[Kutipan] Sebuah Renungan

Iseng-iseng bongkar-bongkar file sinovia. mengumpulkan semua file apa saja yang berhubungan dengan sinovia untuk di UPLOAD di  www.sinoviafkunhas.com. yup, lagi-lagi website ini saya yang harus turun tangan mengurusnya. maklumlah, tanya sana sini anggota baru ternyata banyak yang tak paham dengan website. hmm… sempat terbengkalai beberapa bulan karena saya sibuk sendiri mencari orang yang bisa mengurusnya. bodohnya diriku. kenapa bukan saya saja yang mengurusnya. akhirnya kupaksakan diriku belajar mengenai dunia perwebistean. yah… intinya belajar nge Upload aja..hehehe..

back to topic..tanpa sengaja, ada satu rubrik essai yang lumayan lama menyita perhatianku. sebuah renungan karya kak Aulia. Pimpinan Umum Sinovia 2005/2006- 2006/2007. Menjabat selama 2 tahun  sebagai leader di Sinovia. rubrik itu diterbitkan di majalah sinovia edisi 27 (juni-Juli 2007). setelah membacanya.. sepertinya saat itu kak aul lagi mencari sang pemimpin.. yang akan melanjutkan perjuangannya… hahahaha… sama seperti apa yang saya rasa saat ini.yang akhirnya tertuang di curhatan saya mencari sang pemimpi(n)

hmm… tapi ditulisannya dia lagi mencari sang prajurit. tetapi tetap dalam sebuah pencarian.  well, dimanakah sang prajurit itu????? 

SEBUAH RENUNGAN

OLEH: AULIA RAHMAN BASRI

Kala hari masih cerah, kuputuskan untuk melangkah. Selangkah demi selangkah yang kemudian menjadi beberapa langkah. Terus dan terus melangkah tanpa arah dan tujuan yang jelas. Yang ada hanyalah titik awal dan tidak tahu harus berakhir dimana.

Aku bertanya padamu tentang sebuah jalan, “Bukankah jalan itu kita yang buat,  rintisan manusia? Bukan kah bangunan kota, desa, ataupun apalah itu namanya hanyalah rekayasa manusia?” Tanyaku.

Kemudian orang-orang akan berbondong-bondong ke kota,  bahkan ada yang memutuskan meninggalkan tempat asalnya. Tentunya dengan berbagai alasan. Memperbaiki taraf hiduplah, mengejar perempuan lah, mencari lebih banyak perek lah, dan banyak lagi alasan yang lain biasa mereka digunakan sebagai sebuah pembenaran. Bukankah itu semua rekayasa? Tanyaku kembali.

Itu bukan pemberian Tuhan yang maha agung kan? bukankah budaya hedonis, pahaman matrealis, pahaman tindas menindas untuk kepentingan individu hanyalah rekayasa manusia. Bukankah begitu…!!!??? Tanyaku lagi.

 Tetapi menurut pahaman orang beragama, bukankah rencana-rencana mulai dari paling mulia sampai paling bejat sekalipun tidak akan terjadi sebelum mendapatkan restu (persetujuan ) dari Tuhan. Bukankah begitu? Tanyaku kembali bertanya.

Ataukah ini semua pembenaran atas penciptaan neraka, agar neraka ada yang mengisi. Agar Tuhan tidak disebut sebagai koruptor. Yang kerjanya hanya membuat bangunan mercusuar tetapi tidak ada manfaatnya. Hanya bertujuan mengahabiskan energi ( tenaga, materi, dan lainnya ) untuk sebuah proyek yang tidak ada gunanya. Apakah begitu?? Aku bertanya lagi.

Ataukah kita ini sudah menjadi hamba-hamba setan. Yang dibutakan dengan gemerlapnya dunia. Sesuai dengan perjanjian antara setan dengan Tuhan setelah mereka diusir dari surga karena tidak mau menyembah adam. Dan faktanya sekarang setanlah yang berjaya sehingga setan cukup berbangga karena telah cukup mampu membalas dendam kepada anak cucu adam. Jalan yang ditempuh adalah mengikutkan anak cucu adam kepada langkahnya sehingga melenceng dari langkah sang nenek moyang. Ataukah begitu?

Atau  mungkin sebenarnya ada perjanjian lebih lanjut antara setan dengan Tuhan yang tidak kita ketahui. Mungkinkah Tuhan menjanjikan kepada setan bahwa kalau dia mampu membawa sebanyak mungkin manusia ke dalam neraka hingga neraka penuh dengan manusia hingga  tidak ada tempat lagi buat setan maka setan akan di pindahkan ke surga?

 Tetapi apakah kita akan pasrah dalam kenyataan begini. Atau dengan pertanyaan yang begitu? Pasrah berarti mati. Karena kita tidak ingin melakukan apa-apa lagi. Baik itu untuk melakukan perbaikan ataukan sekedar mempertahankan ataukah lagi malah menhancurkan. Ataukah istilah berbuat meskipun hasilnya lebih jelek, akan mejadi suatu hal yang lebih baik dari pada tidak melakukan apa-apa alias pasrah tidak berguna lagi? Akah kah begitu? Wallahualam….

Sekelumit cerita diatas terlintas dibenakku ketika sedang menatap sebuah gedung  dalam kompleks Fakultas Kedokteran Unhas. Renungan itu tiba-tiba muncul seketika. Lebih cepat dari kedipan mata. Tetapi menetap lama bagaikan virus HIV yang menetap didalam tubuh manusia. Bahkan menjadi halusinasi auditorik yang terung berbisik ditelingaku. Dan hal yang sekelumit itu mampu membawa pikiranku jauh melayang.

Tetapi, aku melihat bangunan yang megah tetapi sunyi. Bagaikan sebuah perkampungan dimana penduduknya habis dibantai oleh tentara pemberontak. Yang kemudian memperkosa wanita serta anak perempuan  dan kemudian membunuh mereka. Sehingga setiap orang yang berniat menginjakkan kaki ke kampung yang dimaksud pasti akan mengurungkan niat mereka, meskipun sebenarnya mereka hanya ingin istirahat sejenak ataukah hanya numpang lewat. Sehingga kampung tersebut sangatlah sunyi, walaupun bangunan-bangunan rumah penduduk masuh berdiri dengan kokohnya.

Tetapi, dalam pahamku selama ini di dalam banguanan yang megah dikompleks Fakultas kedokteran tinggalah prajurit-prajurit kebenaran yang menitik beratkan cita-citanya hanya kepada perbaikan masyarakat tanpa tendensi-tendensi tertentu. Sebuah makhluk yang dibekali kecerdasan intelektual luar biasa. Yang dengan tangannya mereka mampu merubah keadaan disekitarnya bahkan terbukti para pendahulu mereka telah mampu merubah kondisi bangsa. Seorang penguasa yang telah lebih kurang 35 tahun berkuasa mampu mereka tumbangkan. Penguasa yang mana menurut pahaman sebagian orang hanya mampu tergantikan ketika nyawanya hilang. kekuasaan yang menurut sebagaian orang absolut sifatnya Tetapi pada faktanya mampu mereka ganti.

Tapi ironis rasanya, 10 menit aku berfantasi sambil sekali kali mengisap rokokku, tidak satupun sosok prajurit yang tampil sebagai sosok pahlawan muncul. Apakah mereka sekarang sedang tidur lelap kerena lelah? Tanyaku kemudian. Atau sengaja ditidurkan? Tanyaku kembali. Sehingga kemapuan dan kekuatan  mereka untuk merubah sesuatu tidak lagi ada. Ataukah mereka sekarang sudah terbuai dengan kenikmatan yang diberikan oleh penguasa baru sehingga melupakan amanah yang diberikan oleh mayoritas orang kepada mereka. Apakah begitu adanya? Ah aku tak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Aku hanya mampu bertanya.

Suatu saat aku mencoba mengintip kedalam bangunan megah, aku melihat beberapa rungan yang memiliki fasilitas yang lengkap. Aku berfikir ruang kepala desa di desaku saja kalah bersaingan dengan ruangan-ruang yang ada. Disana ada AC, komputer, televisi, dispenser, kulkas…yang hampir menghiasi disetiap rungan. Layaknya kantor-kantor pejabat pemerintahan. Apakah itu yang membuat mereka terlelap? 

Aku kembali merenung, apakah situasi seperti diatas menjadi kenikmatan yang patut disyukuri ataukah bahkan menjadi beban yang patut disingkirkan? Beban dalam hal ini membatasi arah pergerakan seorang prajurit. Batasan dalam arti semuanya bukanlah sesuatu yang diberikan secara gratis, melainkan sesutu yang harus dibayar mahal bagi seorang pejuang.  Mereka diminta  tidak perlu lagi memperjuangkan apa yang menjadi hak mereka ataukah lagi memperjuangkan hak kaum mayoritas.Begitukah adanya?

Yah, paling banter yang mampu kulakukan hanya menggerutu didalam batinku. Mengeluh kepada diri sendiri. Dan tidak mampu berbuat apa-apa. Aku berfikir, seandainya aku bisa menjadi prajurit yang selama ini orang menyebut mereka sebagai mahasiswa kedokteran, tentulah aku sangatlah bangga dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadaku. Tetapi sayang orang tuaku tidak punya cukup uang untuk memenuhi impianku.

“Anu… sini ko… lantai depan kantin belum ko bersihkan…!!!”

Suara itu membuyarkan semua lamunanku dan menyadarkan aku untuk kembali bekerja.

Langkah dan melangkah. Setidaknya aku berharap langkahku sudah kulangkahkan. Setidaknya ada niatku untuk melangkah. Untuk sang prajurit  hanya satu pesanku, segeralah melangkah karena dunia diluar mengharapkan kalian untuk segera berlari.

dikutip dari majalah sinovia FK Unhas edisi 27 (Juni-Juli 2007)

Wah…anak Koas di Unhas punya Theme song juga yak…

Kehidupan anak koas memang seruuuuu!
-kakak-kakak koas-


yah…itu beberapa ungkapan hati kakak-kakak yang terdalam. dan kumpul-kumpul dengan kakak koas memang seru. penuh dengan wejangan..hehehe.. dimulai dari yang perhatiannya minta ampun.. dek, ntar kalo koas, jangan lupa bawa suplemen-suplemen vitamin yak.. dek, kalo mau dinas..sarapan dulu yak. dek, ntar kalo masuk stase bedah… jangan pake high hills sama rok ketat yah… sampai yang kayak gini nih….. dek, ntar kalo koas.. sering bawa cemilan yah. dek, ntar kalo di bagian XXXX, bikinin kakakmu refarat yak.dek, ntar kalo lagi kosong, gantiin kakakmu jaga yak….dek, ntar kalo di bagian YYYYYY, gantiin kakakmu ujian yak…
G.D.U.B.R.A.K!
blum koas saja…sepertinya udah ada tanda-tanda akan ada ospek kedua nih dirumah sakit..hehehe…

Ceritanya, kemarin Kumpul-kumpul dengan kakak koas. beberapa senior sinovia dan beberapa lagi tetangga (TBM red). waktu itu saya dan beberapa tim redaksional lagi ngebahas tentang polemik KOAS. yup.. majalah kami, edisi 36 rencana memang akan mengangkat polemik koas. sudah selesai tahap bagi-bagi kuisioner dan it’s time tuk mengolahnya. Hasilnya..ternyata banyak banget polemik didunia percoasan itu.
pertama, masalah koas yang membludak. salah satu kakak koas di poli mata bercerita, 1 mata kecil bisa dilihat sampai 20 anak koas. cuman mau ngeliat ciri-ciri retinopati.(hua…apa pasiennya ngak bete tuh.hahaha). trus masalah anak koas yang jadi garda terdepan dalam menangani pasien. tanpa jaminan keselamatan… coba kalo yang datang pasien Flu Babi..wuih..kita yang pertama tertular kek nah..hehe.. trus yang paling seru masalah koas anak internasional yang tinggal beberapa bulan lagi. ternyata survey di lapangan yang dilakukan oleh beberapa adek magang sinovia, banyak bagian yang belum siap dan kemungkinan besar koas anak regular dan internasional ngak akan di bedakan. ngak akan ada yang dieksklusifkan…
(weleh..weleh, tapi kok biayanya ekskulusif banget..sampai pake dollar bayarnya)… dan masih banyak diskusi kecil kami yang seru-seru…



at least..diakhir diskusi kami.. kakak2 ngasih saya 1 album kumpulan lagu koasnya kak IPPING FK UNHAS 1999. (kan ntar lagi masuk koas…yuhui…^^)
katanya sebelum masuk koas..lagu ini udah harus ada di HP dan MP3.hehehe.. WAJIB-WAJIB karena lagu ini bakalan jadi soundtrack dan theme song kita selama 2 tahun lebih kurang…^^. dialbum itu ada 6 lagu karya kak IPPING yang seru-seru. ada ceritanya lagi..hehehe


dan inilah beberapa cerita yang sempat saya download di www.dengarblogku.blogspot.com

Kak EPING langsung di kopi paste aja yah…hehehe..

Intro blognya kak Epping….
Assalamu alaikum!

Nama saya Epping. Saya “berprofesi” sebagai koas. Koas itu nama lain dari dokter muda. Harus belajar dan mengabdi di Rumah Sakit selama kurang lebih 2 tahun atau bisa juga selama-lamanya, baru kemudian bisa dipanggil Pak Dokter. Tapi di sini saya tidak akan berbagi apapun tentang dunia medis yang menjemukan itu. Saya lebih senang membahas kegemaran saya, kesenangan saya dan apa-apa saja yang membuat hal-hal itu timbul. Tiap orang punya minat dan hobi masing-masing, kadang kala kegemaran mereka itu bahkan bertolak belakang dengan bidang yang mereka pelajari demi sesuap nasi. Itulah hidup, penuh dengan pilihan, dan orang-orang yang salah memilih.

Begitu juga saya, saya gemar menulis lagu meskipun tidak bisa baca-tulis partitur. Saya juga senang membuat file-file video bercerita yang orang sebut sebagai film indie. Pada dasarnya saya senang dengan segala hal berbau seni, kecuali airnya, tentu saja.
Di blog ini saya menyimpan karya-karya saya dan membaginya kepada Anda di saat bersamaan. Selama ini lagu-lagu saya cuma mengonggokkan diri mereka di dalam komputer. Baru beberapa waktu yang lalu saya mulai berpikir untuk posting lagu-lagu ini ke blog, sebelum komputer saya, rumah mereka, musnah ditelan rayap… So, selamat datang, Teman… Silahkan dengar blogku


dan inilah cerita-cerita unik dari tiap lagunya……..

1. EPPING – TEMAN REFERATKU
Referat adalah salah satu tugas yang kadang jadi momok bagi koas2. Harus mencari referensi dari belasan buku-buku tebal, berbahasa Inggris, untungnya abjadnya biasa,bagaimana kalo ternyata abjadnya pake abjad Rusia, Mandarin atau Arab, pasti lebih bikin puyeng coz kita mesti translate isinya, bahkan buku-buku itu hampir semua tidak punya gambar-gambar yang menarik hati. Biasanya untuk satu referat dikerjakan oleh dua orang, jadi mesti bagi tugas. Bayangkan saja rumitnya merangkai gubahan-gubahan tulisan orang menjadi sebuah karya tulis yang mumpuni, yang translate-annya tidak diprotes oleh dokter supervisor, yang ketikannya sempurna, dan partner referat kita mangkir dari kewajibannya???
Payah, bukan???

2. EPPING – LAPORAN JAGA MALAM

Seperti halnya dalam bidang persatpaman, perhansipan atau persiskamlingan, istilah JAGA MALAM juga bukanlah barang baru dalam perkoasan. Jaga malam dalam dunia koas artinya stand by di Rumah Sakit dari pukul 9 malam sampai pukul 6 pagi. Memang idealnya kami harus stand by, tapi kadang sleep by bahkan runaway by, hahahaha…
Banyak kisah menarik tentang jaga malam yang bisa kita dengar dari pembicaraan antar koas tiap hari. Ada yang lucu, ada yang menyedihkan, bahkan ada juga yang horror. Cerita-cerita itu beterbangan di sepanjang bangsal, menunggu untuk saya tangkap, masukkan ke kantong, bawa pulang, dan tumpahkan dalam bait lagu.
Ini bukanlah kisah saya pribadi, mungkin ada sedikit kesamaan cerita tapi toh lebih banyak kemiripannya… Huahahahahaha!
Lagu ini pertama kali saya kopikan dalam bentuk cd audio hanya untuk teman saya, Helmy. Dan sulit sekali dipercaya, tidak cukup sebulan kemudian lagu ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia bahkan sampai ke Jepang! (Kalo yang ke Jepang itu memang saya yang kirim, hehe..).
Silahkan Anda nikmati lagu ini.
Lagu tentang suka duka kehidupan koas di muka bumi.

“Kami, dokter-dokter muda yang bertugas di bangsal hingga tetes keringat terkecut, adalah orang pertama yang Anda temui ketika Anda masuk Rumah Sakit dan sangat mungkin menjadi orang terakhir yang berjabat tangan dengan Anda ketika Anda sudah sembuh dan beranjak pulang…”
–Elvinos Mirados–


3. EPPING – MARS UNHAS (KERONCONG VERSION)

Bukan melecehkan…
Bukan mempermainkan…
Bukan memparodikan…

Tiada lirik terubah
Hanya musik tergubah

Lucu itu relatif
Ini lagu alternatif…

4. EPPING – BUKAN TOGA

Yah, jadi singkatnya, ketika itu saya belum tamat kuliah, masih terlunta-lunta. Bayangkan, jumlah SKS yang saya lulusi tidak lebih banyak dari jumlah kilogram berat badan saya! Pacar saya yang senantiasa sabar menemani, kelihatan mulai lelah. Saya mengerti perasaannya, sangat sangat mengerti perasaannya, tapi karena belajar dengan giat adalah solusinya, maka maaf saja, saya tidak bisa berbuat banyak…
Akhirnya, saya sampai di semester terakhir. Setelah saya hitung-hitung, jumlah SKS saya ternyata sudah dalam hitungan masuk akal untuk bisa wisuda bulan Maret. Betapa senangnya hati saya waktu itu, penantian tak berujung selama belasan tahun bersekolah akhirnya segera berakhir. Saya terlalu senang sampai lupa masih harus menjalani tugas sebagai koas di Rumah Sakit selama ratusan hari.
Di suatu siang siang yang panas saya tulis lagu ini dan malamnya langsung saya rekam. Lagu ini banyak membantu untuk bilang ke pacar saya,
“Ijazah tidak bisa mencintai, toga tidak sanggup menyayangi, tapi cuma hatiku yang mampu…”

Sounds so dangdutan…

EPPING – KAMI DOKTER ANESTESI

Suatu hari saya diminta oleh residen Anestesi, dr. Hasanuddin alias kak Acang untuk bikin lagu tentang kehidupan dokter anestesi. Katanya mau dinyanyikan oleh para residen pas acara ultahnya bagian anestesi di Sahid. Saya mengiyakan permintaan beliau.
Dengan sigap kak Acang menulis lirik untuk lagu ini. Setelah menulis dia bilang, “Dek, kalo bisa jadi mi besok nah!”
Saya mengiyakan lagi. Seolah terhipnotis.
Pulang ke rumah, baru saya sadar. Harus saya apakan lirik itu???
Tapi dasar hobi, akhirnya lagu ini lahir juga dalam semalam.
Kak Acang puas…
Saya bahagia…

6. EPPING – S.Ked DULU

S.Ked kependekan dari Sarjana Kedokteran. Waktu itu saya belum Koas. Suatu hari waktu kuliah saya buka organizer-ku, di sana ada foto Sang Pacar. Trus saya liat liaaat terus foto itu.
Dia cantik sekali…
Entah pengaruh hormon atau apa, tiba-tiba saya merasa kebelet nikah, tapi (pacarku bilang) harus S.Ked dulu baru boleh….

——————————————————————————————————
dan lagu yang paling saya suka adalah LAPORAN JAGA MALAM. liriknya lucu buanget.. UNIK SEKALI!…hehehe… ceritanya tentang kak IPING yang mau lari dari jaganya di interna..hakhakhak…makanya ini yang terupload pertama di MP. (yang lain nyusul yak….). didownload disini yak..
ini liriknya…nyanyi bareng yuk…. ada yang jadi koas.ada yang jadi pasien..hehehe…


Laporan Jaga Malam

HuAaaaaaaaah…Alhamdulillah…

Pagi-pagi kita sudah harus buka mata, pergi mandi, sikat gigi, mana mamo masih ngantuk

Tapi yang namanya koas mana pernah bisa tidur puas

Tanpa sarapan pagi, tetap ku  langkahkan kaki menuju Rumah Sakit tempatku berbakti

Tempat kerja mana mamo tidak pernahka digaji

Okodong..

Padahal eyke sarjana kedokteran Tapi dihargai cuman dengan nasi rantangan

Eyke bertugas dalam bangsal berbau tengik

Dimana pasien yang masuk akut malah jadi kronik

Kumulai follow up hitung nadi dan napas, spekul-spekul pake steto

Selanjutnya nulis resep lanjut terapi

Sambil nunggu visite dokter dikamarku ini

Tiba-tiba ….

perawat mengetuk pintu, itu tandanya ada pasien baru

Ibu apa keluhan ta ??? Batuk…

Batuk sudah berapa lama ??? 3 bulan…

Apa batuknya campur darah ??? Iye…

Suka keringat kalo malam ??? Ih na tau nah deh…

Nafsu makan bagaimana ??? Turun…

Berat badan turun brapa ??? 20 kilo…

Apakah pernah minum obat ??? Iya tapi…

Lalu kenapa berhenti minum obat ??? ….

Jam 2 siang sudah waktu pulang, tapi eyk harus tetap disini karna eyk jaga siang malam

HP ku berbunyi, sms dari Spiji, dia ajak ka pigi jalan2 dimari

tapi sory-sory baby nda bisaka pergi

Bukannya gak mau tapi etakut ditembak lagi

Spiji pulang, maro-moro ditelpon

Jaga ato lari…

Jaga ato lari…

Malas jaga tapi lari eyk gak brani

Lari ato lari…

Lari ato lari…

Dan pemenangnya adalah lari… Oke deh…

Eyk ambil kunci motor, helm, jaket semua lengkap siap untuk take off

Tinggal tunggu waktu yang tepat

Tapi tiba2 terdengar suara (tok…tok…tok…)

Pasien baru!

Kakek apa keluhannya ??? Berak2…

Berak-berak sudah brapa lama ??? 1 bulan ini…

Sehari brapa kali berak ??? 5 kali berak…

Ta’inya encer ato ampas ??? Encer gitu loh…

Apa kakek ada demam ??? Demam iya…demam

Demam sudah brapa lama ??? Demam sudah 2 bulan…demam

Apa kakek pake narkoba ??? Yoi choy…

Kek kenapa pakai narkoba ??? Gaul toh..

Lemah lunglai eyk masih dipaksa, biji mata sudah pegal

Eyk masuk kamar koas, bobo memeluk bantal, kupeluk erat-erat sambil menghayal nakal

Tetapi (tok…tok..tok…) ketukan itu lagi…

Odododo…

Pasien baru lagi…

Eyk gak kuat lagi… eyke gak tahan lagi…

Teman jaga ku tidur kayak koas mati

Teman betapa tega dirimu meniggalkan diriku digilir pasien baru

Bukankah aku dan kamu rekan sejawat

Slalu baku bantu dalam kondisi gawat

Ya sudahlah teman nikmati saja tidurmu

Pasien baru tidak bisa lama menunggu

Kuambil tas alatku, ku pakai baju koasku

Demi bangsa dan negaraku, aku maju

Ibu apa keluhan ta ??? batuk…

Batuk sudah brapa lama ??? dari kemaren…

Apa batuknya sambil mencret ??? Maksudnya…

Atau mencret sambil batuk ??? ih sembarang nah…

Ibu apa pernah pake narkoba ??? sopan yak!

Uaaahhh… uahhhh ???? Apa dok…

Uaahh… uahhh… uahhh ???

Zzzzzzzzzzzzzz ??? Dok….dok….loh dok….dok… kok tidur dok…dok..dok

Laporan jaga malam….

Pasien tidak tidur…. koas tidurrrrrrr….


———–
wah…ternyata BAhasanya campur-campur gitu deh..hehehe..biar jelas nih kata-kata makassar banget yang ditranslet:
*Okodong : Oh kasihan
* Edodo : (saya ngak tau juga…)
* Mamo : lagi ??? (gak yakin juga)
* Mari : salah satu mall di Makassar
* pigi : Pergi
* baku bantu : saling bantu
* Eyke : saya
* Ta’i : Feces
*moro-moro : marah-marah
—————–

thanks banget buat kak IPPING yang udah buatkan kami lagu-lagu ini…^^ kehidupan koas kami pasti bakalan penuh warna diiringi dengan suara-suara cadel kakak-kakak kami tercinta..hehehe…^^

NB : kak ipping udah jadi dokter loh….hehehe… S.M.A.N.G.A.T buat kak IPPING

[RESULT] semester LIMA

Kemaren rencananya mau seharian dikampus..n genet sambil nunggu pengumuman remed CSL dan remed teori TROPIS…. Ditunggu-tunggu…  fuih..kok belum keluar-keluar juga.. katanya mau keluar hari kamis… dan ternyata, lumayan banyak anak-anak 06  yang memilih menghabiskan hari kamis kami yang kosong dengan menunggu dan menunggu. Dan ICT pun jadi tempat favorit buat nunggu ketidakpastian itu… hehehe.. alasannya  simple… HOTSPOTnya paling KUUUUUAT.. yap… dari jam 10 pagi sampai…. jam 2 kok belum ada tanda-tanda  pengumuman ya?? Beberapa anak-anak mulai bete dan memutuskan pulang, tapi sebelum pulang…. dapat amanah “may, masih mau tinggal dikampus?..nitip stambuk nah.. saya XXX, sms kalo dah ada dipengumuman.. okey!… fuih….  Ada sekitar 5 orang yang nitip stambuk ke saya.. belum lagi beberapa senior yang memang dari dulu-dulu langanan nitip sgala-galanya. Absen,nfo, liat nilai,liat pengumuman..hahaha.

Jam 3

Ha… bete mode ON OFF juga nih.. akhirnya turun ke MEU, disana ketemu sama salah satu asisten mikro, Dia bilang hari ini ngak ada pengumuman keluar. Jadi besok kosong. Remed CSL dan TEORI dipending minggu depan pas dah masuk IKAKOM. Wew… wew.. wew…. Hari yang amat sangat  sia-sia! Huft… iseng-iseng liat papan pengumuman (kami menyebutnya EXPRESION ZONE!) hmm… mulai meliat nilai-nilai nih… wah DDTnya 2008 banyak dapat  C dan E..hahaha… padahal tahunku dulu, DDT yang paling asyik nilainya.. A dan B loh… hehehe.. Wew… Kardionya 2007 lagi-lagi dihujani EROR.. hahaha… gak ada bedanya dengan tahunku…huhu.. KARDIO memang pelit kasih nilai… Weee’… jalan-jalan lagi di ZONE 2006. Wah nilai semester 5 belum pada dicabut.. hahaha.. diliat-liat lagi deh… mm…masih sama…ngak ada yang berubah… jalan-jalan lagi ONKOLOGI.. heh? Onkolgi udah keluar ya??? Kok ngak tau ya?? Hahaha…kayaknya ngak peka lingkungan lagi nih.. wih.. kertasnya udah lumayan usang.. pasti dah lama. Diliat ah… kalo ngak salah nak-nak bilang nilaiku B. diliat dirumah sakit waktu belum ditempel.. tapi belum pernah liat benar-benar nih.. dan… diliat wah..memang B.. hahaha.. (memang mau apa lagi?? Mm…l iat nilai-nilai yang lain ah… Leila B, ani, B, Leli, B, Oya B..U swa A (maklum-maklum, asisten anatomi gitu loh.. hehe).. wuih… berhambur nilai B nih.. hahaha.. nilaiku MERAKYAT lagi..hehehe… liat lagi ah.. eva B, dani C, hekal B… wait.. wait.. balik dulu.. dani C?  what??? Sejarah baru nih.. dani sang asisten gizi.. sahabat baikku.. teman senasib seperjuangan dapat C… waduh, pasti shok berat nih.. Keluarnya nilai ONKOLOGI itu artinya keluar sudah semua nilai semester 5.. hahaha.. dan de result.. saya lolos lagi di semester 5. Alhamdulillah… walaupun IPKnya belum dihitung, tapi sudah bisa memprediksi kalo semester ini IPK nya turun.. HUHUHUHU.. and the result, berapakh IPK saya semester 5?? Dan inilah resumenya:

SISTEM INDERA KHUSUS (6 SKS)
Nilai 56 = C
Wah… pertama kalinya saya begitu bahagia dapat C..hahahaha.. suer, sampai nangis loh.. yap.. pa lagi kalo sudah memprediksinya eror..  udah pasrah banget. pa lagi salah satu teman liat nilaiku dibagian akademik dapat E (dan ternyata, yang diliat maya yang lain…hehehe.. ) liat saja nilai yang saya peroleh.. 56.. nilai batas lulus banget. Sayangnya, kebahagiaanku tak dapat terekspresi dengan sempurna (???) apalagi karena sahabatku, pimredku, ani dapat E. nilainya 55, 6 (hah, 0,4 lagi baru lulus.. wew.. menyakitkan bnaget!) Sementara kami para sahabatnya bertiga lulus semua. Waktu itu saya yang pertama melihat nilai ani. Maklumlah stambuknya tepat dibawahku. Dan………. benar-benar berat ketika dia menanyakan nilainya padaku.. fuih, tak tau mau ngomong apa!.
A: Udah liat nilai SS”
M : ngangguk
A : kamu Lulus?
M: ngangguk lagi.
A : saya???
M : *diam
A : Eror ya?
M * diam lagi
A : EROR betul ya… (mulai nangis)
M: Aduh, mati gue!.. huah.. bagaimana cara mengatasi orang menangis.. aduh..mau bilang apa..aduh,.. pusing banget… bicara may, setidaknya hibur dia.mm….i ya, ani… tapi tenang saja.. banyak ji yang eror juga. pasti ada kelas khususnya kok. Apa lagi ini eror ta satu-satunya. Pasti dapatji  ujian tutup strata kok.nanti saya bantu ketemu sama dokter-dokternya. Pasti dikasih kok…  baekji dokter2nya (padahal killernya minta ampun..hehehe)..yup, namanya usaha !

BENAR-BENAR sulit!

Yap.. wajar saja nilai SS kami amburadul..hahaha.. terutama buat para pemimpin lembaga.. karena saat-saat SS adalah saat-saat produktifnya kami dilembaga.. wah.. banyak banget yang harus diselesaikan. mulai dari nyusun kepengurusan. Nyusun program kerja.. perencanaan pengkaderan.. ikut rakernya BEM yang berhari-hari.  dan terbukti, lumayan banyak para pemimpin lembaga yang… mmm….. EROR dan C! hehehe… dan disistem inilah pertama kali saya mengenal kata…  B.O.L.O.S! hiks… MAAFKAN!

SISTEM GASTROENTEROHEPATOLOGI (7 SKS)
Nilai 73,79 = B (baca: nyaris A (74)!)
Wah… BIG SYSTEM. 7 SKS!. Untunglah saya dan keempat sahabatku lulus semua. Kompakan dapat B semua lagi.. hahaha…  yap.kali ini saya , ani, leli, lela udah mulai bisa menyeimbangkan akademik dan lembaga. WE DO IT! Sayangnya… disistem ini ada sekitar 10an  orang yang eror.. fuih, padahal ujiannya lumayan gak susah-susah banget. yang susah mungkin praktikumnya yang berjibun buanyak itu..  ANATOMI, PA, HISTO, BIOKIM, CP, MIKRO, PARASIT… Hehehe…. dan yang pasti nih system bikin nge gemesin deh.. bikin gigit jari…bikin telan ludah, apalgi kalo 0, 22 poin lagi bisa dapat A.. huhuhuhu.. dapat A 7 sks…M.A.U!!!!!!!! IP pasti terdongkrak abis… hahaha… ngak papa may, yang penting udah ikhtiar sekuat tenaga ^^)

SISTEM ONKOLOGI (5 sks)
Nilai 66,2 = B
 
Yup… sistem onkologi memang seru..fun banget.. hehehee… soalnya juga ngak rumit-rumit banget.. semuanya soal kasus… dan rata-rata berbunyi gini.. ”seorang XXX datang ke Poli bedah dengan keluhan benjol pada daerah XXXXnya…” dan pertanyaannya kalo bukan diagnosis, stadium, treatment, diagnosis, pemeriksaan penunjang, gamabaran radiologinya, histopatologinya… yak… gitu-gitu deh.. hehehe… yang seru adalah kuliahnya yang diajar sama dokter-dokter bedah sub.. WAH… K.E.R.E.N banget deh.. dokter bedah onkologi, dokter bedah urologi, dokter bedah paru, dokter bedah toraks dan masih buanyak dokter-dokter bedah lagi… dokter bedah…… memang keren ya! (sayangnya banyak kurang ontime.. hehehe.. pasti banyak operasinya ya??? Dimengerti2!)

FORENSIK (2 sks)
Nilai 56 = C
F
orensik bukan sistem. Tapi masuk MKU. Jadi kuliahnya selama satu semester.. kulaih forensik memang seru….seperti lagi nonton film horror saja.. hahaha.. banyak banget foto-foto mayat dengan berbagai pose.. hehehe…. saya salah satu orang yang paling semangat ikut kuliah ini.. walaupun paling sering memalingkan muka pas ditampilkan gambar-gambar horror… hahaha (makanya sering dapat titipan absen disistem ini..hehehe..)maklumlah… penggila komik conan dan novel-novel detektif.. jadi harus banyak tahu soal ini. Kayak bisa tahu ketinggian kematian sesorang yang digantung dari bercak darah yang menetes dilantai. Atau tahu, waktu kematiannya.. cara kematiannya K.E.R.E.N deh kuliah ini.….. ujian mid sih.. sip lah…  sayangnya pas mau final FORENSIK.. saya S.A.K.IT .. tiba-tiba demam.. dan memaksakan diri buat ujian dengan badan lemah… huhuhuhu.. jawab soal forensik seadanya saja.. yang diingat-ingat waktu kuliah saja.. benar-benar tak belajar diriku.. hiks. hiks..  padahal udah pasrah dengan mata kuliah ini… hasilnya???? Dapat nilai diamabang batas lulus lagi deh.. hehehe.. NB : forensik bertaburan nilai C dan Eror loh.. ya walaupun ada sekitar 5 orang dapat A dan 20an dapat B, jadi tetap dapat nilai MERAKYAT lah.. hahaha… gak sedih..gak sedih! *mikir, kira-kira kalo saya ngak sakit dan belajar bisa dapat nilai lebih ngak ya???hahaha

BIOETIk (2 sks)
nilai 62 = B
Sama kayak forensik. BIOETIK bukan sistem. Kuliah ini benar-benar menjenuhkan… PENUH DENGAN KUHP dan PASAL-pasal. Padahal diforensik juga belajar pasal-pasal.. huhu.. makanya bahan kuliahnya sering ketukar-tukar..hahaha.. yapi kuliah-kuliah etika kedokterannya seru.. ya, belajar beretika yang baek lah. hehehe. tapi dari mata kuliah ini, saya mengenal satu sosok yang hebat banget.. dia adalah PROF SOLIHIN.. mantan dekan dan rektor. Umurnya 78 tahun… dan.. masih semangat  ngajar di RKF (gendung lantai 3).. wah.. wah.. salut banget.. karena udah tua, suara prof ini sering ngak jelas.. makanya banyak anak-anak bête masuk kuliahnya. Atau masuk.. tapi didalam kelas…NGENET!.. yap.. selain suaranya yang gak jelas..cara ngajarnya juga pelaaaaan banget.. SLOW MOTION banget deh.. dan tangannya sering tremor (cirri-ciri parkison)..  tapi yang saya kagumi itu semangat juangnya buat ngasih kami ilmu..di usia 78 tahun masih bisa naik tangga hingga lantai 3. S.A.L.U.T!!!!! kami saja sering ngomel..dan biang aduh.. kapan sih LIFTnya di kedok jalan lagi… cuapaek nih… 
dan yang saya kagumi juga adalah… ON TIMEnya.. kami pernah diajar di kelas hanya 20 orang.. ketika mata kuliahnya sempat dipindahkan lebih awal jam 7.30 bayangin deh…! 200 orangnya pada kemana ya????  

Hmm… ternyata seru juga ya ngeflash back..hehehe.. ok.it’s time tuk menghitung IP smeseter . tanpa dihitung pastinya pasti dah ketebak deh.. hehehe.. ngak mungkin 3 lah kayak semester sebelumnya..^^ (walaupun masih komatkamit..saya salah hitung dan IPnya bisa dapat 3.hahaha)
 IP =total  nilai mata kuliah x jumlah SKS mata kulia/ total SKS sesmeter 5 
    = 2×6 + 3X7 + 3X5 + 2X2 + 3X2 / 22
    = 12 +21+15+4+6 /22
     = 58/22
     =2, 63


wakS..2.63.. huhuhu…… STRES MODE ON!!!! kayaknya ini semseter dengan IPK terburuk. hiks. hiks.. tak ada A lagi..huhu.. padahal saya terkenal dengan segelintir orang dengan IPK yang nanjak terus. diMulai dari 2, 73…yang terus nanjak sampai semester 4 menembus angka 3,…  hehehe… dan akhirnya harus jatuh juga.. fuih.. bikin grafik para bola lagi… huhu.. ya…mau gimana lagi.. dapat nilai A di FK memang SUSAAAAH banget. Bisa lulus aja… wuih.. udah syukur bunaget! Semoga semester 5 bisa jadi peringatan bagiku yang mulai mengabaikan yang namanya A.K.A.D.E.M.I.K dan lebih banyak memprioritaskan ORGANISASI.. huhu.. ini murni kesalahanku yang tak bisa membagi waktu… MAAFKAN! Semoga Semester 6 lebih baik lagi..hehehe…SMANGAT2. ..

QUARANTINE

Rating: ★★★★
Category: Movies
Genre: Horror

Pemain: Johnathon Schaech, Jennifer Carpenter, Joey King, Jay Hernandez, Columbus Short, Marin Hinkle, Rade Serbedzija, Steve Harris, Greg Germann, Denis O’Hare, Andrew Fiscella, Bernard White, Stacy Chbosky, Jermaine Jackson, Sharon Ferguson, Ronnie Lewis Jr.

Abis ujian memang gak afdol kalo ngak nonton… ^^.. yup..nonton satu film ternyata bisa mengalihkan sedikit perhatian…hehehe…. rencana mau langsung pulang dan TIDUR! pun dipending dikit.. putar mobil dan SEWA FILM… cari dirak2 film baru… fuih.. MONSTER VS ALIEN lagi keluar… K.E.C.E.W.A!!!!!

yak…jalan-jalan ke rak yang lain…nemu satu film yang…mmm…kayaknya seru deh… judulnya QUARANTINE..dari covernya kayaknya udah bisa ditebak, nih film tentang virus2 lagi yang menegangkan..yang harus dikarantina… (mm kayaknya bakalan mirip2 film residen evil I’M LEGEND..hehehe..)

pulang ke hum… bobo… malamnya tanya ke Kak Uli dan Arif..mau nonton bareng atau ngak…dan ternyata mereka belum nonton…hehehe… benar2 ngak salah pilih neh…
okey…QUARANTINE bercerita tentang seorang reporter cantik dan kameramennya yang ditugaskan untuk meliput kegiatan para petugas pemadam kebakaran kota Los Angeles.Trus ada panggilan yang menelpon pemadam kebakaran yang mengatakan sedikit terganggu dengan teriakan wanita di apartemennya… dia mengira, wanita itu terjebak dan tak bisa keluar… sesampainya disana, para pemadam kebakaran, polisi plus reporter dan cameramennya mulai meliput… pas dapat wanita yang dimaksud..tiba-tiba secara liar wanita itu menyerangnya……….. setelah ditolong.. dan it’s time tuk balik… wah.. ternyata pintu apartemen terkunci… liat d ijendela ternyata gedung itu sudah di kepung polisi yang tak memperbolehkan ada satupun yang keluar…….. kalo ada yang berani, akan langsung ditembak mati.. nah…. polisi yang digigit wanita itu ternyata mulai menunjukkan gejala-gejala yang sama dengan wanita yang mengigitnya. ternyata dia juga telah terinfeksi.. dan dimulailah acara saling gigit-mengigit……….hehehe………..

Di awal film sudah ditampilkan gambar yang cukup unik dari sang kameramen…ya… meneonton ini film serasa menonton hasil cuplikan video dari sebuah kejadian.. benar-benar nyata….paling seru waktu sang kameramennya melawan orang2 terinfeksi virus itu dengan kameranya…….. wah…keren.
.
ceritanya lumayan unik…konsep kameranya yang paling keren…hehehe…apalagi waktu harus maen kucing-kucingan… pas kameranya pake modus malam..wuih.. .. feelnya dapat banget….

[curhat] jadi yang pertama dan terakhir datang.. NOT BAD!

Sebenarnya blog ini sudah lama..tapi belum terpost dan setia menjadi draft.. hahaha.. tapi setelah dibaca-baca kayaknya lumayan juga ya…. hehehe.. Let’s see:


Hari ini saya menyetel alarm usai mengSMS kepuluhan nomor di HP saya “Aslm..Tmn2 Sinocrew,bsk jam 10.00 teng disekret kt ad rapat redaksi.agendax evaluasi 35 dan followup 36.en dilanjutkn dengan rpt pengurus. Dtang ya.. makasih sblmx. 😉

Saya bangun pukul 9 lewat 20. Huft.. telat lagi.. Saya mandi. Pakaian tanpa sarapan. Argh..saya pasti telat. Itu pkirku. 9.40…. 20 menit lagi buat sampai kekampus. Sayapun balap-balapan dijalan.. huft.. harusnya saya menyetel alarm lebih awal lagi..  9.57. saya berlari didepan parkiran hingga tiba didepan pintu sekret. Belum ada orang. Hmm.. apa saya telat? Sepertinya tak mungkin. Saya melihat layar HP. Ternyata ada 3 SMS. “kak, maaf saya agak telat, ada urursan keluarga dulu”. “may, sowry, lagi nda enak badanka. Nda bisaka datang. Sowry. “may.. masih dijalanka.. mungkin agak sedikit telat” . Huft…mereka [lagi-lagi] tak ontimeT_T. Saya pun menelpon beberapa dari mereka. Rata-rata sudah dalam perjalanan. Beberapa ada yang baru bangun. Ckckckck. Saya sempat berfikir.. mereka tak ubahnya artis yang harus ditelpon dulu baru datang. Apakah ini cermin budaya bangsa kita? Saya sebagai pemimpinnya sedikit kecewa. Karena satu hal yang selalu saya tekankan dalam kepengurusan saya adalah ON TIME! Apalagi lembaga yang saya pimpin ini bergerak dibidang jurnalisitk dengan kata kunci DEADLINE! Bukan hanya itu, tapi juga calon DOKTER!

Sepertinya saya tidak hanya kecewa pada mereka. Tapi kecewa pada diri saya. Saya seperti gagal jadi pemimpin mereka. Mereka tahu, saya paling tidak suka orang yang tidak bisa ontime.. tapi.. huft.. sudahlah..Pukul 10.34 belum ada yang datang. Ckckckck..  kalau saya pasien gawat  yang sedang menanti dokter, mungkin saya sudah tak bernafas lagi. Atau mungkin karena rapat ini bukan hal yang penting? Saya lelah memikirkannya. Pukul 10.57 sang pimred datang.. “may, maaf telatka.. ketiduranka.. hehehe.. belum mulaipi toh? Rasanya ingin marah.. tapi sabar maya. Jangan pernah gunakan emosi dalam organisasi.. kalo tidak mereka justru meninggalkanmu. Kau butuh mereka. Kau tak bisa sendiri. “iya..belum. Belum ada yang datang.. XX udah ada dijalan. YY diparkiran mi bede..  hehehe.. ”kataku sambil senyum yang cukup diapaksakan.. akhirnya rapat dibuka tepat pukul 11.30. molor 1,5 jam. Bahkan sementara rapat, pukul 12.05 masih ada yang datang. Dan dengan santai ikut nimbrung dalam rapat itu. Makan hati..makan hati.. hahaha.. sabar maya. Pukul 12.06 sesaat ketika peserta rapat terakhir itu datang,” kak saya pulang dulu..ada kegiatan lain kak”.. saya pun mengiyakan. Ga nyangka..dia dan beberapa teman-temannya langsung berdiri dan pergi.. hei.. hei.. bukankah saya hanya mengizinkan satu orang itu.. Huft.. sabar lagi maya. Ga boleh marah ^_^. Setelah itu silih berganti mereka meminta iZin untuk balik. Ya.. tinggallah saya dan beberapa orang yang masih mau melanjut diskusi ini. Karena sudah masuk waktu Zuhur, karena yang bertahan hanya 4 orang..akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri rapat ini..akhirnya ke4 orang itu izin untuk pulang. Sebenarnya saya masih meminta keempat orang itu untuk beres-beres secret. Tapi mereka keburu pulang. Huft… Tinggallah saya yang masih harus tinggal beberapa menit beres-beres sekret dulu.. ya.. jadi yang pertama dan terakhir. Not BAD! Asal ikhlas..

———————–

Well, ternyata manajemen emosi ku masih lumayan berfungsi.. hahahaa… good job maya… ^_^


 

Maen Google-googlean [versi maya]


Buka-buka blog orang pasti ada hal unik deh.. dan menurutku permainan ini sangat unik.. di copi dari blog kak nens:

Begini [katanya] aturan maennya

The rules are simple. Use google image to search the answers to the quetions below. Then you must choose a picture in the first page of results, and post it as your answer. After that tag 7 people.

Katanya ini PeeR…jadi wajib dikerja..hehehe.. Let’s see versi maya:

#the age of next birthday 

 

haha..nga nyangka udah mau berumur 21 tahun..

 

#A place I’d like to travel

 

Italy..mau..mau..mau. Roma tunggu aku!

 

#A favourite place

Entah Kenapa saya begitu menyukai pantai..hahaha..

 

#A favourite food

 

Sebenarnya suka yang Seafood2 gitu. Tapi kalo disuruh pilih lagi..ya pilihnya UDANG aja deh..hehehe

 

#A favourite thing

Laptop dan hp..hahaha..padahal soalnya hanya disuruh satu..Egois mode ON

 

#A favourite color

Abu-Abu, pengikat hitam dan putih

#A city I was born

Palu..jadi mau Kesini lagi T_T

 

#A city that I have lived in

My lovely Makassar dunk

#A nickname I had

Maya lah..just maya..hehehe..entah kenapa pas kasih masuk key word maya di google dapat ini..haha.. diterima saja. Kayaknya ini peninggalan suku maya..^_^

 

#College Major

Masih Medical Student..hehehe…jadi harus belajar teyus..supaya bisa kayak yang ditengah…

 

#Name of my love

 

                                            

#A bad habit

Nangis-nangis Bombay…hahaha… Tapi itu dulu.. SUER!

 

#A hobby

Diskusi.. baca: bukan gossip ya! Hehehe…bedakan..

 

#Wishlist

Be a Great doctor..hahaha..semangat maya

 

Fuih..akhirnya Peernya selesai juga.. karena maya baik hati, tamah dan tidak sombong en ga suka kasih PR hehehe.. (benar2 guru impian nih)..jadinya ga ngasih Peer siapapun..yang nyasar en tertarik boleh ikut permainan ini..jangan lupa dengan RULES nya ya…hehehe