[BIGFIVE] Buku-Buku Inspiring

Yup..ini beberapa buku yang lumayan inspiring hidup saya (ya pasti saya lah..masa yang inspiring hidup orang lain.hahaha) ya…dasar memilihnya sebenarnya apa ya?? Hehehe.. intinya bisa membuat saya cukup terbawa dengan alur ceirta yang dipaparkan(hmm..)..bisa menitikkan air mata (huhuhu)..dan ..bisa mengubah paradigma dan pandangan saya tentang hidup selama ini..(hehehe.. ) intinya bisa sedikit mengubah hidup saya ke arah yang lebih baik pastinya..Let’s see:

1. PATCH ADAMS

Kisah Inspiratif Seorang Dokter Eksentrik yang Menyembuhkan dengan Humor dan Kebahagiaan

Penulis patch Adams M.D bersama Maureen Mylander

Judul Asli : Gesundheit! Bringing Good Health to You. The Medical System, and Society through Physician Service. Complementary Therapies, Humor, and Joy

Baca buku ini dijamin beda dengan nonton filmnya. Kalo filmnya (yang dibintangi robin Williams) lumayan lucu dengan degan tingkah konyol bang robin, di buku ini justru sebaliknya, kita lebih didekatkan dengan siapa sih Patch Adam itu.. en it’s so amazing mengenal sosok Patch Adam. Diawal-awal saya pikir Psikopat gimana gitu..hehehe.. maklumlah.. mm..ceritanya patch adam ini orang yang sangat jenius..selalu menang lomba-lomba sains.. en kemudian ada masalah dikehidupannya.. yang membuatnya sempat depresi en hilang semangat hidup gitu.. tapi akhirnya bisa kembali semangat dan melanjutkan hidup. At least, dia memilih Fakultas Kedokteran. Nah, yang membuat saya sedikit berpikir, om patch adam ini psikopat adalah tingkahnya yang aneh banget..hehehe..kayak gini nih: Dia selalu ingin tahu, seberapa nyaman orang jika didekatnya. Lalu dia buat eksperimen tentang keramahtamahan dengan menelpon ratusan nomor telepon hanya untuk berlatih berbicara dengan orang, dia ingin tahu berapa lama dia bisa menahan orang untuk tetap berbicara dengan dirinya dan seberapa akrabnya mereka. Kadang dia berpura-pura jadi mahasiswa sosiologi atau seniman agar orang bisa tertarik berbicara dengannya. trus, sering pergi kekeramaian. Naik lift untuk melihat berapa lantai yang dibutuhkan  agar orang-orang didalam lift mau memperkenalkan dirinya dan bahkan bernyanyi bersama. blum lagi dengan tingkah-tingkah konyolnya kalo lagi jaga di RS.(hehehe..nga psikopat tuh namanya ^_^ .bercanda. hanya awalnya aja berpikir begitu..setelah dibaca lagi..mmm…malah salut ada orang kayak dr. Patch Adam..hehehe) but, satu tulisan yang paling aku suka dari buku ini :

“Aku datang ke fakultas kedokteran dengan dua kaki, tapi ketika lulus kakiku jadi empat, semuanya terbungkus perban…Universitas lebih mementingkan bagaimana kita menilai sesuatu, bukan bagaimana kita bertindak… Mereka memberi kita citra. Kita menyegelnya, lekat-lekat. Kita membawanya kemana-mana untuk membuat teman-teman kita, terlebih lagi pasien kita, terkesan. Pasien, pasien, ya Tuhan., kita telah lupa pada mereka. Sebagian kecil membayar, tapi kita harus menolak kebanyakan dari mereka. Kebutuhan hidup kita banyak, tahu kan : kapal pesiar, golf, makanan. Oleh karena itu, kita lulus, bergabung dengan AMA dan mengambil jalan sendiri-sendiri. Tahu nggak, lucunya, seseorang bilang kalau tidak ada orang yang berniat bunuh diri seperti para dokter. Kok bisa? Sekarang kita adalah kaum professional yang memiliki gengsi, uang, gelar, kesia-sian.”

Dari buku Patch Adam ini, saya belajar banyak hal.. tentang mimpi.. tentang harapan.. tentang penolakan.. tentang jati diri. it’s so amazing. Salut juga dengan perjuangan mendirikan Gesundheit! Institute. Semua berawal dari mimpi. Remember that!

 

2. Komplikasi- Drama diujung pisau bedah

“Sebuah Catatan Tentang Ilmu yang tak Sempurna”

Judul asli : Complications: A Surgeon’s Note on Imperfect Sciences

Penulis Atul Gawande

Amazing Book! Benar-benar buku yang keren dan wajib baca buat para calon dokter sebelum melakukan tindakan. Yang ingin disampaikan penulis mungkin seperti ini,  dokter juga manusia. Manusia yang bisa merasakan rasa takut. Punya perasaan tidak pasti. Tidak peduli.  Dan.. Dokter juga bisa buat kesalahan.

Dokter bisa menjadi perpanjangan tangan Tuhan.. bisa juga jadi mesin pembunuh…

Sampai ngak bernafas baca buku ini..hehehe.. salut buat dokter Gawande..yang sudah menyadarkan kita lagi akan mulianya profesi kita. bahwa profesi dokter adalah profesi selangkah menuju surga…tapi…bisa juga sebaliknya..malah menjauhkan kita dari surga…


3. Laskar Pelangi

Penulis: Andrea Hirata

Yup..kali ini buku lokal.. en kayaknya nyaris semua orang dah membaca..so, nga perlu diceritakan lagi mengenai isinya.. hehehe.. benar-benar buku yang inspiring banget..en bangga banget..Negeri kita punya karya seindah ini..hehehe..


4. CAdo-CAdo

Penulis : Ferdiriva Hamzah

Buku ini sangat kocak, ringan dan.. fun abiz deh..hehehe..dari awal sudah menyajikan yang lucu-lucu. Dimulai dari bagian jiwa yang gokil abis. Salut buat dr. ferdiriva..hehehe.(dok, kok dah jarang nulis di multiply lagi???? Pasiennya banyak ya???hehehe).kalo buku ini kocak en menghibur abis, kira-kira yang bikin saya bikin inspiring yang mana ya?? Hehehe.. jawabannya adalah ada pada ENDINGnya. Ketawa ngakak2 nga jelas diawal-awal tapi jujur..diakhir saya menitikkan air mata.. hehehe. Tentang senior mas riva yang kurang cerdas tapi masuk kedokteran. Cukup keteteran dan membutuhkan waktu yang lama sampai bisa jadi koas. tingkah yang dipaparkan dr.riva sangat kocak. Apalagi waktu disebut salah pasang stetoskop sama tulis gelar namanya sendiri..hehehe. .. but, dari sosok yang dpaparkan dr.riva itu, saya belajar satu hal darinya. sikap empati kepada pasien. satu hal kecil yang kadang kita abaikan…dan endingnya bang itu ngak bisa jadi dokter seperti yang dia cita-citakan.. tapi dia berhasil jadi orang sukses dengan menjadi direktur klinik 24 jam..  dan yang jadi dokternya adalah keluarga-keluarganya.. S.A.L.U.T! (jadi ingat dengan salah satu senior yang sekarang ada di belanda..yang ga bisa jadi dokter karena otak yang tak mendukung..tapi bisa jadi orang sukses dinegeri orang..)

5. Orang Miskin Dilarang Sakit

Penulis Eko Prasetyo

 buku ini secara lugas memaparkan tentang buruknya sistem kesehatan di negeri kita. belum lagi tentang kapitalisme dunia kesehatan dan kediktatorannya. dan yang jadi korban..tentu saja orang miskin.. salut buat mas Eko yang ngarang nih buku..hehehe.


At least..ini hanya versi si freak maya.. mohon maaf karena banyak yang berkuatat tentang dunia kesehatan dan dunia kedokteran..hehehe.. maklum-maklum..

Iklan

5 thoughts on “[BIGFIVE] Buku-Buku Inspiring

  1. hohoho.yg pertama blum baca juga.. ngak tau mau nyari dimana.. yg ketiga udah baca barusan.. SERUUUUUUU abis.. paling suka yang tentang kuntilanak dan pocong..hehehehe..imajinasi tingkat tinggi banget..^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s