dari Spiji, dia ajak ka pigi jalan2 dimari

tapi sory-sory baby nda bisaka pergi

Bukannya gak mau tapi etakut ditembak lagi

Spiji pulang, maro-moro ditelpon

Jaga ato lari…

Jaga ato lari…

Malas jaga tapi lari eyk gak brani

Lari ato lari…

Lari ato lari…

Dan pemenangnya adalah lari… Oke deh…

Eyk ambil kunci motor, helm, jaket semua lengkap siap untuk take off

Tinggal tunggu waktu yang tepat

Tapi tiba2 terdengar suara (tok…tok…tok…)

Pasien baru!

Kakek apa keluhannya ??? Berak2…

Berak-berak sudah brapa lama ??? 1 bulan ini…

Sehari brapa kali berak ??? 5 kali berak…

Ta’inya encer ato ampas ??? Encer gitu loh…

Apa kakek ada demam ??? Demam iya…demam

Demam sudah brapa lama ??? Demam sudah 2 bulan…demam

Apa kakek pake narkoba ??? Yoi choy…

Kek kenapa pakai narkoba ??? Gaul toh..

Lemah lunglai eyk masih dipaksa, biji mata sudah pegal

Eyk masuk kamar koas, bobo memeluk bantal, kupeluk erat-erat sambil menghayal nakal

Tetapi (tok…tok..tok…) ketukan itu lagi…

Odododo…

Pasien baru lagi…

Eyk gak kuat lagi… eyke gak tahan lagi…

Teman jaga ku tidur kayak koas mati

Teman betapa tega dirimu meniggalkan diriku digilir pasien baru

Bukankah aku dan kamu rekan sejawat

Slalu baku bantu dalam kondisi gawat

Ya sudahlah teman nikmati saja tidurmu

Pasien baru tidak bisa lama menunggu

Kuambil tas alatku, ku pakai baju koasku

Demi bangsa dan negaraku, aku maju

Ibu apa keluhan ta ??? batuk…

Batuk sudah brapa lama ??? dari kemaren…

Apa batuknya sambil mencret ??? Maksudnya…

Atau mencret sambil batuk ??? ih sembarang nah…

Ibu apa pernah pake narkoba ??? sopan yak!

Uaaahhh… uahhhh ???? Apa dok…

Uaahh… uahhh… uahhh ???

Zzzzzzzzzzzzzz ??? Dok….dok….loh dok….dok… kok tidur dok…dok..dok

Laporan jaga malam….

Pasien tidak tidur…. koas tidurrrrrrr….


———–
wah…ternyata BAhasanya campur-campur gitu deh..hehehe..biar jelas nih kata-kata makassar banget yang ditranslet:
*Okodong : Oh kasihan
* Edodo : (saya ngak tau juga…)
* Mamo : lagi ??? (gak yakin juga)
* Mari : salah satu mall di Makassar
* pigi : Pergi
* baku bantu : saling bantu
* Eyke : saya
* Ta’i : Feces
*moro-moro : marah-marah
—————–

thanks banget buat kak IPPING yang udah buatkan kami lagu-lagu ini…^^ kehidupan koas kami pasti bakalan penuh warna diiringi dengan suara-suara cadel kakak-kakak kami tercinta..hehehe…^^

NB : kak ipping udah jadi dokter loh….hehehe… S.M.A.N.G.A.T buat kak IPPING

9 thoughts on “Wah…anak Koas di Unhas punya Theme song juga yak…

  1. OK!…yang KAMI DOKTER ANASTESI nya wajib di download tuh…supaya bisa lebih semangat…hehehe…..downloadnya langsung di blognya kak epping yak…ngak ada waktu buat upload lagi di MP..hehehe.. *onlinenya lewat hape teyus..hehehe

  2. iya luluk… wah udah pernah dengar ya?? hahaha… kalo gitu cuman saya aja keknya yang ketinggalan…hehehe.. Katanya memang udah tersebar di mana-mana. yup..baru tau kalo punya kakak senior yang kreatif abis.. hakhakhak..
    (PEACE kak Epping…)

  3. mauuuuuuuuuuuuuuu!!! mauuu mauuu mauuuu

    hiks…hiks….kak upload ya….d blog na k epping ndak bs d upload lg…hiks…

    (itu jg cicak knp ya g pernah kasih tau…awassss klo online lg…)

  4. huft..syukurlah kalo udah didownload.. jadi saya ngak perlu nge downloadkan lagi kan??? hehehehe… flash ku lagi bermasalah.. skarang dikirm di jakarta. 2 minggu baru datang..hiks sedihnya.. makanya dah jarang online.. T_T

Tinggalkan Balasan

